Trending News

Blog Post

Album of the Day: LiSA – Launcher
Album of The Day

Album of the Day: LiSA – Launcher 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia
Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Merubah image lama menjadi suatu image yang baru memang tidaklah mudah dan hal ini sekarang dialami oleh penyanyi yang sudah malang melintang di dunia soundtrack anime atau anisong yaitu Risa Oribe atau yang sering dipanggil LiSA. Penyanyi yang sudah malang melintang dan sering mengisi anime populer seperti Fate/Zero, Sword Art Online, Mahouka dan yang paling baru Nisekoi ingin merubah image penyanyi anisong yang sudah lama ia sandang dan ingin menjadi seorang lady rocker. Hal ini memang dirasa wajar karena sebelum LiSA melejit berkat sumbangsih suaranya dalam anime Angel Beats dia adalah seorang vokalis dari band rock bernama “Chucky” yang terpengaruh oleh band melodic hardcore macam NOFX dan Zebrahead.

Lewat album ketiganya “Launcher”, LiSA seolah ingin menanggalkan image penyanyi anisong dan ingin menjadi idolanya yaitu Avril Lavigne yang tetap mempertahankan keimutannya di balik irama lagu yang kencang, hal ini tertuang pada lagu “L. Miranic” yang memainkan irama melodic pop punk, “Bad Sweet Trap”dan “Fragile Vampire” mempunyai influence alternative rock ala Foo Fighters dan Biffy Clyro. LiSA juga bermain dalam ranah alternative rock dan bisa didengarkan dalam lagu “Mr. Launcher” dan lagu ciptaan pemain bas dari Unison Square Garden, Tomoya Tabuchi “Rapid Life Syndrome” yang mencampurkan unsur rock yang cepat dan beberapa sound funk rock seperti Unison Square Garden lakukan. Highlight  di album ini adalah “Akogare Boenkyou” dimana LiSA memainkan musik power pop tanpa terdengar terlalu kencang dengan suara LiSA yang lembut dalam kadar yang pas. “Kimi ni Pierro” sedikit bermain jangly.

LiSA tidak serta merta menanggalkan image anisong dalam album ini karena ada beberapa lagu yang memang sangat cocok ditempatkan dalam anime seperti “Rising Hope”, “Mitsu” dan “Antihero” yang mempunyai kesan anisong yang kuat. Pop terutama J-Pop masih muncul di album ini seperti dalam lagu buatan agehasprings “BRiGHT FLiGHT” yang mempunyai sound electropop dan “Electrical” yang kental akan musik dance rock dengan bantuan musik 8-bit. Lagu penutup musim kedua anime Sword Art Online, “No More Time Machine” adalah track ringan dengan sound pop rock yang catchy. “Shirushi” adalah track ballad namun lisa tidak membiarkan lagu ini menjadi terlalu mellow dan masih memasukkan elemen pop rock di dalamnya.

Perlahan tapi pasti LiSA mulai beralih ke dalam musik yang lebih keras dalam album ketiganya, meski begitu nomor-nomor pop masih terlihat disini namun tidak terlalu mendominasi untuk menjaga fans LiSA. LiSA juga tidak terjebak dalam pop modern dan masih mengedepankan instrumen untuk membuat lagu. Dengan porsi setengah untuk pop dan setengah untuk rock di dalam “Launcher”, LiSA mencoba menjadi penengah diantaranya dirinya sendiri yang berjiwa rock dan penggemarnya yang berjiwa anisong/J-pop sehingga muncul album yang variatif. LiSA memang tidak sepenuhnya menanggalkan image pop nya tapi LiSA membuat keseimbangan yang pas dalam album “Launcher”.


Official Website

TRACKLIST
1. Mr.Launcher 4:09
2. Rising Hope 4:13
3. Rapid Life Syndrome 4:50
4. Mitsu 3:36
5. Akogare Bouenkyou 4:08
6. Bright Flight 4:37
7. L.Miranic 4:04
8. Fragile Vampire 4:00
9. Antihero 3:22
10. Bad Sweet Trap 3:49
11. Elect 4:37
12. Kimini Piero 4:15
13. No More Time Machine 4:53
14. Shirushi 4:48

luthfiLuthfi
CreativeDisc Contributor
@luthficantweet

Related posts

Leave a Reply