Trending News

Blog Post

Album of The Day: Kellie Pickler – 100 Proof
Album of The Day

Album of The Day: Kellie Pickler – 100 Proof 

Yang diinginkan Kellie Pickler sebagai artis rekaman adalah kebolehannya dalam membawakan musiknya dengan idealisme yang kuat. Berselang 4 tahun dari rilisan terakhirnya, “100 Proof” secara total menggambarkan kekuatan keinginan tersebut, dan memang pada akhirnya menjadikan Kellie sebagai penyanyi country yang tak kompromi. Cerminannya adalah dari penggunaan instrumen fiddle dan mandolin secara maksimal membangun sound yang konsisten. Warna vokal Kellie dengan gaya bernyanyi yang mengimbangi ritme di tiap lagu terdengar natural.

‘Where’s My Tammy Wynette’ membuka album ini dengan pasti dalam kondisi feel good. Sebuah lagu mid-tempo yang membuat kita langsung beranggapan tradisional country tadi adalah idealisme Kellie yang hendak ia pancarkan dalam rekaman ini. ‘Unlock That Honky Tonk’ menaikkan irama ke sesutau yang lebih menghentak. Dan kemudian diturunkan dalam nyanyian syahdu nan emosional ‘Stop Cheatin’ On Me’. Oke, dari dinamisme pergerakan ritme yang ada sejauh ini, pemenuhan harapan atas kedamaian irama musik dan penceritaan lirik sudah didapatkan.

Dilanjutkan oleh ‘Long As I Never See You Again’ dan ‘Tough’ (yang dijadikan single andalan untuk album ini), sepertinya memang tak ada hal lain yang ingin dicapai Kellie lewat “100 Proof” selain aktualisasi diri. Katakanlah single andalannya tidak membawanya keposisi yang pernah diberikan oleh single-single dari album sebelumnya, tapi justru membawa Kellie pada kondisi musik terbaiknya. Memberi pencitraan kuat atas konsep keartisannya; pure traditional country. Kellie terlibat dalam penulisan lebih dari setengah isi album, meskipun mempercayakan single pertamanya pada lagu yang tidak melibatkan kemampuan menulisnya.

Selanjutnya, kejutan terdengar saat mendengarkan ‘Turn On The Radio And Dance’ yang diprediksi akan menjadi lagu uptempo tapi ternyata sebuah dendangan emosional yang menyentuh. Kellie mengambil tema keluarga; ‘Mother’s Day’ dan ‘The Letter (To Daddy)’ yang menambah cerita dalam album ini tak hanya melulu tentang dirinya. Dan kalau dilihat dari potensi komersial plus penerimaan di radio, sepertinya ‘Rockaway (The Rockin’ Chair Song)’ dan ‘100 Proof’ punya potensi tersebut. Dan jika di kemudian hari rekaman ini bisa menghasilkan apa yang disebut industri sebagai sebuah keberhasilan komersil, maka “Strike 2” akan dicetak oleh finalis American Idol Season 5 ini.

Official Website.

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST

1. “Where’s Tammy Wynette” Jimmy Ritchey, Don Poythress, Leslie Satcher 2:42
2. “Unlock That Honky Tonk” Kellie Pickler, Satcher 3:38
3. “Stop Cheatin’ on Me” Morgane Hayes, Chris Stapleton 2:48
4. “Long as I Never See You Again” Pickler, Dean Dillon, Dale Dodson 3:44
5. “Tough” Satcher 2:49
6. “Turn On the Radio and Dance” Pickler, Satcher 3:13
7. “Mother’s Day” Pickler, Kyle Jacobs 3:41
8. “Rockaway (The Rockin’ Chair Song)” Pickler, Barry Dean, Brent Cobb 3:04
9. “Little House On the Highway” Rodney Clawson, Natalie Hemby 3:13
10. “100 Proof” James T. Slater, Satcher 3:46
11. “The Letter (To Daddy)” Dodson, Dillon, Pickler 2:06

Related posts

Leave a Reply