Trending News

Blog Post

The Voice Battle Rounds Week 1
The Voice US

The Voice Battle Rounds Week 1 

Merasa kehebohan The Voice hilang pasca Blind Auditions? Jangan. Karena ada aturan baru nih di babak Battle Rounds. Dimana artis yang enggak terpilih mendapat kesempatan untuk ikut kembali dalam kompetisi lewat fasilitas STEAL yang dimiliki oleh pelatih lain. Meskipun berpindah tim, yang penting si artis masih punya nyawa dalam kompetisi. Untuk membantu para pelatih, ada penasihat yang dilibatkan dalam babak ini. Mereka dalah:
Mary J Blige untuk #TeamAdam
Rob Thomas untuk #TeamCeeLo
Michael Buble untuk #TeamBlake
Billie Joe Armstrong untuk #TeamXtina

Dan Carson Daly adalah orang yang paling semangat mengumumkan bahwa Battle Rounds sudah dimulai!

#TeamBlake: Terry McDermott vs Casey Muessigman – Carry On My Wayward Son
Ini cukup mengerikan. Balek memasangkan Terry McDermott, veteran musik rock untuk membawakan lagu rock klasik melawan artis country Casey Muessigman. Asalannya sih karena saat audisi masing-masing membawakan lagu rock klasik. I say, Casey dirugikan. Kenyataannya memang demikian. Apapun yang Casey coba tampilkan selalu tidak sebagus apa yang disediakan Terry. Michael Buble sebagai penasihat #TeamBlake mengatakan bahwa Casey harus bisa menunjukkan kebisaannya di berbagai genre musik. Bagaimanapun juga, Terry sudah jauh berada di depannya dalam penampilan ini.
Christina: You guys really brought it.
CeeLo: Great.
Adam: I’m so impressed by both of you.
Blake: Casey won’t back down. So much energy, really strong voice. Someday this will make sense, I think this battle comes down to Terry knows his voice best. He’s the winner of this battle.
See, meskipun Blake sempat menggertak dengan komentar kalau dia lebih akrab dengan musisi country, hal itu sedikitpun tidak mengaburkan keyakinan kita pada pilihannya untuk membawa Terry ke babak selanjutnya, yaitu Knockout Round.

#TeamAdam: Bryan Keith vs Collin McLoughlin – Santeria
Alasan apa ini: “Aku menyatukan kalian karena kalian sangat berbakat.” Ah, kita juga sudah tau bagaimana subjektivitas Adam, dan sejauh ini bisa ia bisa dibilang sukses dengan cara itu. Tampak jelas kalau Bryan adalah orang yang akan dibawa Adam ke final. Meskipun Adam tampak keras dengan Bryan di sesi latihan terkait dengan melodi lagu, tapi di ring panggung, vokal Bryan lebih “kentrara” dibanding Collin.
Blake: I thought that was a lot of fun. I would probably go with Collin.
Christina: My personal prefence would be Bryan.
CeeLo: I think I like Bryan.
Adam: This comes down to who the best interpret the song. The winner of this battle is Bryan.
Saat mengucapkan pidato terima kasihnya, Collin disela Blake dan CeeLo yang melakukan STEAL. Karena ada lebih dari 1 pelatih, maka artis yang memutuskan ia hendak ikut ke tim mana. COllin memilih #TeamBlake.

#TeamCeeLo: JR Aquino vs Diego Val – Jessie’s Girl
JR kenal lagunya, Diego tidak. CeeLo merasakan kalau personaliti penampil yang harus hadir dalam karakter lagunya. Rob menyarankan Diego untuk tidak terlalu berlebihan dalam penampilannya, plus ia harus cepat memperlajari lagunya. Ia memuji bagaimana JR cepat menguasai lagu. Saai ring panggung, Diego akhirnya orang yang lebih menguasai lagu. JR tampak begitu menjaga teknik dan terkesan terkekang oleh lagunya.
Adam: You guys are really battling.
Blake: You both are really great pop singers. If I had to pick somebody, I guess JR.
Christina: I had a lot of fun watching you guys. I would say Diego.
CeeLo: You both did excellent job. I’m gonna go with Diego.
Cukup fair akhirnya. Bagaimana kedua artis bisa menanggungjawabi pilihan lagu yang diberikan oleh pelatih mereka. CeeLo berdiskusi singkat dengan Christina dengan pilihan mereka, Diego. CeeLo bilang kalau dirinya dan Christina punya banyak kesamaan.

