Trending News

Blog Post

Grammy Top 10 Love Song of the Year
Top 10 Lists

Grammy Top 10 Love Song of the Year 

Sejak Grammy diselenggarakan menjelang akhir dekade 50-an, salah satu kategori utamanya adalah Song of the Year. Kategori ini dianugerahkan kepada lagu berkualitas yang dinilai dari lirik dan melodinya. Sehingga mereka yang memenangkan piala adalah yang menciptakan lagunya, bukan yang membawakannya. Dan di Februari ini, Creative Disc dengan segenap jiwa raga mengumpulkan terbaik dari yang terbaik dalam urusan cinta dan merangkingnya ke dalam Top 10 Grammy Love Song of The Year.

10. Every Breath You Take (1984)
Pencipta lagu: Sting
Penyanyi: The Police

Lihat bagaimana cinta yang tak berhasil berdampak pada hidup seseorang. Rasa hampa bermutasi menjadi sebuah iba. Obsesi ingin memiliki tak tercapai hingga hanya bisa mengabdikan diri pada seorang dirinya. “Every breath you take, every move you make, every bond you break, every step you take, I’ll be watching you”. This is supposed to be a list full of love, not broken heart. Tapi bagaimana obsesi yang menjelma sebagai dedikasi diri adalah sebongkah bentuk cinta yang sangat sayang untuk tak dilibatkan.

9. Wind Beneath My Wings (1990)
Pencipta lagu: Larry Henley dan Jeff Silbar
Penyanyi: Bette Midler

Berdua rasanya lebih baik. Itulah pondasi awal dari ide lirik lagu ini. Pengembangannya yang luar biasa hiperbola, menjadikan lirik dalam bagian reff-nya punya sensai yang luar biasa! “I can fly higher than an eagle, ’cause you are the wind beneath my wings”. Untuk mereka yang kasmaran, lagu ini sangat mencerminkan perasaan. Tapi bagi yang sedang menikmati kesendirian, penggambarannya memang terkesan berlebihan.

8. Bridge Over Troubled Water (1971)
Pencipta lagu: Paul Simon
Penyanyi: Simon & Garfunkel

Lagu ini bisa dibawa ke tema yang lebih luas dari sekedar cinta milik sepasang manusia, karena liriknya yang dapat diaplikasikan ke sahabat maupun keluarga. Namun ketika menyoroti bagian “When friends just can’t be found”, makna kecintaan seseorang terhadap pasangannya muncul dan mempersempit ide tadi. Siapa saja bisa klepek-klepek ketika seseorang yang punya niatan baik mengungkapkan hal setulus lagu ini.

7. A Whole New World (1994)
Pencipta lagu: Alan Menken dan Tim Rice
Penyanyi: Peabo Bryson dan Regina Belle

Ketika cinta berlanjut ke ikatan suci pernikahan, rasanya tak lain dan tak bukan adalah seperti memiliki dunia baru. Kesendirian adalah masa lalu, kebersamaan adalah masa kini dan mendatang. Indahnya cinta pun berasa magis. Terkait dengan film yang menjadikan lagu ini sebagai lagu temanya, mengarungi hidup penuh keajaiban. “I can open your eyes, take you wonder by wonder, over, sideways and under, on a magic carpet ride”.

6. Always On My Mind (1983)
Pencipta lagu: Johnny Christopher, Mark James, dan Wayne Carson
Penyanyi: Willie Nelson

Ungkapan yang terpampang jelas dalam lagu ini merupakan rasa bersalah atas kurangnya bukti nyata dari ucapan cinta. Tapi kemudian berakhir romantis saat kenyataan terkuak, bahwa kaulah yang selalu aku pikirkan. Dan setelah memunculkan fakta, janji untuk bahagia pun mengiringinya. “Give me one more chance to keep you satisfied”.

5. Unforgettable (1992)
Pencipta lagu: Irving Gordon
Penyanyi: Natalie Cole dengan Nat King Cole

Salah satu lagu cinta terbaik dunia, sepanjang masa. Meskipun lagu ini dinyanyikan oleh duet ayah anak, tapi sedikitpun tidak mengurangi romantisme yang dikandungnya. Setiap lirik mengukir indah perasaan cinta. Mengangkat cinta pada titik maksimalnya.

4. Just The Way You Are (1979)
Pencipta lagu: Billy Joel
Penyanyi: Billy Joel

Jauh sebelum Bruno Mars bisa mencitai seseorang apa adanya, Billy Joel adalah orang yang bukan main pekanya terhadap perasaan wanita dengan mengungkapkan bahwa alasan mencinta adalah dia apa adanya. Tak usah mengubah gaya, tak perlu banyak berubah, karena yang ku cinta adalah kau apa adanya.

3. You Light Up My Life (1978)
Pencipta lagu: Joe Brooks
Penyanyi: Debby Boone

Orang yang dicintai bisa kita jadikan pahlawan dalam hidup. Lihat, saat keputusasaan melanda, datang seseorang yang menjadikan hidup lebih hidup. Menghadirkan kembali harapan untuk mencinta, membuka pintu menuju bahagia. Menunggu untuk yang terbaik, bersabar berbuah yang terbaik. “You light up my life, you give me hope to carry on”.

2. The First Time Ever I Saw Your Face (1973)
Pencipta lagu: Ewan MacColl
Penyanyi: Roberta Flack

Halal kog hukumnya untuk mengiaskan apapun sebagai perwakilan rasa berbunga-bunga saat punya yang namanya cinta. Banyak hal yang terjadi pada diri sendiri saat menatap dia yang dikasihi. Ewan MacColl membantu kita menerjemahkan segala anomali yang terjadi pada diri ketika berada di hadapan the loving one tadi. Saat kita menguasai konsepnya, maka kita tau bahwa kita sedang dilanda cinta.

1. My Heart Will Go On (1999)
Pencipta lagu: James Horner dan Will Jennings
Penyanyi: Celine Dion

Tampaknya dari segala hal seputaran cinta yang dideskripsi maupun dinarasikan dalam sembilan lagu di atas terangkum apik dalam satu lagu ini. Lebaynya ada: “Every night in my dreams, I see you, I feel you”. Dampak cintanya juga jelas: “Love can touch us one time and last for a lifetime”. Kekuatan cinta juga membuat pemiliknya punya optimisme untuk sebuah akhir yang bahagia. “We’ll stay forever this way, you are safe in my heart and my heart will go on and on.”

Semoga 10 lagu cinta pilihan kita bisa membuat Valentine’s Day tahun 2013 ini lebih spesial dari biasa. Saatnya memasukkan galau ke dalam tong sampah dan memulai hari baru dengan semangat pantang menyerah. Hingga akhirnya cinta akan bersarang di hati setiap kita.

Happy Valentine’s Day!

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply