Trending News

Blog Post

Concert Review: Sydney Soundwave 2012
Concerts Review

Concert Review: Sydney Soundwave 2012 

Soundwave adalah festival musik rock tahunan terbesar di Australia yang diadakan di 5 kota Brisbane, Sydney, Melbourne, Adelaide dan Perth. Soundwave pertama kali diadakan di kota Perth pada tahun 2004 dan dari tahun ke tahun Soundwave selalu berhasil menampilkan ban-band besar untuk tampil sebagai headliners. Beberapa band yang pernah menjadi headliners Soundwave adalah Deftones, +44, The Offspring, Iron Maiden, Queens of the Stone Age hingga Slayer. Untuk tahun 2012 ini, Soundwave menampilkan System of a Down dan Slipknot sebagai headliners serta 93 band lainnya. Sejauh ini, tahun 2012 adalah Soundwave terbesar yang pernah diadakan dengan menampilkan total 95 band yang dibagi ke dalam 7 panggung dan tiket untuk kota Brisbane, Sydney serta Melbourne habis terjual.

Soundwave di kota Sydney diadakan pada hari Minggu tanggal 26 Februari 2012 di Sydney Olympic Park. Perkiraan penonton yang datang pada hari tersebut adalah sekitar 55.000 orang di kota Sydney. Walaupun pintu baru dibuka pada pukul 11 namun para penonton sudah berdatangan sejak pagi dan memenuhi area sekitar lokasi festival. Tepat pada pukul 11 pintu dibuka dan penontonpun segera antri untuk memasuki lokasi dan tepat pada pukul 11 juga beberapa band sudah siap tampil. Sebagian orang rela datang pagi untuk menyanyksikan band kesayangannya atau untuk mendapatkan tiket ke signing tent. Signing tent adalah tempat dimana beberapa band akan melakukan sesi signing dan penonton diharuskan untuk membeli tiket seharga $2 yang total penjualannya di sumbangkan untuk sebuah yayasan kanker di Australia bernama Camp Quality. Total ada 39 band yang melakukan signing di kota Sydney, beberapa diantaranya adalah Bush, A Rocket To The Moon, Lostprophets, Four Year Strong dan Dashboard Confessional. 3 band pertama yang tiket signing tentnya habis terjual adalah You Me At Six, The Cab dan The Pretty Reckless. Beberapa ketentuan dari signing tent ini adalah 1 orang hanya diperbolehkan untuk membawa 1 item untuk ditandatangani dan tidak boleh posed photo. Namun beberapa band memperbolehkan para fansnya untuk berfoto bersama seperti Four Year Strong, Switchfoot, Dashboard Confessional dan The Cab.

Setiap band yang tampil di Soundwave mempunyai fanbasenya sendiri namun tidak bisa dipungkiri kalau sebagian besar orang datang ke Soundwave untuk menyaksikan band-band besar seperti System of a Down, Slipknow, Limp Bizkit, Marilyn Manson atau A Day To Remember. Berikut ini adalah berapa highlights terjadi selama Sydney Soundwave berlangsung :