#TeamXtina: De’Borah vs Nelly’s Echo – Message in the Bottle
Dua artis pertama dari #TeamXtina adalah vokalis soul. Karakter unik masing-masing yang membuat Christina memasangkan keduanya. Nelly’s merasa nyaman dengan lagu itu, De’Borah masih agak bingung. Saat latihan di depan penasihat Billie Joe, ia bilang kalau penampilan ini punya potensi sebagai penampilan terbaik. Christina senang karena keduanya punya nyali yang sama untuk lagu ini. Dalam sesi latihan, ia mencontohkan bagaimana menyajikan lagu ini supaya lebih menarik. Hasilnya, baik De’Borah maupun Nelly’s tampil memukau. Hanya melihat masa depan, di antara keduanya mana yang bisa lebih survive dalam kompetisi.
CeeLo: You actually blew me away, De’Borah.
Adam: Great pair on that stage. De’Borah, I think you’re fantastic.
Blake: I would pick De’Borah.
Christina: You guys came to play today. You really took the song and truly made it. For me, my decision, the winner is De’Borah.
Sudah lihat bagaimana pengetahuan terhadap lagu pilihan pelatih di awal battle tidak menjamin kemenangan bagi si artis. Banyak aspek yang diperhitungkan untuk memilih pemenang, sebagian besarnya terletak pada eksekusi lagu di ring panggung.

#TeamBlake: 2Steel Girls vs Gracia Harrison – Sin Wagon
Our favorite girl, Gracia Harrison dipasangkan dengan artis country lain, 2Steel Girls, duo yang terdiri dari ibu anak. Blake memberikan lagu country tradisional untuk mereka bawakan. Ini adalah salah satu battle favorit juga. Mama Steel merasa dirinya adalah yang terlemah disini. Gracia agak gugup di sesi latihan. Kenyataan yang terjadi di ring panggung, penampilan ini seperti Bawang Merah dan Ibu Tiri melawan Bawang Putih. Syukurnya, Gracia membuat penampilannya yang kompetitif menjadi fun di atas panggung.
Christina: I really enjoyed that, a lot. Gracia, you’re a little bit playfulness.
CeeLo: It’s evenly matched. I pick the duo.
Adam: Gracia, you’re phenomenal.
Blake: This is the toughest one for me. This just comes down to what happened on that stage. I thinkg Gracia brought more confident. I pick Gracia.
Woohoo! Bawang Putih menang!!! Gracia FTW!!!

#TeamCeeLo: Amanda Brown vs Trevin Hunte – Vision of Love
Saya senang akhirnya tiba ke battle yang sedari episode terakhir Blind Auditions sudah dipertontonkan cuplikannya. Banyak yang berkomentar bahwa ini adalah sekuel untuk battle Jesse vs Anthony tahun lalu. CeeLo beranggapan Amanda dan Trevin punya dinamikanya Mariah maka memberikan lagu ini. Semua sudah terpukau dengan kemampuan vokal Trevin, tapi belum sepenuhnya mengenal kebolehan Amanda. Nah, yang terjadi adalah, setiap yang dilakukan oleh Trevin, Amanda bisa melakukannya dua kali lebih baik. Seharusnya Amanda yang menang, tapi karena ada STEAL, kemenangan menjadi tidak begitu berarti. Amanda tetap bertarung di kompetisi ini. Battle ini mendapat durasi tayangan setengah jam!
Adam: I don’t care who he’d pick, whoever he didn’t pick I’m ready to STEAL.
Blake: I can’t think of anything negative.
Christina: Hands down! Best performance we had in the Battle Rounds so far.
CeeLo: Tonight you guys so evenly matched. It’s not easy at all. I wanna be a part of Trevin’s journey.
STEAL! STEAL! STEAL! Adam, Christina, dan Blake memperebutkan Amanda. Blake: I wanna win this thing. Christina: I’m compeletely blow away by your talent. Adam: You’re one of them (Mariah, Christina, Aretha). Amanda memilih Adam, karena ia berusaha untuk tidak bermain aman.

Battle Rounds season ini enggak kalah seru sama Blind Auditions. Terima kasih pada STEAL yang memungkinkan para pelatih untuk menyelamatkan artis yang tidak terpilih.

