Trending News

Blog Post

American Idol 12 Top 5 – Year They Were Born & Divas
American Idol

American Idol 12 Top 5 – Year They Were Born & Divas 

First of all, let me just say, I can’t move on dari penampilan Candice – Love Song minggu lalu. Perfection! Akhirnya, kompetisi baru benar-benar dimulai karena all-female top 5 di season ini. Minggu ini temanya adalah lagu di tahun kelahiran mereka dan lagu divas. Satu hal yang saya syukuri adalah tidak ada lagi penampilan duet yang maksa di performance night. Sekarang mari menyimak siapa yang akan lebih cemerlang di Top 5 ini. Tema pertama adalah the year they were born.


1. Candice Glover – Straight Up (Paula Abdul)

Keith memuji kontrol vokal Candice yang effortless. Nicki dan Randy menyukai aransemen lagunya dan juga vokal Candice. Mariah menyebut pilihan lagu Candice unpredictable sekaligus jenius. Jimmy Iovine tidak setuju dengan juri, karena menurutnya Candice seharusnya memilih lagu yang lebih menantang dengan range yang lebih luas.

Dulu Andrew Garcia pernah nyanyi akustik lagu ini di Hollywood week season 9 kan? Dan versi Candice ini ibaratnya akustikan Andrew ‘diperkaya’. Kalau sudah pernah dengar akutik tersebut, jadi tidak terlalu bikin kagum, tapi karena vokal Candice, lagu ini jadi lebih spesial, but not her best.


2. Janelle Arthur – When I Call Your Name (Vince Gill)

Nicki lebih menyukai Janelle bernyanyi dengan gitarnya dan vokalnya terdengar angelic, sementara Randy menyukai Janelle yang bernyanyi lebih baik di elemennya, country. Mariah menyuruh Janelle agar tetap percaya diri. Keith di lain pihak tidak merasa emosi lagu ini tersampaikan oleh Janelle, dan Jimmy pun setuju dengan Keith.

Janelle terus saja mau mencoba vocal runs, which clearly she won’t be able to match the other four. Saya belum pernah dengar lagu ini, tapi kalau didengar liriknya, kayaknya lagu ini lebih baik dinyanyikan seperi waktu Janelle nyanyi You Keep Me Hangin’ di Motor City/Motown week.


3. Kree Harrison – She Talks To Angels (The Black Crowes)

Natural blues soul yang ada di suara Kree adalah yang paling disukai Randy, Mariah menyebutnya organic dan menyarankan Kree untuk terus memperlihatkan emosi lagunya, hal ini juga disetujui Keith dan highlighting vokal Kree. Nicki menyebut penampilan Kree sempurna tidak ada yang perlu dikritik walaupun Kree terlihat awakward di performance-nya. Menurut Jimmy lagu ini tidak cukup kuat untuk vokal Kree, sama seperti pilihan lagu Candice.

Secara vokal, memang Kree oke, tapi menurut saya seringnya Kree ‘membatasi’ vokalnya, tidak dikeluarkan semua energi dan improvisasi yang dia bisa. Masalah utama Kree adalah star power-nya tidak keluar. Lagu ini dibawain lempeng aja, tidak berasa feel lagunya. Apalagi stage performance-nya, seperti tidak niat ‘tampil’.


4. Angie Miller – I’ll Stand By You (The Pretenders)

Menurut Mariah, Angie memilih lagu yang eklektik dan pas dengan tribute terhadap tragedi bom di Boston. Keith menyukai tone suara Angie dan tidak sabar menantikan tur Angie. Nicki dan Randy setuju dengan Mariah terkait tribute terhadap tragedi Boston. Menurut Jimmy penampilan Angie kali ini lebih kuat dibanding tiga peserta sebelumnya.

Pia Toscano murdered this song on Idol stage, menurut saya ga ada alasan kontestan lain membangkitkan lagi lagu ini. Saya tidak terlalu suka dengan aransemen versi Angie, hilang rasa ‘klasik’-nya.


5. Amber Holcomb – Without You (Mariah Carey)

‘Amber Alert’ menurut Keith, dan menyukai vokalnya serta memuji perkembangan teknik bernyanyi Amber. Nicki mengkritik lower notes Amber yang tidak sekuat versi Mariah begitu juga dengan nada tingginya. Randy menyebut penampilan ini tidak sempurna namun memuji keberanian Amber menyanyikan lagu ini. Mariah memuji pilihan lagu Amber dan menyukai beberapa imporvisasi Amber di lagu itu. Jimmy menyebut Amber terbaik kedua di ronde satu ini dan setuju dengan Nicki.

A+ for effort, namun menurut saya eksekusi Amber kali ini hit and miss. Emosinya sudah berasa, dia semakin berkembang tekniknya. Tapi kali ini nada rendah-nya cenderung tertelan dan tidak ada sesuatu yang ‘wah’ sampai deserve standing ovation.

Round 1 tidak menarik sama sekali, pujian juri berlebihan, terutama Randy & Mariah, dan tidak ada performance yang membuat saya lebih bersemangat nontonnya. Ranking round 1 dari saya adalah:

1. Candice
2. Amber
3. Kree
4. Angie
5. Janelle

Tema round 2 adalah ‘Divas’, who will belt it like a true diva?


