Trending News

Blog Post

Album of The Day: Depapepe – One
Album of The Day

Album of The Day: Depapepe – One 

Released by: Sony Music Indonesia

Setelah selang waktu 2 tahun sejak album terakhirnya, DEPAPEPE sang duo gitaris dari Jepang akhirnya resmi merilis album barunya yang berjudul “ONE”. Album yang ditunggu-tunggu Acoustic Friends (sebutan fans DEPAPEPE) kali ini membawakan suasana musim semi. Alunan dua gitar yang saling berpautan pada album “ONE” ini terdiri dari 12 lagu, tanpa lirik dan durasi tiap lagunya bahkan tidak lebih dari 5 menit. Menarik kan?

Album yang berisikan 12 lagu ini terdapat bermacam-macam variasi “suasana” atau jenis karakter musik yang disampaikan seperti Pop, Latin dan Jazz. Kalau kata orang menyebutnya “gitar yang bernyanyi” itulah yang cocok kita untuk menggambarkan album ini dan album-album sebelumnya. Layaknya style mereka yang berjenis instrumental, mereka berhasil menyampaikan emosi yang tenang lewat album ini.

Coba dengarkan track 5 Starry night, tambahan suara jangkrik dan suara gitar yang ditambah efek reverb (seperti menambahkan ruang) dan delay (memunculkan jeda) kita dapat membayangkan suasana malam sambil memandang bintang di langit. Atau coba dengarkan track 3 beautiful wind yang disajikan dalam format full band dengan menonjolkan keyboard, perkusi, dan peluit. Kita bahkan bisa membayangkan kita sedang bermain-main di pantai, menikmati angin sambil membentangkan tangan atau berselancar di ombak.

Masih penasaran? Coba dengarkan track 12 ??? (baca: Shiroi Hana/ White Flowers). Rasakan petikan gitarnya yang mengalun bersama melodi yang bersuasana mellow. Coba pejamkan mata saat mendengar lagu ini. Alunan petikan gitar dan gesekan biolanya membuat hati kita tentram dan membuat mood kita jadi tenang.

Namun, tidak kalah pentingnya hits di album ini yaitu track 4 berjudul ONE yang sering dibawakan saat live dan menjadi judul album ini. Tidak heran semua orang menyukai lagu ini karena “pesan” yang disampaikan adalah sayangilah sesuatu yang berharga bagi kita, karena itulah yang membuat kita jadi seutuhnya.

Jadi, album ONE ini menurut saya adalah album yang paling menarik untuk dinikmati. Tidak cukup kata-kata yang dapat menggambarkan makna dan arti di setiap lagunya. Walau tanpa vokal dan lirik, ini merupakan bukti bahwa musik instrumental juga bisa menyampaikan pesan dan universal yang bisa dinikmati semua orang karena tanpa kata dan bahasa yang rumit.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Muhammad Fauzi, admin @DEPAPEPE_ID)

TRACKLIST
1. ?? (KOIMIZU – Tears of Love)
2. LION
3. beautiful wind
4. ONE
5. Starry Night
6. notes for Flora
7. Route 128
8. Hello
9. Wind on the coastline
10. Pride
11. -Interlude-
12. ??? (SHIROI HANA – White flowers)

Related posts

Leave a Reply