Music Newz Bites - 21 Dec

Oleh: aihasibuan - 21 Dec 2012

Nasib sial menimpa Ke$ha. Lagunya yang berjudul 'Die Young' ditarik dari radio terkait dengan kejadian di Sandy Hook Elementary School di Newtown, Connecticut. Sebanyak 20 anak dan 6 orang dewasa tewas ditembak di SD tersebut pada Jumat 14 Desember lalu, sehingga lagu Ke$ha yang judulnya berarti "mati muda" dianggap tidak pantas untuk diputar. Direktur program stasiun radio WDAQ Danbury, Connecticut, Rich Minor memberi pernyataan mengenai penarikan lagu Ke$ha dari radio mereka. "We've been playing it before Friday but not since and I think we're now done with it. Even though it's a fun pop/dance record about seizing the moment, all people are going to hear right now [are] those two words in the title." Respon Ke$ha adalah tweet berikut: "I did NOT want to sing those lyrics and I was FORCED TO" yang kemudian dijabarkan panjang lebar lewat situs resminya mengenai bahasa "dipaksa". "After such a tragic event I was feeling a lot of emotion and sadness when I said I was forced to sing some of the lyrics to Die Young. Forced is not the right word. I did have some concerns about the phrase 'die young' in the chorus when we were writing the lyrics especially because so many of my fans are young and that's one reason why I wrote so many versions of this song. But the point of the song is the importance of living every day to the fullest and staying young at heart, and these are things I truly believe."

Masalah lain adalah Fat Joe yang dinyatakan bersalah atas tuduhan menghindari pajak. Ia tidak membayarkan pajak atas penghasilan yang ia terima di tahun 2007 dan 2008 yang jumlahnya lebih dari USD 2 juta. Rapper yang bermana asli Joseph Cartagena ini menghadiri pengadilannya di New Jersey karena sejumlah perusahaan tempatnya memperoleh penghasilan terkumpul disana. Rapper yang berusia 42 tahun ini menghadapi hukuman 2 tahun penjara.

Dalam ajang Billboard Japan Music Awards yang ditayangkan oleh jaringan televisi Tokyo pada 15 Desember lalu, Carly Rae Jepsen pulang dengan senyum lebar. Ia berhasil mengantongi dua buah trofi, salah satunya untuk kategori Hot Top Airplay untuk lagu 'Good Time', kolaborasinya dengan Owl City. Selain Carly, artis internasional lain yang menjadi pemenang disana adalah Norah Jonez. Ia menang di kategori Jazz Artist of the Year dan Adult Contemporary Airplay untuk single 'Happy Pills'. Billboard Japan Music Awards memiliki lebih dari 100 nominasi dengan keputusan pemenang berdasarkan popular vote dan chart points. Pemenang besar tahun ini adalah AKB48 yang memenangkan empat penghargaan: Artist of the Year, Top Pop Artist, Hot 100 of the Year, dan Hot 100 Single Sales of the Year, kedua terkahir untuk 'Manatsu no Sounds Good!'.

Entertainer of the Year versi The Associated Press? Adele! Sebanyak 132 suara terkumpul oleh anggota dan pelanngan AP dan mengukuhkan Adele sebagai juara. Ia mengalahkan Taylor Swift, EL James, PSY, dan bintang Twilight dalam perolehan suara. Para nominasi ditentukan dari nama-nama yang berpengaruh dalam dunia hiburan dan budaya sepanjang tahun. David Panian, editor berita untuk Daily Telegram Michigan menulis "It just seemed like you couldn't turn on the radio without hearing one of her songs." So true!

Selamat kepada Cassadee Pope yang berhasil keluar sebagai juara di ajang The Voice US Season 3. Cassadee adalah mantan vokalis band Hey Monday yang memutuskan untuk keluar dari band untuk mengejar karir sebagai artis solo. Setelah menang, Cassadee pun memperoleh kontrak rekaman dengan Universal Republic. Apa visinya untuk albumnya nanti? "If you were to take Taylor Swift, make it edgier with a just a little hint of country and make the lyrics a little more mature, that would be the direction I'd like to take," terang Cassadee.

Selamat juga kepada Tate Stevens yang berhasil menjuarai The X Factor USA Season 2. Ia berhasil menyingkirkan Fifth Harmony dan Carly Rose Sonenclar dari gelar tersebut. "First and foremost, I got to thank the man upstairs for taking care of me, my family, all the country music fans, God bless you and thank you so very much for all the votes. This is the best day of my life," ucap Tate. Tate dimentori oleh L.A. Reid, dimana musim adalah penampilan terakhir L.A. di acara tersebut. Tate juga memenangkan USD 5 juta dalam bentuk kontrak rekaman. Selamat.

Yang sudah lebih dahulu menjuarai kompetisinya adalah James Arthur. Ia berhasil keluar sebagai juara di The X Factor UK. Pria yang berusia 24 tahun ini pun langsung merilis single kemenangannya, 'Impossible' yang kini menjadi juara di single chart UK. Hasil penjualan single ini disumbangkan ke yayasan amal Together For Short Lives. James dimentori oleh Nicole Scherzinger di kategori Boys, saingannya dari peraihan gelar juara adalah Jahmene Douglas yang juga berasal dari kategori yang sama.

Taylor Swift tak mau meninggalkan tahktanya. Ia mempertahankan gelar juara Billboard 200 Albums sekali lagi dengan album "Red" yang sepekan terakhir terjual sebanyak 208.000 kopi sehingga menggagalkan Bruno Mars dengan album "Unorthodox Jukebox" merebut tempat teratas tersebut. Album kedua Bruno ini terjual sebanyak 192.000 kopi. Siapa lagi penghuni jajaran 10 besar? Berikut Top 10 Billboard 200 Albums:

1. Red oleh Taylor Swift

2. Unorthodox Jukebox oleh Bruno Mars

3. Christmas oleh Michael Buble

4. Take Me Home oleh One Direction

5. Merry Christmas, Baby oleh Rod Stewart

6. Jesus Piece oleh Game

7. The World From the Side of the Moon oleh Phillip Phillips

8. Cheers, It's Christmas oleh Blake Shelton

9. Girl On Fire oleh Alicia Keys

10. On The Winter's Night oleh Lady Antebellum

(Ai Hasibuan/CreativeDisc Contributors)

aihasibuan
More from Creative Disc