Trending News

Blog Post

Album of the Day: Dami Im – Dami Im
Album of The Day

Album of the Day: Dami Im – Dami Im 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Jaminan kontrak rekaman bagi pemenang talent show kini cepat terpenuhi dengan rilisan album lagu-lagu cover version yang dirilis oleh label untuk sang pemenang. Termasuk Dami Im, yang merilis “Dami Im” pasca kemenangannya di The X Factor Australia. Berisi 11 lagu, album ini tak cuma cepat rilis, tapi juga cepat laku di negara tersebut. Menjadikan Dami sebagai nama pemenang TXF Australia yang memegang single dan album no.1 di waktu yang bersamaan.

Keberhasilan Dami menarik hati publik Australia kurang lebih menggambarkan selera musik negara tersebut. Tampaknya mereka haus akan vokalis wanita yang serba bisa. Setelah Samantha Jade membuktikan keahliannya mengolah beragam genre dengan vokal otentik yang ia miliki, kini Dami Im yang menguasai dinamika musik dengan vokalnya yang bertenaga. ‘Alive’ sebagai single kemenangannya menyediakan banyak kesempatan bagi Dami untuk mengeksploitasi kekuatan vokalnya. Lagu yang menuntut teknik ini menempatkan skill Dami pada level maksimal.

Lagu-lagu selanjutnya yang tersedia di dalam album adalah langkah yang Dami buat selama kompetisi. Nilai historisnya sangat tinggi, menjadi jurnal pribadi untuk dikenang sepanjang masa. Meskipun keluar sebagai juara, saya tak menilai seluruh lagu yang ia bawakan merupakan kesuksesan. ‘One’ dan ‘Purple Rain’ sukses, terima kasih atas versi-versi sebelumnya yang sudah diperkenalkan oleh vokalis wanita seperti Mary J. Blige dan Stacy Francis. Tapi tidak untuk ‘Best Of You’. Meskipun ia mendapatkan standing ovation mutlak saat membawakan lagu ini di kompetisi, yang terjadi adalah degradasi. Ia tidak menyediakan ke-edgy-an dalam tema rock lagu ini, malah melakukan pendekatan vokal yang sejujurnya bukan tuntutan dari lagu Foo Fighters tersebut.

Klasik yang tersaji bukan hanya dalam ranah rock, tapi masih banyak lagi. ‘Don’t Leave Me This Way’, ‘Bridge Over Troubled Water’, dan ‘Hero’ menerjemahkan Dami dalam paket lengkap untuk memudahkannya menembus pasar musik. ‘Roar’ dan ‘Wrecking Ball’ menempatkannya tak lagi pada bayang-bayang yang tersamarkan antara nilai artistik dan komersil, karena ia menguasai keduanya.

Sebagai vokalis, vokal utama yang menjadi jualannya pun harus dibuktikan. Setelah ‘Alive’, kualitas vokal Dami yang gila-gilaan terpapar saat membawakan lagu ‘And I’m Telling’ (Jennifer Holiday) dan Saving All My Love For You’ (Whitney Houston). Dua lagu sakral bagi vokalis ini adalah paduan vokal prima dan penghayatan alami yang keduanya harus ditampilkan secara bersamaan. Dan dari apa yang terdengar, Dami menyediakannya. Sealbum ini adalah karya pertama sebagai pengenalan, selanjutnya wajib menjadi karya yang menggali potensi lebih dalam. Way to go, Dami!

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Alive” 3:56
2. “One” 3:43
3. “Purple Rain” 3:16
4. “Don’t Leave Me This Way” 3:50
5. “Roar” 3:45
6. “Bridge over Troubled Water” 3:35
7. “Wrecking Ball” 3:23
8. “Hero” 3:34
9. “And I Am Telling You” 2:55
10. “Best of You” 3:27
11. “Saving All My Love for You” 3:05

Related posts

Leave a Reply