  • Lostprophets membawakan hampir semua hits singlenya mulai dari Burn Burn, A Town Called Hypocrisy, Last Train Home serta lagu yang tidak henti-hentinya diminta oleh para penonton untuk dimainkan yaitu Rooftops. Tidak ketinggalan, Lostprophets juga menampilkan single terbarunya yang berjudul ‘Bring Em Down’ yang akan ada dalam album baru mereka berjudul Weapons.
  • Alter Bridge merupakan salah satu band yang penampilannya paling ditunggu-tunggu sehingga bahkan sebelum mereka tampilpun panggung dimana mereka akan main sudah penuh didesaki oleh para penonton. Kejutan terjadi ketika mereka membawakan lagu terakhir berjudul ‘Rise Today’ dimana mereka mengajak Slash untuk naik ke atas panggung dan membantu mereka membawakan lagu ini. Slash bukan merupakan salah satu lineup dari Soundwave dan kenyataan bahwa Ia tampil berduet dengan Alter Bridge adalah sebuah hal yang sangat mengejutkan bari seluruh penonton.
  • A Day To Remember juga merupakan salah satu band dengan massa terbanyak pada hari itu dimana hampir semuanya memakai kaos bertuliskan A Day To Remember. Tampil membawakan total sebanyak 10 lagu dengan penampilan yang luar biasa, A Day To Remember berhasil memuaskan seluruh penonton.
  • Sejak nama You Me At Six diumumkan sebagai lineup dari Soundwave tahun ini, nama band ini tidak henti-hentinya diperbincangkan sehingga tidak heran apabila panggung dimana mereka main penuh diisi oleh para penonton yang sebagian besar adalah wanita. You Me At Six membawakan 10 lagu dimana mereka menutup penampilan mereka dengan lagu Underdog
  • Setiap tahun Soundwave selalu memberikan beberapa band lokal Australia kesempatan untuk tampil dalam festival ini dan untuk tahun 2012 Tonight Alive adalah salah satu band lokal asal Australia yang penampilannya paling ramai ditonton. Tonight Alive melakukan US tour selama beberapa bulan kebalakang sehingga tidak heran apabila penampilan mereka ditunggu-tunggu oleh para fansnya. Membawakan seluruh hitsnya mulai dari Breaking & Entering hingga Starlight, Tonight Alive tampil dengan luar biasa enerjik.
  • Ketika full lineup Soundwave diumumkan, terselipnya nama Cobra Starship diantara band-band yang notabene bergenre lebih rock dari mereka sempat menimbulkan pertanyaan namun sang promotor meyakinkan bahwa Cobra Starship layak untuk tampil di Soundwave karena keunikan musik yang dipunyai band ini dan Cobra Starshippun berhasil membuktikan hal tersebut. Membuka penampilan dengan lagu The City Is at War, para penontonpun langsung loncat bersama. Membawakan lagu-lagu hitsnya mulai dari Guilty Pleasure, Good Girls Go Bad dan akhirnya mereka menutup penampilan mereka dengan You Make Me Feel.
  • Kembalinya Limp Bizkit ke Australia adalah untuk pertama kalinya dalam kurun waktu 11 tahun setelah terakhir kali konser di Australia pada tahun 2001. Masuknya Limp Bizkit kedalam lineup Soundwave sempat menimbulkan kehebohan karena terakhir kali Limp Bizkit konser di Australia, ada sebuah kejadian kurang baik yang terjadi dimana sebuah anak perempuan berumur 16 tahun bernama Jessica Michalik meninggal karena berdesak-desakkan di moshpit saat Limp Bizkit tampil. Limp Bizkit membawakan lagu-lagu lama seperti My Generation, Nookie dan My Way. Sebelum membawakan Take a Look Around, Fred Durst mengucapkan terima kasih karena mengijinkan Limp Bizkit untuk kembali ke Australia dan meceritakan kejadian yang terjadi pada tahun 2001 lalu ketika Limp Bizkit tampil dalam festival musik Big Day Out di Sydney dimana Fred Durst mengatakan bahwa sebelum mereka tampil Fred Durst sudah memperingatkan kepada promotor bahwa barricade yang membatasi penonton tidak aman dan Limp Bzikit mengancam untuk tidak akan tampil. Namun hal tersebut tidak digubris oleh sang promotor dan tetap memaksa Limp Bizkit untuk tampil, akhirnya hal yang sudah dikhawatirkan sebelumnyapun terjadi. Tepat ketika Limp Bizkit membawakan lagu Break Stuff, Jessica Michalik mengalami insiden yang harus merenggut nyawanya tersebut. Sebagai tribute untuk Jessica, Limp Bizkit mengganti backdrop Limp Bizkit mereka dengan sebuah backdrop raksasa berwarna pink dengan tulisan Jessica yang disambut oleh tepukan tangan oleh seluruh penonton yang tersentuh akan hal tersebut. Fred Durst juga mengundang ayah dari Jessica untuk datang pada penampilan Limp Bizkit di Soundwave Sydney dan meminta 16 backstage access untuk teman-teman Jessica namun sayangnya permintaan 16 backstage access tersebut tidak disetujui oleh promotor dengan alasan takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
