Trending News

Blog Post

Keane Live at Tenis Indoor Senayan, 28 Sept 2012
Concerts Review

Keane Live at Tenis Indoor Senayan, 28 Sept 2012 

Image and video hosting by TinyPic

Penantian para fans Keane di Indonesia selama 8 tahun berakhir di tanggal 28 September 2012. Setelah merilis 4 album dan 1 EP serta rangkaian Tour Asia tanpa satu kali pun kunjungan ke Indonesia, akhirnya Keane, band asal Inggris dengan hits seperti Somewhere Only We Know, Everybody’s Changing, Is It Any Wonder, dan Disconnected, mengadakan konser pertamanya di Jakarta, Indonesia. Kedatangan Keane ke Indonesia dalam rangka mempromosikan album terbaru mereka, Strangeland, tentunya sudah sangat ditunggu oleh para fans Keane. Hal ini tidak terlepas dari antusias dan respon positif atas album Strangeland yang disebut-sebut sebagai album penanda kembalinya Keane ke akar musik mereka seperti yang ditampilkan di album debut mereka, Hopes and Fears: lagu-lagu yang simple, melodious dan berbasis pada permainan piano Tim Rice-Oxley.

*Sebelum konser Keane dimulai, dua belas orang member Keane Fans Indonesia berkesempatan untuk bertemu langsung di Meet and Greet (dan juga beberapa member dari KFI ikut menyambut mereka di bandara). Kesan utama yang didapat dari dua pertemuan itu adalah Tim, Tom, Jesse, dan –terutama- Richard sangat ramah dan bersahabat.*

Konser Keane dimulai pada pukul 20:30 malam. Konser dibuka dengan You Are Young, lagu yang terdapat di album Strangeland. Bukan rahasia lagi kalau lagu pembuka adalah penentu mood penonton, dan You Are Young berhasil melakukan tugasnya dengan baik. Lagu upbeat ini membuat seluruh penonton berjingkrakan dan bernyanyi bersama. Keane membawakan total 23 lagu yang didominasi lagu dari Hopes and Fears dan Strangeland (Sebenarnya di set list tertera 24 lagu. Namun sayangnya mereka tidak membawakan Encore 2, yaitu Under Pressure. Hal ini juga terjadi di konser mereka di Jepang.) Selain lagu-lagu dari album tersebut, Keane hanya membawakan hits mereka. Tampaknya mereka ingin bermain aman semenjak ini kedatangan pertama mereka ke Jakarta. Sebenarnya mereka tidak perlu khawatir, karena dengan adanya konser lain di saat yang sama, tampaknya yang datang ke konser Keane adalah fans sejati. Terbukti dari keriuhan koor para fans atas setiap lagu yang dinyanyikan oleh Tom. Terutama ketika Keane membawakan Everybody’s Changing, Somewhere Only We Know, Spiralling, Sovereign Light Cafe, dan Crystall Ball. Penulis sendiri sangat terkesan ketika Keane membawakan Sea Fog. Ketika Sea Fog dibawakan, Tennis Indoor mendadak senyap seperti ikut terlarut dalam kesyahduan lagu.

Setiap jeda beberapa lagu, Sang Vokalis, Tom Chaplin, selalu menyempatkan untuk berinteraksi dengan penonton. Tom sempat mengeluhkan kondisi Jakarta yang macet dan Ia bahkan bertanya (dengan bercanda) bagaimana cara penonton sampai ke venue. Salah satu hal menarik lainnya adalah selalu diteriakkannya nama Jesse oleh beberapa fans ketika jeda lagu. Tom yang ngeh dengan teriakan itu berusaha membuat Jesse menyapa fansnya. Sayangnya Jesse hanya terpaku di panggung

Penampilan Keane sungguh sangat memuaskan dan intimate. Walaupun tata panggung minimalis, namun didukung dengan lighting dan sound yang mumpuni. Lighting di We Might As Well Be Strangers mempesona dan sound di keseluruhan lagu membuat lagu-lagu Keane terdengar lebih bagus dari di album. Keane memang satu dari sedikit band yang memiliki penampilan live lebih bagus dari album. Kondisi suara Tom pada saat konser sungguh prima. Ia berhasil mempertahankan kestabilan suaranya yang powerful sepanjang konser. Konser Keane di Jumat malam itu telah berhasil membuat Keane menancapkan kenangan tak terlupakan bagi para penonton. Dan tampaknya the feeling was mutual, Tim dan Tom terlihat terkesan dengan crowd Jakarta. Tom tidak dapat berhenti tersenyum dan Tim terus-menerus memberi tepuk tangan kepada penonton setiap akhir lagu. Tom pun berjanji kunjungan ke Jakarta kemarin bukanlah kunjungan terakhir mereka ke Indonesia. Keane pasti akan kembali lagi.

(Feya)

Set List:
You Are Young,
Bend and Break,
Day Will Come,
Nothing In My Way,
Spiralling,
Strangers,
The Lovers Are Losing,
Silenced By The Night,
Everybody’s Changing,
Neon River,
The Starting Line,
Your Eyes Open,
Stop For A Minute,
Strangeland/On The Road,
A Bad Dream,
Disconnected,
This Is The Last Time,
Somewhere Only We Know,
Is It Any Wonder,
Bedshaped.
Encore 1: Sea Fog,
Sovereign Light Cafe,
Crystall Ball.

Special Thanks to Trilogy Live dan @KeaneFansIndo

Related posts

Leave a Reply