1. Candice Glover – When You Believe (Mariah Carey & Whitney Houston)

Candice berhasil paying tribute to the divas menurut Nicki dan terasa emosinya. Randy menyebutnya penampilan vokal terbaik kali ini. Mariah terharu dan Keith juga menyukai penampilan Candice.

Mungkin karena saya membandingkan dengan Love Song, sehingga performance Candice kali ini menurut saya malah kurang emosinya, ya seperti perempuan bersuara bagus bisa nyanyi dan belting tapi tidak ada feel ‘inspiration’-nya dan paling penting tidak ada feel diva-nya.


2. Janelle Arthur – Dumb Blonde (Dolly Parton)

Menurut Randy pilihan lagu Janelle kali ini lebih fun, namun cenderung menunjukkan ‘performance’ dibanding vokalnya. Mariah menyebut Janelle connected ke dalam lagunya dan menyarankan Janelle lebih menunjukkan vokalnya. Keith juga tidak menyukai pilihan lagu Janelle. Nicki berpikir Janelle terancam tereliminasi minggu ini.

Saya belum pernah mendengar lagu ini, tapi dilihat dari judulnya dan penyanyi aslinya, lagu ini semestinya lebih sassy, bukan cuma di performance tapi juga di vokal. Sayangnya Janelle nanggung sassy performance-nya dan vokalnya cenderung datar, cuma dihias-hiasi improvisasi nada tinggi, tapi ga ada ‘attitude’ dalam suaranya.


3. Kree Harrison – Have You Ever Been In Love (Celine Dion)

Mariah menyebut Kree terlihat divalicious dan pilihan lagu yang tepat, dia pun memuji versatility Kree dalam genre musik. Keith memuji kontrol Kree di lagu ini dan style-nya yang elegant namun humble. Nicki menyebut Kree tidak ‘country’ namun iconic dan worldly, setara dengan para divas. Randy setuju dengan juri lain, highlighting kemampuan Kree menyanyikan banyak genre.

Menurut saya ini pilihan lagu yang pas untuk Kree, segar gitu rasanya akhirnya Kree mencoba lagu pure pop and she’s doing awesome. Dia harusnya jadi kayak Kelly Clarkson, mengambil genre pop sedikit soul dan rock, tapi terkadang main juga di country. Kembali lagi buat saya, Kree belum punya aura bintang.


4. Angie Miller – Halo (Beyonce)

“Definitely Top 3” menurut Keith. Nicki memuji Angie menyanyikan lagu layaknya seorang ‘Queen’. “in it to win it”, singkat dari Randy, sementara Mariah menyukai clarity di suara Angie dan memuji keberanian Angie menyanyikan lagu Beyonce.

Awalnya saya tidak suka dengan performance Angie kali ini, hingga di paruh ke dua lagu saat Angie sudah mulai mendaki nada tingginya and doing her vocal run, lumayan oke-lah. Tapi menurut saya siapapun yang mengkomposisi/aransemen ulang lagu untuk Angie, kelihatan banget usahanya biar terdengar ‘current’, namun lagu seperti Halo atau I’ll Stand By You menurut saya harus tetap dinyanyikan klasik, as it is. Just my preference, though.


5. Amber Holcomb – What Are You Doing The Rest Of Your Life (Barbra Streisand)

Nicki berharap Amerika mendengar Amber, menyebut vokalnya sempurna dan mengingatkan pada Whitney Houston muda. Randy menyebut pilihan lagu Amber yang paling sulit sepanjang season ini, menyebut Amber seperti Rihanna muda dengan big voice dan modern. Mariah menyebut Amber potentially a massive star. Keith setuju dengan juri lainnya menyebut penampilan Amber elegan dan sempurna.

Finally, this is Amber’s finest. Menurut saya kali ini Amber pas banget. Great vocal, great musical arrangement, superb styling, dan yang paling penting, dia sudah terlihat seperti superstar (in the making). Kelihatan banget produser, juri dan Jimmy semua mengharapkan Amber yang akan menang, dari pujian bertubi-tubi sepanjang season ini.

Tidak ada classic diva belting moments kali ini, tidak ada yang ‘nyanyi niat’ menurut saya dan pilihan lagunya kurang greget. Gue akan lebih suka kalau ada yang nyanyi disco divas, seperti Cyndi Lauper, Kylie Minogue, atau Cher. Ranking untuk round 2 ini adalah

1. Amber
2. Angie
3. Candice
4. Kree
5. Janelle

Bagaimana menurut kalian dengan performance all-female top 5 kali ini?

(Rio Ichsan)

RESULT SHOW
Bintang tamu malam ini adalah Fantasia “Lose To Win” dan Clay Aiken “Bridge Over Troubled Water”. Juga ada Paula Abdul yang datang juga.

SAFE: Candice Glover, Angie Miller, Amber Holcomb
Bottom 2: Kree Harrison, Janelle Arthur

Dan yang pulang malam ini adalah Janelle Arthur, para juri tidak menggunakan hak “SAVE” mereka.


Related posts

Leave a Reply