Trending News

Blog Post

Album of the Day: Chris Brown x Tyga – Fan of a Fan: The Album (Deluxe Edition)
Album of The Day

Album of the Day: Chris Brown x Tyga – Fan of a Fan: The Album (Deluxe Edition) 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia
Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Chris Brown dan rapper Tyga berkolaborasi tidak hanya dalam lagu, tapi sekaligus dalam sebuah album yang bertajuk “Fan of a Fan: The Album“. Menarik bagaimana Brown yang sudah berkarir sepanjang satu dekade ini selalu aktif dalam merilis album, termasuk juga dengan proyek kolaborasi seperti ini.

Sedang Tyga pun merupakan salah satu rapper muda yang tak kalah aktifnya, semenjak merilis album debutnya di tahun 2008. Perpaduan dua nama yang bisa dikatakan mewakili semangat muda skena RnB dan hip hop ini tentu saja menarik perhatian untuk dicermati.

Single perdana dari album kolaborasi mereka ini adalah sebuah pop RnB dan hip hop berjudul ‘Ayo’. Agak mengingatkan lagu-lagu Brown di awal karirnya, tapi tentunya dengan sentuhan kekinian agar terdengar segar.

Secara umum “Fan of a Fan: The Album” memang terdengar lebih mengedepankan hip hop yang lebih tradisional, ketimbang electro RnB atau EDM yang biasa diusung oleh Brown akhr-akhir ini. Pembagian porsi antara RnB dan hip hop juga cukup merata, dimana saat Brown menjadi lead, maka Tyga menjadi pendukung dan begitu juga sebaliknya.

Setelah beberapa mixtape dan single bersama, seharusnya memang Brown dan Tyga tidak sulit untuk menyamakan ritme mereka. Bisa dibuktikan dalam beberapa track yang mencorong di album ini, seperti ‘Better’ dimana dalam lagu mid-tempo ini baik Brown dan Tyga hadir dengan posisi yang cukup seimbang atau nomor kaya emosi dan sedikit meledak-ledak seperti ‘Remember Me’.

Tapi secara umum antara satu track dengan satu track nyaris hadir dengan corak dan warna yang sama. Nomor-nomor yang cenderung hadir dalam tempo sedang, tumpang tindih antara RnB dan hip hop, dengan pengecualian track trap ala Iggy Azallea seperti ‘Nothin’ Like Me’ yang mengundang Ty Dolla $ign.

Ini menyebabkan album terkadang terdengar monoton. Apalagi 4 track yang hadir sebagai bonus versi edition juga menampilkan gaya yang sama. Agak mengecewakan mengingat track bonus biasanya menghadirkan sesuatu yang berbeda, sedang lagu seperti ‘Bunkin” ata ‘Banjo’ secara umum memiliki arketipe seperti track seperti ‘Real One’ misalnya. Nomor oldskul seperti ‘It’s Yo Shit’ lumayan mencuri perhatian, tapi menjadi terdengar minor dan ketutupan track lain.

Yang juga patut menjadi catatan, pada beberapa bagian, alih-alih saling kerjasama, Brown dan Tyga malah terlihat untuk saling sikut untuk mendapatkan spotlight, dan itu sebenarnya sedikit depresif. Menjadi rancu karena album seharusnya berangkat dari konsep persahabatan mereka.

Pada akhirnya album terdengar tersegmentasi dan mungkin hanya memuaskan pendengar Brown atau Tyga

Official Website

Buy Album on iTunes

TRACKLIST
1. “Westside” 3:34
2. “Nothin’ Like Me” (featuring Ty Dolla $ign) 4:05
3. “Ayo” 3:45
4. “Girl You Loud” 3:33
5. “Remember Me” 4:13
6. “I Bet” (featuring 50 Cent) 4:02
7. “D.G.I.F.U.” (featuring Pusha T) 3:44
8. “Better” 3:42
9. “Lights Out” (featuring Fat Trel) 4:46
10. “Real One” (featuring Boosie Badazz) 4:59
11. “Bitches N Marijuana” (featuring ScHoolboy Q) 4:14
12. “She Goin’ Up” 3:47
BONUS TRACK
13. “Wrong In the Right Way” 4:30
14. “Bunkin'” (featuring Jay 305 and T.I.) 5:02
15. “It’s Yo Shit” (featuring Wale) 3:47
16. “Banjo” 3:39

OldeuboiHaris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi

Related posts

Leave a Reply