    Limp Bizkit menutup penampilan mereka dengan salah satu hit terbesar mereka yaitu Rollin.
  • The Pretty Reckless, band yang dimotori oleh bintang TV series Gossip Girl juga merupakan band yang berhasil menarik perhatian karena sebagian orang menganggap remeh band ini dengan mengatakan bahwa band ini hanya mengandalkan kontroversi yang dilakukan oleh Taylor Momsen. Anggapan tersebut berhasil dipatahkan dengan penampilan dari The Pretty Reckless ini karena selain mereka mempunyai skill dan lagu-lagu yang juga bagus, Taylor Momsen sebagai vokalis berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat luar biasa. Bisa saya katakan dengan yakin bahwa Taylor Momsen adalah salah satu vokalis wanita terbaik saat ini. The Pretty Reckless total membawakan 8 lagu termasuk lagu-lagu seperti Just Tonight, Goin Down dan Make Me Wanna Die.
  • Masuknya The Cab sebagai lineup dari Soundwave layaknya menjawab mimpi dari para penggemar The Cab yang sudah menunggu selama 6 tahun untuk menyaksikan penampilan band kesayangan mereka ini. Ini adalah kunjungan pertama The Cab ke Australia dan antusiasme yang ditunjukkan oleh penonton sungguh diluar dugaan. Tampil membawakan total 8 buah lagu diantaranya Angel With a Shotgun, I’ll Run dan Bad, The Cab tampil dengan maksimal menghibur para penonton yang memenuhi area sekitar panggung. Hal yang cukup disayangkan adalah dimana mereka tidak membawakan single terbaru yang berjudul Endlessly secara utuh melainkan Alexander DeLeon sebagai vokalis hanya membawakan lagu ini dari verse pertama hingga chorus secara acapella. The Cab menutup penampilan mereka dengan membawakan Bounce.
  • Slipknot, band metal yang sudah berkarir selama kurang lebih 15 tahun akhirnya kembali ke Australia pada tahun 2012 ini. Sebagai headliners dari Soundwave maka Slipknot mendapat waktu main selama 1 setengah jam untuk memuaskan para penonton. Tampil dengan membawakan 15 lagu, penampilan Slipknot adalah penampilan panggung terheboh dengan menggunakan ledakan api di sisi panggung. Tampil membawakan hit-hitsnya seperti Wait and Bleed, Pyschososial dan Duality, Slipknot juga melakukan sebuah tribute untuk mengenang bassistnya yang meninggal karena overdosis obat terlarang dengan memasang backdrop angka 2 dimana 2 adalah nomor dari bassistnya yang meninggal tersebut.
  • >Gagalnya Blink 182 untuk tampil dalam festival musik Big Day Out akhirnya membuat Angels & Airwaves berhasil menjadi salah satu lineup dari Soundwave. Band yang digawangi oleh Tom Delonge ini tampil dengan lighting yang luar biasa megah seperti yang sudah diberitahukan sebelumnya oleh sang promotor. Membuka penampilan dengan lagu berjudul Saturday Love, Angels & Airwaves berhasil memanaskan suasana pada malam itu. Klimaks penampilan Angels & Airwaves terjadi ketika mereka membawakan The Adventure,Everything’s Magic dan Anxiety secara berurutan. Tampil dengan total membawakan 10 lagu, mereka menutup penampilan mereka dengan membawakan sebuah lagu berjudul The War
  • System of a Down adalah salah satu band yang menjadi alasan sebagian besar orang yang membeli tiket ke Soundwave. Panggung ditutup oleh sebuah kain putih besar bertuliskan System of a Down sebelum mereka tampil dan ketika kain diturunkan terdengarlah mereka langsung menggebrak dengan membawakan lagu Prison Song. Tampil dengan total membawakan 25 lagu termasuk lagu-lagu seperti BYOB, Chopsuey dan Hypnotize tidak ada alasan bagi para fans mereka yang menyaksikan penampilan mereka untuk berkata tidak puas. Systek of a Down membuktikan bahwa nama besar yang mereka punya bukanlah sebuah isapan jempol belaka dimana mereka berhasil membuktikan bahwa mereka memang adalah salah satu band terbaik di dunia. Sebagai penampil terakhir di stage 1, System of a Down menutup malam tersebut dengan membawakan lagu berjudul Sugar.

Soundwave yang berlangsung sejak pukul 11 pagi hingga pukul 10 malam ini meninggalkan kenangan yang tidak terlupakan bagi setiap orang yang berkesempatan untuk menyaksikan festival ini dan waktu terasa berjalan sangat cepat karena kita tidak henti-hentinya dihibur oleh penampilan band favorit kita secara terus menerus. Akhirnya Sydney Soundwave 2012pun berakhir dan kitapun berharap bahwa lineup Soundwave 2013 nanti akan lebih besar lagi dari tahun ini !!

Official Website : www.soundwavefestival.com

Untuk foto-foto selengkapnya lihat disini.

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply