Trending News

Blog Post

Album of the Day: Kyary Pamyu Pamyu – Nanda Collection
Album of The Day

Album of the Day: Kyary Pamyu Pamyu – Nanda Collection 

Released by: Warner Music Indonesia

Setelah menjadi sensasi di Jepang, Youtube dan fashion di seluruh dunia lewat video “PonPonPon” pada tahun 2011. Kyary Pamyu Pamyu yang merangkap sebagai penyanyi, model, fashion blogger yang selalu menggunakan dandanan nyentrik ala Harajuku (sampai-sampai dia disebut Lady GaGa ala Jepang karena cara berpaikannya yang aneh dan stylish) mengeluarkan album keduanya “Nanda Collection” (?????????, nandakorekushon) yang terdiri dari 2 kata yaitu “?????”(nanda kore, apa-apaan ini) dan “??????” (korekushon, koleksi) menawarkan vokal Kyary yang “kawaii” atau imut dengan musik yang mempunyai benang merah di electropop. Hal ini dikarenakan tangan dingin dari Yasutaka Nakata yang juga sukses menangangi artis electro dan techno Jepang macam Capsule, Meg dan Perfume. Album ini pun bisa dikatakan album spesial karena untuk pertama kalinya album ini dirilis di Amerika Serikat dibawah label Sire Records/Warner Bros Records.

Dibuka dengan “Nanda Collection” dan dilanjutkan dengan “Ninja Re bang bang”, track ini adalah track yang menggunakan bantuan musik game arcade. Nada musik oriental bisa kita tangkap begitu cepat di lagu ini. “Kimi ni 100 Paasento”, merupakan track yang cukup simpel karena hanya mengandalkan vokal kawaii, musik pop dengan sentuhan elektrik yang tidak terlalu besar dan lirik yang gampang dicerna dan repetitif. Kyary menabrak pakem-pakem beat disco dan synthpop era-era awal di “Super Scooter Happy” sebuah track cover dari Capsule sehingga track ini berjalan begitu unik dan ceria apalagi dengan dengungan mesin yang tiba-tiba muncul dan banyak sound-sound yang aneh yang bermunculan di track membuat track ini menjadi unik. Pada “Invader Invader” tiba-tiba muncul musik chiptune dengan perpaduan musik dubstep yang diselipkan di tengah membuat track ini cukup shocking. Dia bilang bahwa track ini menceritakan tentang invasi alien dan sepertinya fantasi liarnya tercermin di betapa liarnya beat-beat di lagu ini namun tetap asik didengar. “Mi” adalah track yang mencampurkan disco ala The Rapture lengkap dengan beat perkusi dan juga balutan musik yang menyerempet ke technopop yang bombastis dan groovy.

“Fashion Monster” adalah track yang mempunyai berbagai macam warna mulai dari gitar elektrik, musik jungle ala Fatboy Slim, vokal kawaii Kyary, game music, dan sound electropop yang ekletik. Opening jazzy di “Saigo no Ice Cream” namun langsung berubah ke track yang bernafaskan pada technopop ala Parfume dengan sedikit sensasi eurodance dan permainan gitar yang cukup keras sebagai background. Saat lagu anak-anak Jepang digabung dengan nada-nada pop yang manis dan juga dengan beat yang begitu jungle nan psychedelic maka hadirlah track “Noriko to Norio”. Ada sentuhan angklung juga di lagu ini dan vokal Kyary begitu childisch. Lagu yang merayakan kedewesaan Kyary (dan menjadi bad girl juga) yaitu “Furisodeshon”, hal ini jelas dengan lirik awal lagu ini yang terus mengulang kata “hatachi, hatachi” yang bermakna 20 tahun dengan nada yang riang. Lagu ini dikemas dalam nuansa light pop yang riuh dan ceria. Tabuhan drum yang cepat dan dancy dimainkan pada “Kura Kura” yang seperti track permainan untuk anak-anak. Dan pada track penutup “Otona na Kodomo” dia bermain di ranah nu-disco.

Suara Kyary sendiri mengingatkan akan suara Hatsune Miku but less electric and less robotic. Musik yang ditawarkan untuk album kedua ini bisa dikatakan unik, lucu dan menghibur karna antar beat saling bertabrakan dan terkesan suka-suka, jadi jangan heran jika ditengah-tengah lagu kamu bakal menemukan sound yang mendadak berubah dari apa yang didengar di detik-detik sebelumnya. Vokal Kyary yang kawaii juga menjadi salah satu unsur pendongkrak album ini menjadi sebuah album yang fun. Memang untuk pendengar non j-pop album ini bisa dikatakan album yang cukup aneh dan bisa membuat dahi bertekuk tapi itu semua hal lumrah yang memang biasa terjadi pada kultur musik Jepang terutama di bagian j-pop. Jadi jangan mengharapkan musik yang berkualitas atau electropop yang berbelit nikmatilah kebebesan bereksperesi, beat-beat yang ngaco, unik tapi tetap seru untuk berdansa dan vokal imut dari Kyary untuk menikmati kenyentrikan dari album ini.

Official Website

(Luhfi / CreativeDisc Contributor)

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

TRACKLIST
1. “Nanda Collection” (?????????) 0:47
2. “Ninjya Re Bang Bang” (?????????) 4:26
3. “Kimi ni 100 Percent” (???100?????) 3:20
4. “Super Scooter Happy” (Capsule cover) 5:54
5. “Invader Invader” (????????????) 4:11
6. “Mi” (?) 4:12
7. “Fashion Monster” (???????????) 4:37
8. “Saigo no Ice Cream” (???????????) 4:10
9. “Noriko to Norio” (???????) 3:17
10. “Furisodeshon” (????????) 4:06
11. “Kura Kura” (????) 2:49
12. “Otona na Kodomo” (???????) 5:31

Related posts

Leave a Reply