Trending News

Blog Post

Album of the Day: Kelly Clarkson – Piece by Piece
Album of The Day

Album of the Day: Kelly Clarkson – Piece by Piece 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Satu sifat yang dianut oleh setiap album Kelly Clarkson adalah grower. Kita dituntut untuk memberi waktu lebih supaya bisa menemukan kenikmatan dalam lagu-lagunya. Termasuk “Piece by Piece” berikut, 13 track yang ada di dalamnya memang mengharuskan pendengar untuk bersabar menyimak lagu demi lagu. Karena tidak semua lagu catchy secara sepintas lalu, ataupun bermuatan hook yang infectious.

‘Heartbeat Song’ sebagai single andalan dari album ini sebenarnya memenuhi salah satu dari dua kebutuhan di atas dengan “up up up all night long”. Ditambah dengan beat yang memojokkannya pada semangat ‘Since U Been Gone’ pun ternyata masih kurang perkasa untuk mendulang sukses secara komersil. Ini akan mengefek pada ketidakpuasan yang meluas, yang selanjutnya akan membahayakan posisi album untuk mendapat antuasiasme.

Untuk itu, Kelly dan tim RCA membangun jembatan kokoh guna menambah gegap gempita penyambutan album ini dengan mengeluarkan track satu per satu, sebanyak lima track hingga datang waktunya untuk melengkapi album. Dan bisa dikatakan album ini well captured oleh ‘Invincible’, ‘Someone’, ‘Take You High’, ‘Piece by Piece’, dan ‘Run Run Run’. Setiapnya berasal dari penulis yang berbeda-beda, sehingga satu sama lain terdengar kontras. ‘Invincible’ adalah sebuah lagu yang dramatis; jika mengelupas kulit electrodance dari sebuah lagu, sangat mungkin untuk terdengar seperti ‘Someone’; perkawinan antara vokal Kelly dengan teknologi terdapat di ‘Take You High’; sebagai salah satu lagu dimana Kelly ikut menulisnya, ‘Piece by Piece’ punya keterikatan emosional yang kuat; dan duet ‘Run Run Run’ bersama John Legend tidak jatuh datar karena mereka berdua versatil sebagai vokalis dan gampang menemukan harmonisasi.

Kelly pernah mengaku menemui kesulitan dalam pembuatan album yang padu jika ingin membuat memasukkan banyak style ke dalamnya. Keputusan pun dibuat untuk tetap memakai style beragam, tapi sebatas influens. Itu mengapa album ini tetap solid dikukuhkan sebagai album pop, tapi tetap punya kualitas keragaman. Salah satu track yang saya favoritkan berjudul ‘I Had a Dream’. Lagu ini punya banyak optimisme di dalamnya. Gerak musiknya berbeda, antara yang satu ini dengan beberapa lagu emosional lainnya, ‘Let Your Tears Fall’ dan ‘Good Goes the Bye’.

Saya menyukai bagian kedua dari album ini sebesar bagian pertamanya. Alasannya adalah kehadiran lagu-lagu tinggi potensi radio friendly-nya seperti ‘War Paint’ dan ‘Nostalgic’. Beat dalam ‘War Paint’ dibutuhkan untuk memberi semangat dalam album yang sepertinya kekurangan hal tersebut, ‘Nostalgic’ yang dipengaruhi oleh disko 80-an terdengar lebih nostalgic dari judulnya. Kekerenan album ini meningkat dengan dinamika yang timbul antara balada seperti ‘Tightrope’ dan disko lainnya ‘Dance With Me’.

Setelah “Thankful” yang powerful, “Breakaway” yang personal, “My December” yang cadas, “Stronger” yang fierce, dan “Wrapped in Red” yang mengharubiru, datang “Piece by Piece” yang seru dan berwarna. Ini yang namanya “don’t lose faith in Kelly Clarkson”, karena dia tidak pernah mengecewakan.

Music Video: Heartbeat Song

Official Website

Rate the album:
[ratings]

Buy album on iTunes:Piece By Piece (Deluxe Version) – Kelly Clarkson

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Heartbeat Song” 3:18
2. “Invincible” 3:58
3. “Someone” 3:39
4. “Take You High” 4:20
5. “Piece by Piece” 4:17
6. “Run Run Run” (featuring John Legend) 4:32
7. “I Had a Dream” 3:58
8. “Let Your Tears Fall” 3:55
9. “Tightrope” 3:32
10. “War Paint” 3:44
11. “Dance with Me” 4:20
12. “Nostalgic” 3:37
13. “Good Goes the Bye” 3:21

Related posts

Leave a Reply