Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Gabrielle
Time Tunnel

Time Tunnel: Gabrielle 

Mungkin bagi Gabrielle gaya rambut ikal dan mengenakan penutup mata merupakan gaya ternyamannya ketika tampil. Nyaman a la Gabreille kemudian diterjemahkan sebagai icon bagi orang banyak. Dan jadilah kebaradaannya sebagai seorang penampil susah untuk dilupakan. Tapi sebenarnya bukan hanya atas penampilan saja dirinya tampil menonjol, karena lagu-lagu yang dinyanyikannya pun susah untuk dilupakan. Mau bukti? Boleh. ‘Out Of Reach’ dari tahun 2001. Lagu yang sudah berumur lebih dari satu dekade ini sampai sekarang masih menjadi favorit. Musiknya yang enak didengar, liriknya yang cukup menyayat hati, serta keberadaannya sebagai soundtrack untuk film “Bridget’s Jones Diary” adalah 3 dari begitu banyaknya alasan bagi setiap individu untuk menyukai lagu ini.

Gabrielle terlahir dengan nama Louisa Gabrielle Bobb pada 16 April 1970 di Hackney, London. Sebelum menjadi penyanyi profesional, Gabrielle dengan suka rela menyanyi tanpa bayaran di club-club di London. Bisa jadi perilakunya ini diartikan sebagai latihan untuk mewujudkan impian sebagai artis rekaman. Karena kemudian, Gabrielle membuat sebuah rekaman demo untuk diserahkannya ke label. Sebuah kontrak bersama Go Beat dalam distribusi Universal Records dimenangkannya. Di tahun 1993 debut single berjudul ‘Dreams’ berhasil menduduki puncak tangga lagu Inggris. Dan kalau kamu ingin tahu gaya bagaimana yang iconic tadi, lihatlah artwork untuk cover single ini. Debut albumnya pun menyusul. Dirilis mendekati akhir tahun 1993, “Find Your Way” masuk dalam Top 10 Album di UK.

Apresiasi terhadap kehadirannya sebagai artis pendatang baru tidak hanya terlihat dari chart, karena di penghargaan musik paling beken di UK, BRIT Awards, Gabrielle berhasil menyabet gelar British Breakthrough Act di tahun 1995. Tapi ini bukan satu-satunya BRIT yang dia terima, karena di tahun 1997 gelar Best British Female dimenangkannya. Self-titled album yang dirilis di tahun 1996 pasti menjadi alasan terbesar untuk itu. Dalam 5 tahun pertama karirnya sebagai artis rekaman, Gabrielle sudah mengantongi 9 lagu Top 40, 5 di antaranya ada di Top 10.

Saat pohon semakin tinggi menjulang, saat itu pula angin terasa lebih kencang dari biasa. Gabrielle menjadi bulan-bulanan media ketika tak lama dari melahirkan seorang bayi laki-laki yang diberi nama Jordan, ayah anaknya tersebut harus mendekam dalam penjara terkait kasus pembunuhan. Saat itulah dirinya berusaha untuk bangkit dan menandai kebangkitan dengan single dan album yang berjudul sama, “Rise”. “Rise’ sebagai single menjadi lagu kedua Gabrielle yang berhasil peak di puncak UK Singles Chart, sementara albumnya menjadi album Gabrielle pertama yang jadi nomor 1. Bolehlah ini dikatakan sebagai puncak karir Gabrielle. Lagu Top 40-nya pun bertambah dengan ‘Sunshine’ (yang juga masuk dalam kompilasi MTV Fantastic Females 3, kompilasi lagu-lagu oleh vokalis wanita yang dibuat MTV Asia), ‘When A Woman’, dan ‘Should I Stay’. Setelahnya barulah ‘Out Of Reach’ hadir. Lagu ini dipersembahkan khusus bagi film “Bridget Jones’ Diary”.

Di tahun 2001 Gabrielle melihat ke belakang sejenak perjalanan karirnya dengan membuat album kompilasi “Dreams Can Come True, Greatest Hits Vol. 1”. Dari judulnya sudah ketahuan kan berdasar pada debut single-nya yang begitu kuat memposisikan Gabrielle sebagai artis papan atas. Dari sini ada single ‘Don’t Need the Sun to Shine (to Make Me Smile)’ yang peak di posisi 9. Itu adalah lagu terakhirnya yang mendapat posisi mantap di chart, karena saat album “Play To Win” dirilis di tahun 2004, single andalannya ‘Stay The Same’ hanya mampu bercokol di posisi 20. Dan ‘Stay The Same’ pun menjadi lagu Top 40 terakhirnya, karena setelah itu, tidak ada ada lagi lagu Gabrielle yang menghiasi Top 40 di UK Singles Chart, meskipun di 2007 album terakhirnya dirilis, “Always” dan sempat menampilkan Paul Weller di single ‘Why’.

Semenjak itu, Gabrielle tidak begitu aktif lagi bekerja di studio. Dirinya hanya keliling untuk untuk tur dan tampil di festival musik. Sempat terhembus kabar di tahun 2010 kalau dirinya akan melakukan comeback dengan merilis album di sekitaran akhir 2011 hingga awal 2012 ini. Kita tunggu saja apakah kabar burung tersebut akan benar-benar terbukti dengan kehadiran vokalis soul yang berkarakter ini. Gabrielle tak hanya menyanyikan lagu-lagu ungkapan perasaannya sendiri ‘Dreams’ dan ‘Rise’, tapi juga kerap mewakili berbagai perasaan yang para pendengarnya. Naik turunnya sebuah hubungan (‘Sometimes’), hopeless-nya sebuah harapan (‘Out Of Reach’), atau pernyataan kegembiraan terhadap kehadiran seseorang dalam hidup kita (‘Sunshine’).

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply