Creative Disc Exclusive Single – 05 Mar

Oleh: admincd - 05 Mar 2012

Anggun (Alb. Echoes / Sony Music Indonesia) - Echo (You and I)

Di kontes Eurovison 2012 mendatang, Perancis memilih Anggun sebagai perwakilan negara mereka. Sebuah kabar yang sangat menggembirakan. Adapun lagu yang akan dinyanyikan oleh Anggun di ajang tersebut adalah Echo (You and I). Single dibuka dengan pekik gitar elektrik dan degup drum olahan synth. Namun saat vokal Anggun mulai melantun, tahulah kita jika Echo (You and I) adalah sebuah elektro-pop yang riuh. Anggun sendiri bernyanyi secara bilingual, dimana dua per tiga lirik dinyanyikan dalam bahasa Perancis dan sepertiga lagi dalam bahasa Inggris. Pola notasinya sih sederhana saja dan lagu cenderung repetitif dengan penakanan pada chorus yang menghentak. Vokal Anggun tetap juara seperti biasa. Mudah-mudahan ia memeroleh prestasi di ajang Eurovison tersebut. Single dirilis secara digital pada tanggal 30 Januari. (8/10)

John Mayer (Alb. Born and Raised / Columbia) - Shadow Days

Bulan Mei nanti John Mayer akan merilis akbum kelimanya yang diberi judul Born and Raised. Sebagai pemanasan, tidak ada salahnya kita simak single pertama untuk album tersebut yang diberi judul Shadow Days. Single ini masih bercirikan musik Mayer yang khas, yaitu pop medium dengan arsiran blues yang kental. Dang jangan lupakan petikan gitar yang juga senantiasa lekat dengan Mayer. Pace yang berjalan dengan tempo sedang memang memberi kesan laid-back dan Mayer pun bernyanyi dengan tidak berlebihan dengan over-improvisasi. Semua berjalan tenang dan tertahan, namun menghanyutkan. Vokal Mayer yang khas memang juara. Sulit untuk menolak pesonanya. Sekali dengar, Shadow Days tidak lantas membetot perhatian kita. Ini adalah jenis lagu yang memerlukan frekuensi yang cukup intens untuk dapat menikmatinya dengan penuh. Jika sudah, percayalah, ia tidak akan gagal memberi kita sebuah lagu yang juara. Single dirilis pada tanggal 6 Maret. (8/10)

Norah Jones (Alb. ...Little Broken Hearts / Blue Note) - Happy Pills

Artis lain yang akan merilis album kelimanya dalam waktu dekat adalah Norah Jones, dimana kali ini dia bekerja sama dengan Danger Mouse (Gnarls Barkley). Dan dia pun merilis single pertamanya, Happy Pills, tepat di tanggal 6 Maret. Dalam Happy Pills Jones tampaknya masih percaya dengan kekuatan rock karena single ini sangat kental dengan nuansa rock yang menghentak. Tapi tentu saja jangan harapkan rock yang garang dengan vokal yang memekik, karena jika sudah menyimak album The Fall, tentu paham rock yang bagaimana yang disampaikan oleh Jones, yaitu rock yang berjalan dalam tempo sedang dan mengalun. Bagaimanapun latar belakang Jones dalam musik jazz, country dan folk masih cukup kuat mempengaruhi. Nah begitu juga dengan single Happy Pills. Meski riff gitar cukup bising terdengar dan dentum drum begitu perkasa, namun Jones malah bernyanyi dengan lirih serta sedikit mengawang dan musik pun mengalun dengan tenang. Menarik. (8/10)

