Trending News

Blog Post

Album of the Day: Sean Paul – Full Frequency
Album of The Day

Album of the Day: Sean Paul – Full Frequency 

Released by: Warner Music Indonesia

Sean Paul tampaknya sangat konsisten dalam karirnya. Setelah empatbelas tahun dan lima album, ia kembali menghadirkan semangat reggae dan dancehall yang sama dalam album keenamnya, Full Frequency. Dan sebagaimana album-album sebelumnya, Full Frequency juga dimeriahkan dengan hip-hop dan RnB dan juga pop agar bisa diterima pasar yang lebih luas (baca: pop).

Sean Paul sedikit meminggirkan corak dancehall yang biasa diusungnya dengan menghadirkan hiphop yang lebih oldskool dalam Entertainment. Lagu ini memang terdengar sangat riuh apalagi ada dua nama yang turut meramaikannya yaitu Juicy J dan 2 Chainz. Memang bagi yang biasa mendengarkan gaya Sean Paul yang danceable dan nge-beat harus bersabar. Tapi upaya sean Paul ini bolehlah diapresiasi sebagai niat untuk memperluas estetika bermusiknya.

Kehadiran bintang tamu hadir mendominasi di separuh awal album. Selain trio rapper dalal track Entertainment 2.0 tadi, maka hadir juga Damian Marley yang membuka album dalam Riot, sebuah dancehall hardcore yang menjanjikan keseruan di lantai dansa. Atau Nyla yang membantu membawa popdance yang adiktif dalam Pornstar maka dalam Want Dem All kekuatan dancehall ala Sean Paul terdengar sangat masif disini dipadu dengan beat yang futuristik. Ritmis dan ngebeat, mengundang untuk turun ke lantai dansa. Rapper Konshens membuat single ini terdengar makin meriah saja.

Ada juga rapper Iggy Azalea yang membantu dalam Wickedest Style dan Prince Royce dalam Dangerous Ground. Yang menjadi catatan dalam kehadiran bintang-bintang tamu ini adalah bagaimana Sean Paul begitu baik hati memberi ruang kepada mereka, sehingga terkadang para bintang tamu mengambil alih dan menjadikan Sean Paul sebagai tamu di rumahnya sendiri. Belum lagi konsistensi gaya bermusik, yang sedikit banyak dipengaruhi oleh para bintang tamu.

Barulah di paruh kedua Sean Paul memberi ruang untuk dirinya sendiri untuk tampil solo. Dan ternyata paruh kedua ini justru tampil dengan jauh lebih baik dibandingkan paruh pertama yang dipadatim oleh penampil tamu. Lagu-lagu yang hadir dibagian ini jauh lebih berkesan dan aransemen serta konsep yang lebih konsisten dan rapi.

Beberapa track yang mencuri perhatian di sini adalah It’s Your Life yang akan mengingatkan hits Sean Paul sebelumnya namun kini dengan cukup cerdik dipadu dengan elemen elektro-pop yang kekinian. Anyday juga mengedepankan dance namun tak terlupa menghadirkan reggae sebagai bagian utama, meski tentunya ini masih berada dalam koridor pop.

Sean Paul juga menginginkan orang untuk tidak lupa jika ia sebenarnya juga seorang penyanyi dengan kualitas vokal yang cukup menarik, dan tidak memerlukan auto-tunes agar terdengar “meriah”. Ia punya Other Side of Love untuk itu. Meski meminjam elemen deep-house dan elektro-pop, namun ada kandungan balada dalam lagunya, terutama di bagian chorus. Dan ini merupakan hal yang patut mendapat kredit lebih.

Full Frequency adalah album pop. Sometimes it works, sometimes it’s not. Some songs are gem but others are credibly dull. Jadi memang bukan album yang istimewa atau kuat. Tapi jika tujuannya adalah untuk menghibur, maka ia cukup berhasil untuk itu. Hanya saja, meski dedikasi Sean Paul terhadap genre yang dipilihnya patut dipuji, dengan Full Frequency ia tidak bergerak kemana-mana.

Official website.

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Riot” (featuring Damian Marley) 3:18
2. “Entertainment 2.0” (featuring Juicy J, 2 Chainz and Nicki Minaj) 4:22
3. “Pornstar” (featuring Nyla [Brick & Lace]) 3:21
4. “Want Dem All” (featuring Konshens) 3:18
5. “Hey Baby” 3:08
6. “Wickedest Style” (featuring Iggy Azalea) 3:52
7. “Dangerous Ground” (featuring Prince Royce) 3:48
8. “It’s Your Life” 3:48
9. “Take It Low” 3:09
10. “Anyday” 3:20
11. “Lights On” 3:23
12. “Legacy” 3:46
13. “Other Side of Love” 3:05
14. “Turn It Up” 3:53

Related posts

Leave a Reply