#TeamCeeLo: Cody Belew vs Domo – Telephone
Akan lebih masuk akan seandainya Domo dipasangkan dengan Chevonne. Mereka punya style yang sama. Tapi CeeLo justru memasangkan penari yang bisa bernyanyi, Domo dengan penyanyi yang bisa menari, Cody. Alasan pemilihan lagunya juga karena memungkinkan ditampilkan secara bernyanyi dan menari. CeeLo agak kecewa dengan Domo yang malah lebih memikirkan koreografi ketimbang vokal. Cody yang sempat ngobrol dengan CeeLo dan penasihatnya, Rob mengakui beberapa keuntungan Domo di penampilan ini. Yang terjadi di ring panggung adalah keseruan. Cody menang telak atas Domo, karena kita terbiasa melihat cewek melakukan hal ini, sementara jarang melihat cowok bisa melakukannya.
Blake: That was really cool thing.
Christina: Domo, I remember in the Blinds you had a great voice, but that when it came to the like speaking and what not I felt like an over abundance of confidence kind of coming from you, I thought you were gonna just overdo it on stage, and you didn’t.
Adam: That’s a really good point. Cause you came out here that’s kinda freak us out a little bit.
CeeLo: You guys make me laugh you guys make me smile. I’m gonna go with Cody.
Christina bilang kalau ini adalah masalah kesukaan pribadi dan mengaku kalau Domo bukanlah artis yang tepat untuk dia STEAL ke dalam timnya.

#TeamXtina: Aquille vs Nathalie Hernandez – You Give Me Something
Meskipun melihat Aquille dan Nathalie sangat berbeda, tapi keduanya sama dalam ranah kontemporer. Aquille seems like a nice man, and Nathalie is a kind of girl next door. Pasangan ini suer sangat charming. Christina sengaja memasangkan keduanya untuk memberi pandangan bagi artis-artinya bahwa dalam kenyataan artis sering dihadapkan pada kolaborasi di dunia yang berbeda. Christina memandu Nathalie untuk mengakhiri bagian lagunya, jika ia tak mau menggunakan vibrato, limpahi emosi ke dalamnya. Aquille lepas fokus saat sesi latihan dan jelas membuat Christina agak kurang senang. Dalam penampilan, pasangan charming ini tetap memukau. Hanya secara vokal, Aquille tampak welldone sementara Nathalie terdengar raw.
CeeLo: I loved it.
Adam: Aquille you’re ready, Nathalie you will be soon.
Blake: I wanna spend more time talking about Nathalie, though. Because, imagine being 15 y.o. and being on that stage, singing in a Battle Rounds against Aquille with cameras, and lights, and us four sitting here. It’s amazing. You’re so good already.
Christina: The winner is Aquille.

Dan karena begitu banyaknya cuplikan tayangan apa yang telah terjadi dan apa yang akan datang di sela-sela iklan, membuat dua battle terpaksa harus mendapatkan pemotongan habis-habisan.

#TeamXtina: Celica Westbrook vs Lisa Scinta – My Life Would Suck Without You
Christina: You stepped out to the challenge, both of you. But I do have to say the winner is Celica.
#TeamBlake: Charlie Rey vs Rudy Parris – Bad Day
Blake: Charlie, you’re still struggling with nerves, I think it beat yourself. I gotta give it to Rudy.

#TeamAdam: Caitlin Michele vs Melanie Martinez – Lights
Keunikan Caitlin membuatnya dipasangkan dengan melanie yang juga punya keunikan lain. Lagu yang unik dipilihkan oleh Adam untuk mereka bawakan. Mary J memberi bantuan alternatif eksekusi lagu supaya terdengar lebih baik. Di sesi latihan, Melanie seperti kehilangan arah sehingga mempengaruhi penampilannya. Adam tidak menyukai hal ini. Ia bilang bukan hanya Melanie yang punya hari yang sulit, tapi mereka semua mengalaminya. Sikap Adam yang memang agak keras pada artis-artisnya sudah ada sejak season 1. Dan sepertinya Melanie terlalu lembut untuk menahan teknik pengajaran Adam. Di ring panggung, mereka memukau. Sepertinya inspirasi penampilan ini Adam ambil dari battle Lindsey tahun lalu membawakan lagu Nirvana.
Blake: You guys don’t fit in any category. I mean each of you your own thing. And I can’t think of anybody else and any other genre that either one of you alike.
Christina: It was probably the prettiest and the most moving performance of whole day. It wasn’t overdone and you both were pretty consistent. There is no right or wrong.
CeeLo: It was a beautiful beautiful song. Enchanting.
Adam: Everything we talked about you guys did. Couldn’t impress me more. I’m so over the moon. My initial gut and the person moved me the most from the very beginning is Melanie.
Saatnya STEAL. Dan CeeLo dan Blake dan kehebohan memperebutkan Caitlin. Yay! Caitlin memilih untuk bergabung ke dalam #TeamCeeLo dan menolak Blake sebanyak 2 kali.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply