Trending News

Blog Post

Steelheart & Firehouse Meriahkan Guinness Arthur’s Day Medan
Concerts Review

Steelheart & Firehouse Meriahkan Guinness Arthur’s Day Medan 

Expect big! Untuk ketiga kalinya Guinness Arthur’s Day diselenggarakan di kota Medan. Setelah Mr. Big dan Creed datang ke tanah Melayu di tahun-tahun sebelumnya, kali ini giliran Firehouse dan Steelheart yang
menghibur abang dan kakak kota Medan di malam minggu yang tak terlupakan. Venue yang dipilih adalah JW Marriott yang kedua kalinya menjadi tuan rumah perayaan tribute ke Sir Arthur Guinness.

Pukul 20.00 tepat, Steelheart mulai unjuk gigi setelah dua MC membuka acara dengan sedikit kisah mengenai Sir Arthur dan yayasannya. Tiga lagu pertama dengan gaya hard rock, heavy metal berhasil membakar semangat penonton. ‘Blood Pollution’, ‘Gimme, Gimme’ dan ‘Like Never Before’ membayar penantian penonton yang bahkan sudah hadir sejak tiga jam sebelum acara dimulai. Fyuh! Vokalis band, Miljenko Matijevic tergolong pria yang tidak banyak cakap namun banyak aksi. Usia matangnya bukan halangan untuk tampil habis-habisan di atas panggung.

Bukan hanya Miljenko, gitaris band, Chris Risola tergolong bad-ass. Serangkaian lagu yang dibawakan oleh Steelheart menampilkan aksi panggungnya yang garang dan penuh enerji. Saya acung jempol atas ide kreatif band untuk menyediakan sesi akustik dalam jumlah waktu yang terbatas. Maklum, tampil lebih dahulu sedikit banyak mempengaruhi mereka untuk tampil tepat waktu. Akustik yang menampilkan kepiawaian Miljenko bermain gitar dan bernyanyi dengan iringan musik yang lebih sederhana merupakan dinamika yang Steelheart berhasil tampilkan, menjadi daya tarik tersendiri atas penampilan band lawas ini.

Moment yang diciptakan oleh Steelheart adalah saat mereka membawakan ‘She’s Gone’. Mutlak, lagu ini membawa seluruh penonton pada satu perasaan. Miljenko mengundang salah seorang penonton untuk ikut menyanyikan lagu di atas panggung. Surprisingly, they picked the best person they could get! Tak hanya menguasai lirik dengan sempurna, si penonton bahkan menyanyikan dengan teriakan yang menyerupai penyanyi aslinya. Dan bam! Teriakan penonton sontak lebih seru dari biasa. Teriakan itu semakin menjadi-jadi ketika Miljenko dkk hendak pamit undur diri. Karena tak ada niat untuk mengecewakan penonton, maka mereka menampilkan dua lagu sebagai encore.

Ruang pertunjukan terasa lebih sesak sesaat sebelum Firehouse tampil. Tampaknya para penonton memang lebih mengicar band ini ketimbang Steelheart. Nyaris berdesakan, para penonton sabar menanti idola mereka untuk tampil. Dan ketika band memulai lagu ‘Shake and Tumble’, mereka mendapat respon girang gumirang dari penonton. Seolah menjaga tren yang sama dengan Steelheart, tiga lagu pertama Firehouse juga tipikal yang membuat penonton menghentakkan kaki. But unlike Miljenko, vokalis band, CJ Snare adalah orang yang ramah. Ia menyapa penonton dengan Bahasa Indonesia yang begitu lancar. Ia bahkan mengucapkan “Assalamualaikum” dalam sapaannya. Di sela-sela penampilannya, CJ
memberitahu bahwa ini adalah kunjungan ketujuhnya ke tanah air kita.

Saat hendak membawakan lagu ‘When I Look Into Your Eyes’, CJ mengistimewakan lagu ini kepada para wanita. Ah, nuansa romantis seketika terbentuk, sembari harmonisasi koor massal penonton menggaung. Histeris tak hanya sampai disitu, karena saat penonton mengenali intro lagu ‘Here For You’ suasana gedung pecah dengan teriakan excitement. Lagi, aksi penonton sebagai penyanyi latar dadakan kompak membahana. Penonton puas bernostalgia, terutama saat ‘I Live My Life For You’ ditampilkan dalam encore. Jempol!

Penampilan kedua band legendaris ini nyaris sempurna. Mereka berlaku seapik mungkin untuk menjaga kualitas diri sekaligus mewakili brand Guinnes dalam rangka memeriahkan Arthur’s Day. For me, Steelheart took
the night away. Mereka punya vokalis dan gitaris yang bad-ass maksimal. Kalau untuk Firehouse, mereka punya lagu memorable yang lebih banyak dan bassist yang oke punya. Terima kasih Guinnes yang berhasil memberi kota Medan malam minggu yang luar biasa.

Setlist:
Steelheart

1. Blood Pollution
2. Gimme, Gimme
3. Like Never Before
4. Stand Up And Shout!
5. Black Dog
6. Everybody Loves Eileen
7. You Showed Me How To Love
8. We All Die Young
9. She’s Gone
10. Immigrant song
11. Never Let You Go

FireHouse
1. Shake and Tumble
2. All She Wrote
3. You’re Too Bad
4. Sleeping With You
5. When I Look Into Your Eyes
6. You Are My Religion
7. Rock on the Radio
8. Here For You
9. Love is a Dangerous Thing
10. Overnight Sensation
11. Trying To Make A Living
12. Love of a Lifetime
13. Reach for the Sky
14. I Live My Life For You
15. Don’t Treat Me Bad

(Ai Hasibuan)
Photo by Putri Hutapea

Related posts

Leave a Reply