Trending News

Blog Post

American Idol 12 Top 9 – Lennon-McCartney (The Beatles)
American Idol

American Idol 12 Top 9 – Lennon-McCartney (The Beatles) 

Minggu ini Top 9 American Idol tampil dengan lagu Lennon-McCartney/The Beatles. Tema ini pernah juga muncul di Season 7 dan Season 9. Di season 7 I can remember Brooke White’s Let It Be & Michael John’s Across the Universe sebagai dua standout di tema itu, sementara di season 9 Hey Jude versi Lee DeWyze & Come Together versi Crystal Bowersox adalah dua yang terbaik. Di season 12 ini siapa yang akan jadi the standout(s)?

Promotional Carly Rae Jepsen penuh logo produk kantor ini agak mengingatkan sama kerjaan. Tahun ini, Carly Rae Jepsen akan bikin lagu khusus bareng Coca Cola khusus untuk American Idol program Perfect Harmony, dimana nanti dia akan tampil tanggal 15 Mei. Sebelum dimulai, ada pengumuman best-runner up semifinalist yang akan ikut tur Idol, dan pemenangnya adalah Aubrey Cleland. Seadainya ini Top 12, I think she’ll do good in this voting round. Alright, off to the show, yang tampil pertama adalah Kree (menurut saya Kree adalah peraih voting terbanyak minggu lalu)

1. Kree Harrison – With A Little Help From My Friends
Nicki memberikan sebutan ‘Kreedom’ untuk teknik bernyanyi Kree dan menyebutnya total package. Keith memujinya karena Kree adalah all the cool things about country dan Mariah & Randy juga turut memuji vokal Kree. Sepertinya malam ini julukan ‘The Bomb’ keluar dari mulut Randy pertama kali di season 12.
Saya setuju dengan Jimmy, ini adalah big night for Kree. Look at her now, she looks like a star. Oke dari saya ‘star moment’ Kree baru sampai di penampilan in terms of styling, tapi saya belum menemukan ‘star moment’ secara penampilan bernyanyi. Iya suara dia bagus, teknik-nya keren, range vokalnya luas, effortlessly good, always on-key, tapi entahlah, belum terlalu ‘berkilau’. And she must learn how to work the camera.

2. Burnell Taylor – Let It Be
Nicki memuji Burnell yang tetap keeping his artistry, begitu pula dengan Randy yang memuji Burnell karena berhasil membawakan lagu ini walaupun tidak mengetahui lagunya. Sementara menurut Mariah, performance Burnell genuine dan konsisten. Keith menyukai Burnell dan menyebutkan vokal Burnell salah satu yang paling bisa dikenali.
First of all, Burnell, really?? you don’t know Let It Be? ugh. Saya suka suara Burnell dan dia menyanyi apapun selalu otentik dengan ciri khas dia. I like the beginning of the song, tapi begitu penyanyi latar mulai keluar, musiknya mulai membahana, i don’t really like it. Menurut saya harusnya Burnell tampil dengan slow down, basic acoustic version saja, untuk highlighting his great voice.

3. Amber Holcomb – She’s Leaving Home
Ternyata lagu ini adalah lagu The Beatles favorit Keith Urban, dan menurutnya, Amber berhasil membuat lagu ini ‘masa kini’. Randy dan Mariah setuju Amber menyanyikan lagu ini untuk ukuran Amber yang baru mempelajari lagu ini. Hanya Nicki yang merasa lagu ini tidak cocok untuk Amber.
Menurut Jimmy, this is supposed to be a winning performance dari Amber. But it’s not. Saat rekaman studio ada last note yang dinyanyikan Amber dengan meliuk-liuk, itu bangus banget, tapi kok tidak muncul di stage performance-nya? Lagi masalah saya dengan Amber adalah she sings good, tapi tidak berasa ‘feel’-nya.

4. Lazaro Arbos – In My Life
Menurut Keith kesalahan Lazaro adalah salah memilih ‘key’, Nicki menyebutkan kalau Lazaro tidak terlihat percaya diri, Randy tidak menyukai performance Lazaro kali ini, calling it his worst, dan Mariah memuji keberanian Lazaro mengambil risiko di lagu ini.
Ugh, what’s with the dramatic diva meltdown? Cara yang baik sih untuk mendapatkan sympathy vote. Bahkan dari sesi rekaman di studio dengan Jimmy aja udah terdengar ga enak dan udah sok drama. Di performance-nya sendiri, dari awal sudah tidak enak didengarkan, kuncinya kerendahan, lama kelamaan vokalnya mulai melemah, it’s boring, and yet he won’t be leaving soon, I think. Ugh.

5. Candice Glover – Come Together
Menurut Mariah, Candice adalah prize fighter dan menyarankan Candice untuk terus melakukan vocal acrobat. Randy memuji penampilan playful, up-tempo dan vokalnya luar biasa. Nicki menyarankan Candice agar ekspresi wajahnya saat bernyanyi konsisten sesuai dengan suaranya. Keith menyukai ‘rock edge’ Candice malam ini.
Hell yeah, Mimi, I agree, Candice should never stop doing her vocal acrobat. Hingga saat ini hanya Candice yang paling saya tunggu penampilannya setiap show, because I know she’ll do a lot of runs, hal yang sangat saya rindukan karena jarang ditemukan di tiga season terakhir American Idol. Saya lebih suka kalau musiknya tidak terlalu kencang, sometimes it overpowers Candice’s voice, apa ini cuma pendengaran saya saja ya?

6. Paul Jolley – Eleanor Rigby
Nicki hanya menyukai outfit Paul, tapi tidak dengan performance-nya, terlalu aman dan forgettable. Randy dan Mariah merasa Paul bermasalah dalam menemukan koneksi dengan lagunya namun Paul bagus saat mulai belting his vocal. Keith menyukai pop-rock edge di vokal Paul, dan sama seperti Mariah, he doesn’t ge the country thing either.
Listen Paul, if you’re gonna say you wanna be the male Carrie Underwood (atau bahkan Taylor Swift), back it up with great performances. And you haven’t do that. Suara oke, tapi sama seperti minggu lalu, menurut saya Paul melakukan dosa terbesar dalam dunia entertainment, being plain and boring.

7. Angela Miller – Yesterday
Mariah memuji Angie karena menunjukkan kualitas vokalnya dengan prima, begitu pula dengan Randy yang memuji Angie, menyamakannya dengan Hayley dari Paramore. Menurut Keith terkadang dia merasa Angie terlalu memikirkan performance-nya. Unbelievably amazing, menurut Nicki Minaj.
Entah kenapa Angie tidak mendengarkan petuah Jimmy untuk tidak over-sing it. Secara vokal oke, oke banget malahan, tapi dengan teknik bernyanyi yang berlebihan ini ‘bukan Angie’. sama seperti minggu lalu ini terlalu old-school untuk Angie, she’s our contemporary girl, very current, tidak harus desperate membuktikan kalau dia juga bisa mencapai nada-nada tinggi. She can do that, of course, tapi tidak dengan Yesterday. Lagu ini sudah terlalu melekat ‘intimate’ moment-nya, kalau dibawakan dengan berlebihan jadi berkurang bagusnya. Despite all that, I think her high school friends might predict right, she’s the next American Idol.

8. Devin Velez – The Long And Winding Road
Mariah speechless dan berharap Devin lolos minggu ini. Keith merasa Devin tidak connect dengan lagunya karena terkadang dia terlalu laid-back, namun Nicki tidak setuju karena menurutnya Devin sudah emotionally committed. Lagi-lagi Nicki iseng berkomentar yang disensor. Randy menyukai R&B flavor di vokal Devin, namun merasa beberapa vocal runs tidak perlu dilakukan di lagu ini.
This is my favorite song from The Beatles. Berbeda dengan Randy, menurut saya tidak ada yang berlebihan di lagu ini, pas, he sings the song really great. Nampaknya Devin terlalu terjebak di old school pop. Sooner or later, that will be a problem, irrelevant dan cepat membosankan.

9. Janelle Arthur – I Will
Nicki kembali terobsesi dengan Janelle karena performance kali ini. Menurut Randy penampilan ini adalah salah satu yang terbaik di episode ini. ‘Pure and True’ begitu komentar Keith dan Mariah commanding Janelle karena mendengarkan opini dan nasihat juri dan Jimmy, menghasilkan perofrmance yang beautiful and elegant.
Tidak perlu menyebutkan ‘I wanna sing country’ because she’s honest and true country (listen to that, Paul!). Tidak perlu ikut-ikutan mempertontonkan vocal acrobat, keeping it subtle can be powerful too (listen to that, Angie!). Janelle gave a great performance, dia tahu dia bukan seperti 4 penyanyi cewek lain yang mudah meniti nada tinggi, but she sings correctly. Classic pop going classic country dengan contemporary feel. Janelle punya attitude yang baik, terbuka akan saran, pembelajaran, dan kritik (listen to that, Lazaro!). Kree juga bisa belajar dari Janelle on how to work the camera.

Overall, it’s the girls’ night, lebih baik dibanding show perdana minggu lalu, tapi pilihan lagunya masih ‘itu-itu’ aja lagi (kecuali Amber). I would’ve like it kalau ada lagu semacam A Hard Day’s Night (mungkin Devin bisa menyanyikan lagu ini, giving him mid tempo challenge biar tidak membosankan), Eight Days A Week, Free As A Bird, I Saw Her Standing There, It Won’t Be Long, Something, Strawberry Fields Forever, atau Ticket To Ride. The next shows, sebaiknya produser memilih tema yang lebih modern agar kontestan tertantang untuk tampil di luar comfort zone mereka. Ranking dari saya malam ini:

1. Candice
2. Janelle
3. Kree
4. Angie
5. Devin
6. Burnell
7. Amber
8. Paul
9. Lazaro

Siapa favorit kamu di Top 9 show kali ini?

(Rio Ichsan)

Result Show:
4 finalis cowok membawakan “Got To Get You Into My Life.” dan 5 finalis cewek membawakan lagu “Here There and Everywhere”.
Bintang tamu malam ini adalah Casey Abrams (American Idol 10) membawakan lagu “I Saw Her Standing There” dan juga Jessica Sanchez featuring Ne-Yo “Tonight”.

Lolos ke babak selanjutnya:
Lazaro Arbos
Kree Harrison
Candice Glover
Angie Miller
Janelle Arthur
Burnell Taylor
Devin Velez
Amber Holcomb

Bottom 3
Paul Jolley (tereliminasi)
Devin Velez
Amber Holcomb


Related posts

Leave a Reply