Trending News

Blog Post

Album of The Day: Robin Thicke – Love After War
Album of The Day

Album of The Day: Robin Thicke – Love After War 

Released by: Universal Music Indonesia

Sejak memulai debutnya di tahun 2003, tampaknya Robin Thicke semakin mantap dalam karirnya karirnya yang dibuktikan dengan konsistensinya dalam mengeluarkan album dengan jarak dua atau tiga tahun. Di penghujung tahun 2011 kemarin, Thicke pun menyempatkan diri untuk merilis album kelimanya yang diberi judul Love After War. Dengan amunisi yang cukup berlimpah, 17 lagu, tampaknya Thicke benar-benar ingin memanjakan pada pendengar setianya.

Love After War masih menampilkan Thicke sebagai pengusung RnB campur soul yang intim dan mesra namun juga enerjetik di saat lain. Selain Pretty Lil’ Heart, yang menjadi ajang reuni Thicke dengan Lil’ Wayne, lagu-lagu di album ini menampilkan Thicke secara solo. Dibuka dengan An Angel on Each Arm, sebuah lagu up-tempo yang catchy, Thicke seolah-olah tak mau membuang-buang waktu dalam mengajak kita dalam sebuah pesta yang seru dan dilanjutkan dengan I’m An Animal yang retro. Sekali lagi kesan retro didapat di track Never Give Up namun dengan aksen megah yang menggugah. Bisa disebut ini salah satu track terbaik di album ini.

Selanjutnya album diisi oleh lagu-lagu mid sampai down tempo yang membiarkan Thicke untuk memamerkan kemampuan vokalnya. Sebutlah Love After War yang terdengar sangat urban dan loungy. All Tied Up yang sedikit jazzy atau Mission yang mengalun lembut, dengan Thicke menampilkan vokalnya dalam falseto-nya yang prima untuk memberikan kesan intim. Boring juga track lain dimana Thicke memanfaatkan falsetonya dengan ekstensif.

Sentuhan latin yang seksi dapat ditemui di track Lovely Lady sedang Tears on my Tuxedo mengandalkan gitar akustik untuk memberi kesan syahdu. Sedang Dangeruos memadukan antara perkusi dan gitar akustik plus irama latin sebagai pengiring, memberi efek sejuk dan menenangkan ala album-album akustik yang sekarang banyak beredar. Untungnya ini bukan lagu cover version yang menjemukan.

Seterusnya Thicke memang mengisi album ini dengan lagu-lagu yang melantun dengan lembut dan romantis. Sebut saja Full Time Believer yang aksentuasi pada bass memberi keistimewaan tersendiri, I Don’t Know How It Feels To Be U yang seolah-olah menjadi lagu tema untuk sebuah sesi relaksasi, Cloud 9 yang miminalis dan sangat nge-blues, Lil’ Things yang benar-benar diharirkan dalam tempo yang lamat-lamat namun mengandalkan melodi yang indah dan ditutup dengan What Would I Be?, sebuah lagu bergaya blues lain dan terdengar sangat manis dan pantas untuk menjadi klimaks bagi album ini.

Kelebihan Thicke dibandingkan dengan penyanyi kebanyakan adalah; ia mampu menulis lagu-lagunya sendiri. Begitu juga dengan Love After war, dengan pengecualian Never Give Up yang dibantu tulis oleh M. Garcia dan single yang menampilkan rap oleh Lil’ Wayne. Ini menjadikan Love After War terdengar istimewa karena menghadirkan Robin Thicke sebagai seorang pemusik dalam arti sebenarnya. Thicke-lah yang paling memahami konsep apa yang ingin dibawakannya dan bagaimana kemasan yang sesuai untuk itu. Ia adalah seorang artis, tidak melulu sebagai penyanyi.

Album Thicke sebelumnya, Sex Therapy (2009) memang mendapat pujian dimana-mana, sehingga tidak heran jika ekspektasi terhadap album ini menjadi cukup tinggi. Tanpa bermaksud menafikan kualitas album ini, Love After War memiliki konsep yang cukup berbeda sehingga tidak adil jika harus dibandingkan. Dengan materi yang ada di dalamnya, Thicke rasanya masih mempunyai kemampuan yang cukup untuk menjadikan Love After War sebagai album yang memuaskan. Sebagai seorang penyanyi ia masih memiliki vokal yang istimewa dan sebagai seorang seniman ia pun masih memiliki kredibilitas yang membanggakan. Hanya saja memang Love After War terdengar jauh lebih low-profile dan sederhana, namun percayalah tidak pernah kehilangan momentum untuk membuat kita larut di dalamnya.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “An Angel on Each Arm” 4:12
2. “I’m an Animal” 4:05
3. “Never Give Up” (composed by Thicke, M. Garcia) 2:37
4. “The New Generation” 3:59
5. “Love After War” 3:16
6. “All Tied Up” 3:53
7. “Pretty Lil’ Heart” (featuring Lil Wayne) 3:35
8. “Mission” 2:46
9. “Tears on My Tuxedo” 5:14
10. “Boring” 3:28
11. “Lovely Lady” 2:05
12. “Dangerous” 3:42
13. “Full Time Believer” (composed by Thicke, Bobby Keyes) 4:03
14. “I Don’t Know How It Feels To Be U” 5:30
15. “Cloud 9” (composed by Thicke, Bobby Keyes) 2:57
16. “The Lil’ Things” 2:47
17. “What Would I Be?” 3:23

Related posts

Leave a Reply