Trending News

Blog Post

Album of the Day: Pentatonix – That’s Christmas to Me
Album of The Day

Album of the Day: Pentatonix – That’s Christmas to Me 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Setelah sukses menorehkan nama mereka di kancah populeritas berkat kreasi akapela untuk lagu-lagu populer yang terdapat dalam barisan EP dan album yang mereka rilis sebelumnya, tentu tidak mengherankan jika Pentatonix kemudian merilis sebuah album yang berisi interprestasi mereka akan lagu-lagu natal. Memang sebelumnya mereka sudah merilis sebuah EP bertajuk PTXmas di tahun 2012. Namun kini, mereka menghadirkan sebuah album yang berisi lebih banyak lagu lagi dalam That’s Christmas to Me.

Judul album diambil dari satu-satunya lagu orisinal karangan Pentatonix di dalamnya, yaitu (tentu saja) That’s Christmas to Me. Breezy and sweet. Kesan demikianlah yang terangkum saat mendengarkan lagu ini. Kekuatan mereka dalam mengolah vokal yang merdu menjadi kekuatan lagu ini, selain lirik yang sangat kental dengan nuansa natal, meski pun secara tema memang lebih cenderung bersemangat liburan ketimbang rohani.

Tentunya Pentatonix tidak melewatkan untuk menyanyi ulang beberapa lagu bertema religi populer di album ini. Maka terdapat track eperti lagu pembuka Hark! The Herald Angels Sing yang merupakan lagu natal tradisional yang sangat populer. Di tangan Pentatonix lagu ini tetap mengusung semangat gospel, tapi dikreasikan sedemikian rupa agar terdengar kekinian dengan semangat RnB yang nge-beat.

Ada juga Silent Night yang dinyanyikan Pentatonix dengan sangat harmonis serta penghayatan yang cukup prima untuk membangun nuansa kudus seperti yang disiratkan oleh lagunya. Syahdu dan menghanyutkan, maka Pentatonix cukup sukses dalam membawakan lagu yang sangat populer ini dalam bentuk harmonisasi vokal ala akapela.

Lagu klasik lain yang dibawakan Pentatonix di album ini adalah Dance of the Sugar Plum Fairy, sebuah nomor instrumental yang diambil dari pementasan balet legendaris The Nutracker. Lagu gubahan Tchaikovsky ini terdengar edgy dan kontemporer di tangan mereka, meski tentunya tetap mengedepankan kemegahan versi aslinya.

Selebihnya That’s Christmas to Me berisi lagu-lagu Natal populer yang tentunya tidak mengherankan jika dinyanyi ulang oleh Pentatonix. Sebutlah seperti Sleigh Ride, Santa Claus is Coming to Town atau It’s the Most Wonderful Time of the Year yang dibawakan Pentatonix dengan tidak melakukan banyak perubahan secara aransemen dan menangkap semangat lagu aslinya.

Yang mungkin mendapatkan sentuhan sedikit berbeda adalah track Mary, Did You Know? yang dikemas dengan semangat RnB yang cukup kental dan memberi penekanan pada permainan vokal yang prima. Mengingat temanya, tentunya Pentatonix tidak melewatkan kesempatan untuk meniupkan ruh agar lagunya terdengar lebih emosional.

Tentunya Pentatonix tetap menghadirka mash-up dalam album ini. Dan mereka memadukan antara lagu natal dengan lagu pop dalam Winter Wonderland / Don’t Worry Be Happy. Dengan dibantu vokal milik Tori Kelly, ternyata hasilnya cukup seru untuk disimak.

Yang istimewa, Pentatonix melakakukan rendisi ulang lagu dari band pengusung folk, Fleet Foxes, White Winter Hymnal. Lagu aslinya sendiri memang sudah mengusung harmonisasi vokal yang merdu, sehingga Pentatonix tidak perlu repot-repot lagi untuk menerjemahkan lagu ini dalam bentuk akapela. Meski bukan lagu rohani atau natal, tapi mengingat liriknya yang mengadopsi tema religius, tidak mengherakan jika Pentatonix menyertakan lagu ini dalam album.

Dan hadirnya Let It Go dari film animasi laris Frozen tentunya tidak terelakkan. Secara umum di tangan Pentatonix lagu ini tidak mengalami perubahan berarti. Hanya saja jika ingin mendengarkan Let It Go hadir dalam versi akapela, maka tentunya bisa menemukan di album That’s Christmas to Me milik Pentatonix.

Mengusung judul That’s Christmas to Me, Pentatonix tampaknya degan jelas memaparkan esensi dari albumnya. Lagu-lagu pop, klasik atau kontemporer, religi atau non-religi, bertema natal atau tidak, yang dirangkum dalam bentuk akapela dan menghembuskan semangat libur natal yang kuat. Yang menarik bagaimana tiap lagu dibalur dengan kesan breezy yang kuat, seolah-olah lagu ini memang diniatkan sebagai bagian dari musim dingin, dimana Natal dirayakan sebagian besar yang merayakannya.

Dengan segala kelebihannya, That’s Christmas to Me adalah sebuah album Natal yang cukup menyenangkan untuk disimak.

Music Video:That’s Christmas to Me

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Hark! The Herald Angels Sing” 3:12
2. “White Winter Hymnal” 2:47
3. “Sleigh Ride” 2:16
4. “Winter Wonderland / Don’t Worry Be Happy” (featuring Tori Kelly) 3:27
5. “That’s Christmas to Me” 3:00
6. “Mary, Did You Know?” 3:23
7. “Dance of the Sugar Plum Fairy” 2:06
8. “It’s the Most Wonderful Time of the Year” 3:05
9. “Santa Claus is Coming to Town” 2:24
10. “Silent Night” 3:13
11. “Let It Go” 3:26

Related posts

Leave a Reply