Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: The Killers
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: The Killers 

Band pengusung rock asal Las Vegas, Nevada ini, sudah menghasilkan empat album studio dan satu album kompilasi (non-the-best-of) serta satu EP, semenjak tahun 2004. Sepanjang delapan tahun usia karir mereka, mereka juga telah merilis sebanyak delapanbelas singles dan memproduksi sebanyak duapuluh lima video musik. Untuk memilih sepuluh yang terbaik diantaranya, telah dilakukan polling terhadap pembaca CreativeDisc dan terpilihnya sepuluh video berikut yang terangkun dalam Top 10 Music Videos: The Killers.

10. Somebody Told Me (Alb. Hot Fuss, 2004)

Disutradarai oleh Brett Simon, konsep video Somebody Told Me meniru secara persis MV milik New Order yang berjudul Crystal. Nilai sejarah mungkin menjadi alasan kenapa MV tersebut dikopi, mengingat di MV tersebut menampilkan sebuah band fiksi bernama The Killers yang kemudian menjadi inspirasi bagi Brandon Flowers dan teman-teman untuk membentuk band mereka. Oleh karenanya, tidak heran jika The Killers kemudian melalukan tribut dengan menampilkan konsep MV yang mirip.

09. Bones (Alb. Sam’s Town, 2006)

Bones adalah sebuah video musik yang istimewa karena menandakan debut sutradara kenamaan Amerika, Tim Burton, di skena musik video. Sebagaimana halnya ciri khas Tim Burton, maka Bones pun kental dengan nuansa gothik yang mewarnainya. Efek CGI pun mendominasi MV yang mengutip adega-adegan dari beberapa film terkenal seperti Lolita, Creature from the Black Lagoon, Jason and the Argonauts, From Here to Eternity dan 10. Mengingat judulnya adalah Bones, maka sosok kerangka yang hidup menjadi karakter utama dari MVnya. Model terkenal Devon Aoki menjadi talent untuk MV Bones.

08. Spaceman (Alb. Day & Age, 2008)

Spaceman adalah single kedua The Killer untuk album ketiga mereka, Day & Age. Dikerjakan oleh Ray Tintori, videonya memperlihatkan Brandon Flowers berjalan mengitari sebuah pesta yang tengah berlangsung dengan meriah. Uniknya, para peserta pesta tampaknya mahluk-mahluk non-manusia yang berpenampilan meriah ala karnaval. Mereka dengan serunya berdansa-dansi mengikuti musik yang mengalun. Para personel band lainnya tampak terlihat dalam pesta. Menjelang akhir, ada sebuah kejutan yang menanti.

07. Read My Mind (Alb. Sam’s Town, 2006)

Di shot di Tokyo, video musik untuk Read My Mind yang merupakan single untuk album kedua mereka, Sam’s Town, disutradarai oleh Diane Martel. Dalam salah satu wawancara, Brandon Flowers menyebutkan jika lagu Read My Mind ini merupakan salah satu lagu favorit The Killers. Secara narasi, MV tidak memiliki konsep yang linear. Hanya menampilkan The Killers dalam menghabiskan waktu dan bersenang-senang di Tokyo, mulai dari mengendarai sepeda, sepeda motor ceper, bermain game dan sebagainya. Adegan-adegan tersebut bertimpa dengan adegan yang menampilkan Flowers bernyanyi di tengah padatnya lalu lintas kota, yang kemungkinan besar adalah Shinjuku.

06. A Dustland Fairytale (Alb. Day & Age, 2008)

Disutradarai oleh Anthony Mandler, musik videonya memperlihatkan seorang pria tua yang bernama Jow white, merokok dan sebuah tato nomor 7 di jemariny. Video kemudian menjadi semacam kilasbalik saat seorang pria bernama Joey, yang memiliki tato yang sama, hendak berkelahi, yang tampaknya merupakan anggota kumpulan lawannya. Sebagai tambahan, seorang model perempuan juga tampil di dalam MVnya, yang berperan sebagai sosok yang cintai oleh Joey. Suasana yang dramatis menjadi titik tolak dari jakan cerita MV ini.

05. Human (Alb. Day & Age, 2008)

Video musik untuk Human dikerjakan oleh Danny Drysdake yang memperlihatkan The Killers tampil di Taman Negara Goblin Valley, Utah. Potret para personel, yang digambar oleh Paul Nomansell, diperlihatkan di videonya yang mana masing-masing mereka memegang potret tersebut untuk menutupi wajah mereka. Kesan natural diperlihatkan dengan tampilnya beberapa binatang di dalam videonya. Perpaduan antara penampilan mereka dan footage binatang tadi menjalin menjadi kekuatan visual yang kuat.

04. All These Things That I’ve Done (Alb. Hot Fuss, 2004)

All These Things That I’ve Done merupakan single ketiga dari album debut The Killers, Hot Fuss. Sebenarnya video ini memiliki dua versi video, yaitu versi Inggris dan Amerika. Namun kali ini kita membahas versi Amerika yang disutradarai oleh fotografer asal Belanda, yang sekarang juga terkenal sebagai sutradara film, Anton Corbijn. Disuting di Las Vegas, video ini terlihat begitu surreal dan dream-like, dimana The Killers yang berpakaian ala koboy diserang oleh sekumpulan prajurit wanita yang bersenjatakan bumerang. Struktur narasinya pun tidak linear, sehingga mungkin akan terlihat membingungkan, namum dengan sentuhan artistik ala Corbijn, video ini menjadi begitu menarik untuk disimak.

03. Mr. Brightside (Alb. Hot Fuss, 2004)

Mr. Brightside adalah single pertama untuk album debut The Killers, Hot Fuss. MV untuk single ini pun hadir dalam dua versi, Inggris dan Amerika. Keduanya sama menariknya, namun yang kita bahas adalah versi Amerika yang seru. Disutradarai oleh sutradara video musik kenamaan, Sophie Muller, Mr. Brightside mengadopsi kondep film musikal populer, Moulin Rouge!, yang diperankan oleh Nicole Kidman. Suasana pertunjukan burlesque yang meriah begitu mewarnai MV Mr. Brightside ini. Izabella Miko dan Eric Roberts didapuk sebagai lawan main Brandon Flowers dalam sebuah kisah tentang cinta segitiga.

02. Runaway (Alb. Battle Born, 2012)

Kampung halaman The Killers, Las Vegas, lagi-lagi menjadi bagian dari latar bagi musik video mereka, termasuk yang Runaway yang merupakan salah satu single untuk album baru mereka, Battle Born. Konsepnya sebenarnya sederhana saja, namun sutradara videonya, Warren Fu, dengan cukup terampil menampilkan penampilan The Killers dengan latar belakang yang berbeda-beda saat The Killers tampil menawakan lagunya. Tentu saja, seperti disebutkan sebelumnnya, Las Vegas menjadi bagian dari latar belakangnya.

01. When You Were Young (Alb. Sam’s Town, 2006)

Dengan jumlah view sebanyak 19 juta di situs video YouTube, mungkin When You Were Young adalah video milik The Killers yang paling populer. Berseting di Mexico, visual dari MV yang disutradarai oleh Anthony Mandler ini terinspirasi dari film-film Meksiko yang berjudul Japón? dan Batalla en el Cieloyang keduanya disutradarai oleh Carlos Reygadas. Tidak heran jika MV When You Were Young terlihat begitu filmis sekali dengan alur yang memikat, meski terkesan gelap. Namun, jika kita cermati, MV ini memang sangat menarik untuk disimak.

Related posts

Leave a Reply