Trending News

Blog Post

Album of The Day: Michael Learns To Rock – Scandinavia
Album of The Day

Album of The Day: Michael Learns To Rock – Scandinavia 

Released by: Warner Music Indonesia

Bagaimana musik band Michael Learns To Rock berasa kurang garang untuk menjadi bagian dari musik rock merupakan jualan utama kumpulan Jascha Richter, Mikkel Lentz, dan Kare Wanscher. Mereka berhasil mempertahankan ciri musik spesifik tersebut hingga saat ini. “Scandinavia” dirilis berjarak empat tahun dari album mereka sebelumnya. Proses produksi yang memakan waktu selama kurang lebih dua tahun menjadikan album ini matang dan otentik layaknya karya-karya MLTR sedari dulu.

Dibuka dengan ‘Renovate My Life’, kita dibuat berfikir lagu demi lagu di dalam album ini kira-kira mirip dengan lagu-lagu mana yang pernah dipopulerkan oleh mereka. ‘RML’ sendiri, sebagai single andalan, memiliki vibe yang menyerupai lagu ‘Someday’ dalam irama mid-tempo yang lumayan menyemangati. Mencontek sedikit dari halaman wikipedia, tertulis disana ‘Any Way You Want It’ sebagai salah satu lagu populer di tanah air dari album ini. Bukan kejutan lagi memang kalau lagu-lagu balada demikian yang lebih dipilih, terkait dengan kenyamanan telinga tatkala mendengarkannya. Tetapi bagaimana lagu ini dipilih dalam arus selera justru mengarah ke lagu ber-beat kencang merupakan kejutannya. Oleh karena itu, ‘Heaven Is My Alibi’, ‘Hanging On’, dan ‘Make Me Feel’ berpotensi besar untuk mendapatkan playback lebih banyak. Ssst, ‘HIMA’ dan ‘MMF’ punya lirik yang gampang diikuti dan dihafal lho.

Untuk mendengarkan track-track lembut seperti di atas bisa jadi merupakan tantangan tersendiri. Tak semua orang bisa menerima hajaran dari musik demikian. Pop standar yang membuat malas. Maka dari itu, sebagai penyeimbangnya, dalam takaran yang juga cukup berimbang, lagu-lagu bertempo lebih cepat dihadirkan. Silahkan mendengarkan ‘Space Commander’, ‘Shanghaid In Tokyo’, dan ‘Crazy World’ untuk memperoleh rasa yang beda. Riang dan gembira, meskipun enggak total dan maksimal layaknya today’s dance tracks dari artis-artis lain. Tapi paling enggak bisa membawa nyawa kita ke level semangat setelah masuk dalam zona kelewat manja yang ditimbulkan track lain.

Dimanisme yang demikian juga harus diberi jempol. Lebih tinggi lagi jempolnya untuk dua track penutup album ini: ‘Icebreaker’ yang tampil selayak judulnya, mencairkan, dan ‘Scandinavia’ yang kisahnya melibatkan geografis. Standar MLTR terjaga dalam “Scandinavia”. Idealisme mereka tersadur dalam karya yang membentangkan karir rekaman mereka dalam dekade ketiga. Enggak nyangka kan kalau mereka udah eksis sekian lama?!

Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Renovate My Life” – 4:25
2. “Any Way You Want It” – 3:44
3. “Space Commander” – 3:55
4. “Heaven Is My Alibi” – 3:50
5. “Please Forgive Me” – 4:16
6. “Hanging On” – 4:06
7. “Shanghaid in Tokyo” – 3:52
8. “Crazy World” – 4:23
9. “Make Me Feel” – 3:38
10. “Icebreaker” – 3:30
11. “Scandinavia” – 3:49

Related posts

Leave a Reply