Trending News

Blog Post

Top 10 Music Videos: OneRepublic
Top 10 Lists

Top 10 Music Videos: OneRepublic 

Berdiri di tahun 2002, OneRepublic adalah band rock asal Colorado, Amerika yang digawangi oleh duo Ryan Tedder dan Zach Filkins. Setelah bergabung dengan Mosley Music Group milik Timbaland, di tahun 2006, band yang kini juga dianggotai oleh Drew Brown, Eddie Fisher dan Brent Kutzle, telah menghasilkan tiga buah album, yaitu, Dreaming Out Loud (2007), Waking Up (2009) dan Native (2013), serta 3 buah EP.

Sampai saat ini mereka juga telah merilis 12 belas singles dan memiliki 11 buah video musik. Setelah dilakukan jejak pendapat melalui Twitter dan Facebook kepada pembaca Creativedisc.com, maka terpilihlah 10 buah video music terpilih milik OneRepublic. Without further ado, so here they goes:

10. Marchin On (Alb. Waking Up, 2009)

Marchin On adalah single ketiga OneRepublic untuk album kedua mereka, Waking Up. Video dikerjakan oleh Chris Sims. Dengan menampilkan Patriot Remix, video memperlihatkan para personel OneRepublic menari juga memainkan beberapa alat musik; Drew Brown memainkan gitar, Eddie Fisher bermain drum dan drum bass marching band, Brent Kutzle memainkan snare drum untuk marching band, Zach Filkins bermain dengan synthesizer dan shaker, sedangkan Ryan Tedder (tentu saja) bernyanyi dan memainkan piano serta tamborin. Di latar, berbagai efek lampu bertaburan memeriahkan video untuk memberi efek meriah megikuti gaya marching yang mengisari lagunya.

09. Mercy (Alb. Dreaming Out Loud, 2008)

Video untuk Mercy dikerjakan oleh Chris Sims. Mercy sendiri merupakan single keempat dari album debut OneRepublic, Dreaming Out Loud. Konsepnya sederhana saja, berlokasi di sebuah pantai, OneRepublic tampak memainkan lagunya. Awalnya video hadir dalam warna hitam-putih sampai memasuki chorus secara perlahan bergradasi menjadi sephia. Saat memasuki verse kedua, warna kembali menjadi hitam-putih dan kembali menjadi sephia saat chorus. Sementara itu video juga memperlihatkan sesosok anak laki-laki yang membawa panji berukuran besar.

08. Say (All I Need) (Alb. Dreaming Out Loud, 2008)

Say (All I Need) adalah single ketiga OneRepublic dari album debut mereka, Dreaming Out Loud. Untuk Musik videonya, Anthony Mandler mendapat tugas untuk menjadi sutradranya. Dikerjakan di Paris, Perancis, dan lagi-lagi memakai warna hitam-putih untuk memberi efek dramatis meski tidak secara penuh mengisi videonya. Chris Cornell tampil sebagai cameo. Pemandangan kota Paris yang indah menjadi daya tarik tersendiri yang secara umum memperlihatkan Ryan Tedder berjalan menyusurinya. Beberapa landmark kota Paris terekam di video ini seperti antara lain Sacre Coeur dan ditutup dengan pemandangan lanskap kota Paris di lihat dari atas saat sunset.

07. Apologize feat. Timbaland (Alb. Dreaming Out Loud, 2008)

Apologize adalah single pertama yang dirilis oleh OneRepublic dan bisa disebutkan sebagai single yang melejitkan nama mereka ke tangga populeritas. Ada 3 versi video yang dikeluarkan untuk single ini, namun secara umum video yang paling familiar oleh awam adalah versi yang dikerjakan oleh Robert Hales dan menampilkan Timbaland. Videonya sendiri memperlihatkan Timbo dan OneRepublic tengah berada di sebuah studio rekaman. Tidak ada yang begitu istimewa memang, akan tetapi penampilan mereka cukup mengesankan.

06. Stop and Stare (Alb. Dreaming Out Loud, 2008)

Stop and Stare adalah single kedua dari album debut OneRepublic, Dreaming Out Loud. Musik videonya merupakan kolaborasi pertama mereka dengan Anthony Mandler. Atmosfir kelam mendominasi musik videonya yang agak bernuansa film thriller. Berseting di sebuah gurun dan motel/SPBU tua yang terdapat di Palmdale, California at an old gas station/motel, video memperlihatkan OneRepublic tengah melakukan latihan di salah satu kamar motel. Sementara itu sosok Ryan Tedder lain terlihat tengah “menguping” sesi latihan tersebut. Bisa disebutkan video Stop and Stare ini merupakan video paling kelam yang dikerjakan oleh OneRepublic dan penuh dengan simbol dan metafora yang mungkin akan agak sulit untuk dicerna.