Roxette (Alb. Traveling / EMI) - It's Possible

Menyusul album comeback mereka di tahun lalu, Charms School, tidak perlu waktu lama bagu duo asal Swedia, Roxette, akan merilis album terbaru mereka, tepatnya album ke 9, Traveling, pada tangal 23 Maret. Single pertama adalah It's Possible, sebuah pop uptempo yang mengingatkan akan kejayaan mereka dulu di era 90-an. Mulai dari melodi yang manis dan mudah diingat dan pembagian porsi vokal antara Per Gessle dengan Marie Fredriksson yang tepat dan pas takarannya. Satu yang mencolok, mereka lagi-lagi menyelipkan bagian yang lembut dan subtil dan mengawang dan diisi oleh vokal Marie, seperti yang dulu sering mereka kerjakan, tepat ditengah-tengah riuhnya musik. Hasilnya, it's soooo much fun. Mengembalikan memori indah kepada Roxette. Single dirilis pada tanggal 2 Maret. (8/10)

JoJo (Alb. Jumping Trains / Interscope) - Sexy To Me

Seetelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya JoJo boleh bernafas lega, karena album ketiganya, Jumping Trains, akan segera beredar. Setelah merilis Disaster sebagai single pertama, JoJo kemudian melepas Sexy To Me sebagai single promosi untuk album tersebut. Single ini diproduseri oleh Danja, sehingga tidak heran jika Sexy To Me menampilkan JoJo sebagai seorang club-banger yang panas. Singlenya terdengar edgy dan seksi dengan vokal JoJo yang terdengar cool dan sensual. Dentum musik yang menggebu memang membuat single ini begitu siap untuk menggempur lantai dansa dan mengajak kita untuk turut serta larut di dalamnya. Single dirilis pada tanggal 28 Februari. (8/10)

Katie Melua (Alb. Secret Symphony / Dramatico) - Better Than A Dream

Kalau kangen dengan musisi perempuan bersuara lembut yang menyanyikan lagu-lagu down-tempo dengan corak lagu yang sedikit jazzy atau blues, mungkin si cantik Katie Melua bisa menjadi penawarnya. Album terbarunya, Secret Symphony jelas tidak boleh dilewatkan. Simak saja single ketiganya untuk album yang dirilis di awal Maret tersebut, Better Than A Dream. Mengalun dengan manis, lirih namun tanpa harus terkesan mendayu-dayu, karena vokal Melua sebenarnya memiliki power yang cukup intens. Meski demikian harmonisasi yang prima antara vokal dan instrumen begitu menyatu dan padu, sehingga tepat sasaran dalam memanjakan kita dalam lagu lembut yang manis juga romantis. Menghanyutkan. (8/10)

Regina Spektor (Alb. What We Saw from the Cheap Seats / Sire Records) - All the Rowboats

The anti-folk artist is back! Yep, it's Regina Spektor and her brand new album, What We Saw from the Cheap Seats, yang akan dirilis pada bulan Mei mendatang. Single pertamanya adalah All the Rowboats yang hadir dengan segala epik yang bisa kita dapatkan dari seorang Regina Spektor. Denting piano yang tajam dan menghantui berdampingan dengan drum yang sangat intens, seolah berlari dalam tempo yang menggebu. Atmosfir kelam begitu kental mengisi single ini. Namun semangat rock yang menggelegar juga mencuri perhatian. Agak sedikit terdengar berlebihan dan pretensius, akan tetapi bagi yang kangen dengan Spektor, bolehlah. (7/10)

Walk Off the Earth (Single / Columbia) - Somebody That I Used to Know

Walk Off the Earth adalah sensasi kesekian dari situs video ternama YouTube. Cover version lagu Somebody That I Used to Know milik Gotye dan Kimbra yang mereka nyanyikan sontak mendapat perhatian yang luar biasa yang dibuktikan dengan fakta sampai tanggal 3 Maret ini telah dilihat oleh lebih dari 65 juta pasang mata. Sangat menarik karena kumpulan asal Ontario yang terdiri atas lima orang ini hanya memainkan satu gitar secara beramai-ramai. Tidak hanya itu, tentu saja kualitas vokal saat mereka menyanyikan lagu ini juga tak kalah juara, sehingga bahkan Gotye sendiri memuji mereka. Secara stuktur tidak ada yang berubah, masih mengikuti pakem aslinya yang minimalis. Materi lagunya memang sudah juara, sehingga tidak heran jika versi Walk Off the Earth ini juga sangat menarik untuk disimak. Keberhasilan mereka berbuah manis karena sudah dilirik oleh label besar seperti Columbia. Single ini pun kemudian dirilis secara digital melalui iTunes mulai tanggal 6 Februari. (8/10)

The Fray (Alb. Scars & Stories / Epic) - Run For Your Life

Rasa-rasanya The Fray memang selalu bisa diandalkan dalam memberikan kita lagu pop-rock yang romantis bahkan sedikit melankolis. Begitu juga dengan Run For Your Life yang merupakan single kedua untuk album ketiga mereka, Scars & Stories. Piano yang melantun merdu lagi-lagi menjadi andalan beriringan dengan aransemen yang mengandalkan drum dan gitar elektrik. Bergerak dalam tempo menengah, vokal Isaac Slade yang serak dan-ngerock tetap terdengar manis dan mendayu. Memang tidak istimewa juga dan bahkan sedikit jenerik, namun rasa-rasanya jika tujuan The Fray ingin memberikan tembang yang pop-melankolis, mereka cukup sukses. (7/10)

Madonna (Alb. MDNA/ Interscope) - Girl Gone Wild

Setelah Martin Solveig untuk single pertama, Give Me All Your Luvin, Madonna kini mengajak nama besar dari skena musik dansa lain, Benni Benassi, untuk membantunya dalam single kedua untuk album MDNA, Girl Gone Wild. Dan tentu saja single ini masih berbau dance. Dan dengan hadirnya Benassi dibelakang layar tentu tidak terlupa dengan asupan degup house yang menghentak, meski rasanya lebih condong ke arah elektro-pop ketimbang house murni. Still, it got Madonna stamped all over it. Tidak terbantahkan. Katakanlah semua klise Madonna bisa kita temukan disini, mulai dari beat-beat ceria penuh vitalitas dan hook yang memikat serta penekenan-penekanan pada beberapa bagian agar vokal Madonna lebih teraksentuasi. Might be light as feather but fun as a joyride. Single dirilis pada tanggal 2 Maret. (8/10)

Big Bang (EP. Alive / YG Entertainment) - Blue

Another EP from Big Bang, one of the biggest boygroup from South Korean. Bersiaplah untuk Alive. Ada 7 lagu yang kali ini menghiasi Alive. Kali ini Big Bang menawarkan Blue sebagai single andalan. Sebuah single midtempo yang mengalun lembut. Dan sebagaimana biasanya, Big Bang memang selalu bisa diandalkan untuk lagu sejenis ini. Instrumen gitar bermain penting di single ini untuk memberi kesan teduh dan biru, sebagaimana esensi lagunya. Setiap personel memberi kontribusi pada bagian vokal selain tentu saja porsi rap diisi oleh T.O.P. dan G-Dragon. Bagian chorus adalah yang paling mencuri perhatian karena mereka dengan solid menghadirkan paduan vokal yang harmonis. Hanya saja jangan lantas mengira ini adalah sebuah lagu balada menye-menye, karena Blue hadir sebagai sebuah elektro-pop namun beregerak dalam tempo yang bergerak lebih perlahan. Blue adalah jenis lagu yang perlu proses untuk benar-benar dapat terserap di dalamnya. Setelah berkali-kali dengar, sulit untuk tidak menyukai lagu ini. EP Alive dirilis pada tanggal 28 Februari. (8/10)

Special Thanks To Julee, Haris, dll

Vote for your Exclusive Single this week..

Click Here for PollOnline Survey
Conjoint Analysis
| Polls
| Mobile Surveys

| Feedback Tab
View MicroPoll

admincd
More from Creative Disc