Trending News

Blog Post

Interview With Colbie Caillat
Artist Interviews

Interview With Colbie Caillat 

Image and video hosting by TinyPic

Hai, Colbie..
v Hai, apa kabar?

Baik, terima kasih. Gimana Jakarta sejauh ini menurut kamu?
v Aku baru sampai di Jakarta tadi pagi, it’s beautiful. Sebelumnya saya ke pulau Gili (dekat Bali). Kalian pernah kesana? Saya disana selama 4 hari dan saya menikmatinya.

Sudah mencicipi masakan Indonesia?
v Banyak sekali.. (sambil tertawa)

Kamu menyukainya?
v Yeah, it’s great..

Banyak dari lagu yang kamu tulis bertemakan tentang cinta. Apa kamu termasuk orang yang romantis?
v Ya, saya adalah orang yang sangat, sangat romantis.. Uhm, saya menulis lagu berdasarkan pengalaman pribadi. Falling in love, mengalami jatuh bangun dalam membina hubungan, belajar melalui pengalaman tersebut. Baik melalui pengalaman pribadi, maupun dari orang-orang sekitar, hal-hal itulah yang menginspirasi saya menulis lagu.

Apa hal yang paling romantis yang pernah kamu lakukan dalam hidupmu?
v Oh, I don’t know.. Gak ada yang kepikiran saat ini.. (sambil tersenyum)

Mengenai album terbaru kamu “All Of You”, bisa ceritakan mengenai prosesnya, dan bagaimana rasanya bisa bekerjasama dengan sang kekasih, Justin Young?
v Album terbaru saya berjudul ”All Of You”, yang saya kerjakan selama beberapa tahun belakangan. Semua lagu yang ada berkisah tentang hubungan yang saya jalani, the ups and downs. Dan hal yang paling mengagumkan adalah saya bisa bepergian dan mengalami banyak hal, bekerjasama dengan para penulis lagu yang berbeda, salah satunya dengan Common yang ada di lagu Favorite Song, single terbaru saya. Kemudian saya juga bekerjasama dengan Ryan Tedder yang menulis beberapa lagu di album tersebut. Ayah saya pun memproduseri sekitar 5 lagu yang ada., dan juga saya menulis beberapa lagu bersama Justin Young. Sangat menyenangkan bisa kerja bareng dengannya, dan menulis lagu tentang hubungan kami.

Mengenai lagu berjudul “What If”, bisa kamu ceritakan mengenai dibalik lagu tersebut?
v Saat menulis lagu “What If”, saya rasa kita semua pernah mengalami saat dimana kita melihat seseorang dan bermimpi bagaimana rasanya jika bisa hidup bersama, dan akan seperti apa hidup kita kalau kita pernah bertemu sebelumnya.

Dari semua lagu yang pernah kamu tulis, lagu apa yang paling kamu suka, dan apa alasannya?
v Uhm, lagu yang paling sukai adalah ”I Never Told You”. Lagu tersebut sangat berarti bagi saya, dan saya sangat senang menyanyikannya. Dan akan saya nyanyikan juga malam ini. Lagu tersebut mengajak kita untuk jangan pernah berkata ‘cukup’ dalam suatu hubungan, dan lagu itu mengajarkan banyak hal kepada saya untuk lebih bisa mengungkapkan apa yang kamu rasakan dan kamu pikirkan demi kelangsungan hubungan yang kamu jalani.

Apa yang membuat kamu ingin tampil di Jakarta?
v Saya belum pernah ke Jakarta sebelumnya, dan belum pernah tampil di hadapan kalian semua disini. Saya tidak menyangka bahwa musik saya diterima disini, dan saya tertarik untuk tampil di depan fans saya disini.

Apa momen yang paling membanggakan buatmu?
v Terlalu banyak. Tapi yang paling membuat saya bangga adalah bisa tampil di Gedung Putih, di depan keluarga presiden tentunya. Dan juga berkolaborasi dengan Common, salah satu mimpi saya..

Jelaskan sedikit mengenai penampilanmu malam nanti.
v Saya akan tampil selama kurang lebih 90 menit membawakan lagu-lagu dari ketiga album saya, juga beberapa lagu cover. Dan saya bersama dengan band saya, perkusi, dan lain-lain. Saya akan menyanyikan single-single saya, serta beberapa duet dengan Justin.

Bagaimana menurut kamu mengenai event Sayfestville ini, dan apa persiapan kamu untuk penampilan kamu nanti?
v Menurut saya event ini sangat bagus, dan saya senang sekali bisa tampil disini. Dan persiapan saya adalah latihan dengan band saya sebaik-baiknya, menyusun lagu apa saja yang akan dimainkan, dan juga menjaga kondisi saya supaya bisa tampil prima.

Setelah album ketigamu ini, apa rencana kamu selanjutnya di album berikutnya?
v Rencana saya berikutnya, saya rasa saya akan membuat musik yang lebih akustik. Tidak seperti album-album saya terdahulu yang sangat pop, saya akan mencoba bermain lebih ke arah akustik. Tapi saya tidak tahu ke depannya nanti akan seperti apa jadinya.

Apa kamu punya ekspektasi sendiri untuk konser ini?
v Yang saya harapkan adalah konser yang baik dan malam yang indah tentunya.

Siapa yang ingin kamu ajak kolaborasi berikutnya?
v Untuk album berikutnya, saya sangat ingin sekali bekerjasama dengan Coldplay. Mereka menghasilkan music yang sangat bagus dan punya fans yang banyak, dan saya harap kami bisa menyatukan genre musik kami.

Apa kamu pernah membayangkan kesuksesan seperti yang kamu raih saat ini?
v Well, saya selalu mengajarkan pada diri saya untuk menerima seberapa jauh saya berada saat ini. Saya suka bernyanyi, dan orang-orang mengunjungi situs myspace saya karena mereka menyukai musik saya. Selalu tumbuh di pemikiran saya bahwa apa yang saya nikmati sekarang adalah hasil kerja keras saya selama ini.

Apa pengalaman terlucu yang pernah kamu alami di panggung?
v Oh, saya pernah manggung di Florida dan saya harus menyanyikan lagu “Midnight Bottle” (dari album pertama ‘Coco’), dan saya lupa setiap liriknya kecuali kata-kata “Midnight Bottle” tersebut.. Dan saat itu saya sangat malu.. (sambil tertawa)
Dan sampai saat ini saya masih gugup membawakan lagu tersebut.

Apa kamu masih gugup setiap kali di atas panggung?
v Saya masih gugup sampai sekarang. Sudah lebih baik belakangan ini, dan saya sudah bisa lebih tenang. Awalnya saya sempat menangis dan gemetar saat mau naik panggung, namun sekarang sudah tidak lagi. Saya mengakalinya dengan memainkan beberapa lagu yang slow dan tenang di awal pertunjukkan, dan kemudian mulai menaikkan hype dengan lagu-lagu yang semangat.

Pertanyaan terakhir, nasihat apa yang bisa kamu berikan untuk orang-orang muda yang ingin mengikuti jejakmu dalam bermusik?
v Nasihat saya adalah latihlah terus kemampuan yang kamu punya, pilihlah genre yang pas dan nyaman untuk kamu, teruslah belajar hal yang baru. Dan juga kenalilah dunia yang akan kamu jalani, bekerjasamalah dengan banyak orang yang berpengalaman di dunia musik, dan terutama persiapkan diri kamu untuk segala hal yang akan terjadi ke depannya, supaya tidak kaget dan salah langkah nanti.

(Rendy / CreativeDisc Contributors)

Special Thanks to Sayfestville dan SayCooture.

Related posts

Leave a Reply