05. Secrets (Alb. Waking Up, 2009)

Secrets merupakan single kedua OneRepublic untuk album sophomore mereka, Waking Up. Begitu populernya lagu ini sehingga videonya memiliki banyak versi, meski versi yang paling populer adalah versi yang menampilkan seorang perempuan yang tengah duduk di sebuah cafe dan tampak sedang menunggu seseorang. Videonya dikerjakan oleh Chris Sims. Beberapa variasi untuk video ini adalah dengan menampilkan potongan film Jerman yang berjudul Zweiohrküken. Dikarenakan film tersebut memiliki genre komedi romantis, tidak mengherankan jika potongan-potongan film yang ditampilkan cukup padu dengan lagunya yang tak kalah romantis.

04. Feel Again (Alb. Native, 2013)

Feel Again adalah single pertama yang dirilis oleh OneRepublic untuk album ketiga mereka, Native. Videonya disutradarai oleh Tim Nackashi dan menampilkan suasana festival yang meriah. Hanya saja kali ini lokasinya berada di sebuah hutan yang diterangi oleh berbagai lampu neon warna-warni neon yang cerah ceria. Penempatan lampu-lampu ini bukan tanpa maksud karena di beberapa bagian juga menjadi gambaran suasana hati Ryan Tedder yang tengah menyanyikan lagunya. Sebagai misal, lampu berbentuk hati yang bersinar di saku bajunya yang seolah-olah mennunjukkan hatinya yang patah dan banyak lagi efek-efek seru lainnya.

03. All the Right Moves (Alb. Waking Up, 2009)

Video untuk All the Right Moves dikerjakan oleh sutradara video musik terkenal, Wayne Isham. Tentu tidak mengherankan mengingat ini merupakan single pertama OneRepublic untuk album kedua mereka, Waking Up, sehingga dikerjakan dengan sangat serius. Videonya memperlihatkan OneRepublic tengah manggung di sebuah panggung kecil di sebuah masquerade ball. Penontonnnya cukup banyak. Beberapa saat kemudian, sekelompok penari memasuki panggung dan mengikuti irama lagu. Sementara itu ada sesosok yang tampaknya orang yang kekurangan, berkeliling meminta sumbangan sembari mencopet. Uniknya, seting, busana penari, prperti panggung dan lainnya dipilih untuk ditampilkan ala Inggris kuno yang mengadaptasi kultur jaman periode raja Edward, meski lagunya moderen dan urban.

02. Good Life (Alb. Waking Up, 2009)

Good Life merupakan single terakhir dari album Waking Up yang dirilis oleh OneRepublic. Video dikerjakan oleh Ethan Lader. Konsepnya sederhana saja. Berseting di alam terbuka, (tepatnya di West Hills, California), video dishot dengan tone warna lembut dan sedikit kusam yang membuat gambar seolah-olah terlihat vintage. Di video ini kita akan mengikuti “perjalanan” OneRepublic menjelajah alam terbuka. Di samping itu kita juga melihat beberapa simbol yang diperlihatkan oleh videonya yang tampaknya ingin menunjukkan jika hidup itu indah jadi sudah selayaknya dijalani dengan baik. Sebenarnya ada versi lain yang dirilis OneRepublic untuk single ini yaitu mengambil lokasi di Magic Kingdom di Walt Disney World.

01. If I Lose Myself (Alb. Native, 2013)

Dan If I Lose Myself, video paling baru milik OneRepublic, menduduki posisi paling atas pilihan pembaca. Sebagai video paling mutakhir tentu saja merupakan alasan kenapa banyak yang memilih single kedua ini dari album ketiga mereka, Native. Disutradarai Michael Muller, videonya terinspirasi oleh film-film fiksi ilmiah seperti 12 Monkeys dan The Matrix. Dikisahkan sekelompok orang menerima sms dari Ryan Tedder yang berisi gambar serigala dan angka 11.11.11 di dasar pesan. Video kemudian memperlihatkan orang-orang tersebut mencoba memecahkan sejumlah petunjuk yang dicet di sejumlah lokasi di sekitar kota. Video juga memperlihatkan OneRepublic yang tengah membawakan lagunya di sebuah ruangan yang gelap, berasa[ dengan lampu warna-warni memenuhi ruangan tersebut serta para fans yang bersemangat dalam menonton penampilan mereka tersebut.

Related posts

Leave a Reply