Trending News

Blog Post

Album of The Day: Gym Class Heroes – Papercut Chronicles Part II
Album of The Day

Album of The Day: Gym Class Heroes – Papercut Chronicles Part II 

Gym Class Heroes sudah berkarir di industri musik sejak tahun 1997 dan merelease album pertama mereka pada tahun 2001 secara independen namun mereka baru meraih major success ketika merelease single Cupids Chokehold yang diambil pada dari album ke-3 mereka pada tahun 2006. Cupids Chokehold berhasil menembus Top 10 Billboard Hot 100 tepatnya pada posisi 4. Gym Class Heroes sempat memutuskan untuk hiatus pada tahun 2009 dimana para personilnya memutuskan untuk mengerjakan side project masing-masing dan tentu saja yang paling menonjol adalah kesuksesan dari solo karir sang vokalis Travie McCoy. Memasuki tahun 2011 Gym Class Heroes ternyata sudah bersiap untuk mereleaase album ke-5 mereka yang akhirnya direlease pada akhir tahun 2011 lalu dan berjudul Papercut Chronicles Part II. Seperti apakah album ke-5 mereka ini? Mari kita simak bersama-sama.

Melihat lebih jauh ke dalam album berisi 11 track ini, Papercut Chronicles diproduseri oleh Pete Wentz sebagai executive producer dibantu oleh beberapa orang lainnya termasuk Benny Blanco dan Ryan Tedder. Ada sebuah fakta menarik dimana 2 album Gym Class Heroes sebelumnya diproduseri oleh Patrick Stump dan seperti kita tahu bahwa Patrick Stump dan Pete Wentz adalah anggota dari band Fall Out Boy. Album dibuka oleh sebuah track intro yang berjudul Za Intro dimana intro berjudul sama ini juga ada pada album The Papercut Chronicles. Memasuki track ke-2 kita disambut oleh Martyrial Girl$. Seperti yang dikatakan oleh sang vokalis Travie dimana pada album ini Gym Class Heroes akan kembali pada root music mereka hal terseebut langsung dibuktikan pada track ini dimana ini adalah sebuah lagu bergenre rap rock yang kental akan vibe dari Gym Class Heroes pada awal-awal kemunculan mereka. Track selanjutnya ada track berjudul Life Goes On dimana mereka mengajak penyanyi wanita Oh Land untuk menyanyikan hook di chorusnya. Cukup berbeda dari track sebelumnya, track ini bisa kita kategorikan sebagai track ballad dimana musiknya bisa dibilang terdengar seperti proyek solo dari Travie McCoy. Formula seperti ini bisa terdengar pada beberapa track lainnya seperti Stereo Hearts berduet dengan Adam Levine, Ass Back Home berduet dengan Neon Hitch dan The Fighter berduet dengan Ryan Tedder. Walaupun pada lagu-lagu tersebut kurang kita bisa dengar vibe dari musik Gym Class Heroes tetapi genre serta formula seperti itulah,sang feature artist menyanyikan hooknya,yang ternyata sukses mengangkat nama Gym Class Heroes saat ini. Terbukti dengan direleasenya Stereo Hearts yang berhasil peak pada posisi 4 Billboard Hot 100 serta single ke-2 merekea Ass Back Home yang sampai saat ini peak pada posisi 12. Terlepas dari track-track tersebut, track lainnya dalam album ini merupakan track ala Gym Class Heroes seperti ‘Holy Horseshit,Batman’, ‘Lazarus,Ze Gitan’ dan ‘Solo Discotheque’. Album ditutup oleh sebuah track berjudul ‘Kid Nothing and the Never-Ending Naked Nightmare’dimana pada lagu ini terkesan lebih gelap dari track-track lainnya dan juga adanya unsur screamo yang ada di lagu ini menambah unsur dark tersebut.

Secara keseluruhan, ini adalah sebuah album berkualitas dan bisa saya katakan terbaik dari Gym Class Heroes sejauh ini. Hiatusnya mereka ternyata membuat masing-masing personil berhasil membawa sesuatu yang fresh untuk band ini. Saya harap single ke-3 dari mereka bukanlah sebuah track dengan formula seperti Stereo Hearts atau Ass Back Home melainkan sebuah track dengan unsur Gym Class Heroes yang kental karena lagu-lagu tersebutpun sangat berpotensial untuk sukses apabila dilepas sebagai single. Terlepas dari lagu apa yang akan direlease sebagai single selanjutnya, semua lagu dalam album inipun harus saya berikan dua jempol oleh karena itu rasanya tidak ada alasan untuk melewatkan album yang satu ini.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. Za Intro
2. Martyrial Girl$
3. Life Goes On (feat. Oh Land)
4. Stereo Hearts (feat. Adam Levine)
5. Solo Discotheque (Whiskey Bitness)
6. Holy Horseshit, Batman!!
7. Ass Back Home (feat. Neon Hitch)
8. Nil-Nil-Draw
9. Lazarus, Ze Gitan
10. The Fighter (feat. Ryan Tedder)
11. Kid Nothing and the Never-Ending Naked Nightmare

Related posts

Leave a Reply