Trending News

Blog Post

Album of the Day: Madeon – Adventure
Album of The Day

Album of the Day: Madeon – Adventure 

Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Hugo Pierre Leclercq atau yang biasa kita kenal dengan Madeon, sudah aktif bermusik semenjak tahun 2009. Dan sudah beberapa tahun ini namanya mencorong dan mendapat perhatian lebih, bukan hanya karena wara-wiri di berbagai festival EDM ternama seperti Ultra atau pun tampil di Coachella, namun juga karena berbagai track yang dirilisnya (‘Icarus’ atau ‘Finale’), serta aktifitasnya dalam membantu banyak musisi lain (Lady Gaga, Ellie Goulding atau Muse, adalah di antara yang melihat bakatnya) dalam mengerjakan lagu-lagu mereka, baik sebagai komposer ataupun produser.

Tapi siapa kira ternyata ia baru berusia 20 tahun (21 tepatnya pada tanggal 30 Mei tahun ini). Sungguh usia yang masih sangat belia, namun nama Madeon sudah begitu menjulang. Tidak heran jika album debutnya ini, “Adventure” menjadi antisipasi banyak orang dan mungkin juga menjadi ajang pembuktian bagi Madeon bahwa dirinya memang pantas menyandang nama besar tersebut.

“Adventure” mungkin jawaban bagi yang mempermasalahkan album EDM yang hanya menjual huruf D dan meminggirkan M di sektor E-nya. Pada beberapa bagian Madeon tetap mengusung semangat dance, hanya saja jangan mengharapkan nomor-nomor progressive atau electro house, karena dance yang diusung oleh Madeon memang lebih condong bergerak di sektor electronica.

Track setelah intro pembuka, ‘You’re On’, sudah menjadi penegasan untuk itu. Menampilkan vokal dari Kyan, lagunya bergerak dengan dentum drum olahan mesin, sementara bassline juga tak kalah menderu, bersanding dengan synth yang meriah. Ini sebenarnya agak bertentangan dengan vokal Kyan yang cenderung bernyanyi secara melankolis, tapi di tangan Madeon, dua pergerakan ini bisa diikat dan menjadi satu kesatuan utuh yang saling mendukung.

Jangan lewatkan juga kerjasamanya dengan band pengusung electronica yang lebih senior, Passion Pit, dalam ‘Pay No Mind’. Bersama mereka memadukan antara electro-pop, new wave dan juga funk dalam sebuah lagu yang breezy. Kolaborasi ini seolah menegaskan jika Madeon tidak kalah dibandingkan seniornya tersebut, sementara bagi Passion Pit dapat juga sebagai indikasi jika ia memberi “restu” kepada juniornya.

Permainan synth memang kuat sekali dalam “Adventure”. Beberapa track lain, seperti ‘La Luna’ atau ‘Ok’ atau ‘Beings’ bisa menjadi contoh. Menariknya adalah Madeon tidak mau lagu-lagu ini seperti imitasi lagu-lagu 80-an belaka, karena ia tetap menginfusi sentuhan kekinian, sebutlah dubstep sebagai contoh, agar lagunya tetap terdengar kontemporer.

Track yang sayang untuk dilewatkan adalah ‘Nonsense’ yang menampilkan vokal Mark Foster dari Foster the People. Sejenak, track ini memang agak mengingatkan track-track new wave seperti M83 misalnya, tapi Madeon ingin memberi penegasan jika pop yang lebih light dengan hook pada chorus adalah komposisi utama dari materi yang dikerjakannya. Dan lagu ini mungkin contoh sempurna untuk itu.

Namun ‘Adventure’ tidak melulu berisi lagu-lagu yang bermain di ranah aman, karena album juga memberi ruang bagi Madeon untuk mengeksplorasi selera musik elektroniknya yang luas. Contohlah nomor dance up-tempo ‘Imperium’. Beat yang rapat menjadi andalan, terdengar seperti The Chemical Brothers bermain dubstep, tapi ‘Imperium’ adalah bukti jika bagi Madeon EDM tidak melulu harus nomor manis berbalut gula.

Yang paling penting, lagu-lagu dalam ‘Adventure’ tidak terdengar steril, karena Madeon tidak terlupa untuk memberi nyawa dan sentuhan manusia di tengah deru elektroniknya. Mendengarkan ‘Innocence’ kita seolah diajak dalam dunia mimpi yang mengawang lembut sedang pada track ‘Home’, Madeon seolah ingin membalut pendengarnya pada sebuah melankolia yang mengharu-biru. ‘Home’ dinyanyikan sendiri oleh Madeon dan mendengarkan lagu ini membuat kita berharap jika ke depannya ia lebih sering saja menyanyikan lagunya sendiri.

Jadi, ya, “Adventure” menjawab semua ekspektasi. Madeon is that good! Sebuah album debut yang menuri perhatian berkat materi yang kaya dan dikerjakan dengan sangat telaten dan rapi. Hasilnya, “Adventure” adalah sebuah album elektronis yang memilih untuk mengedepankan musik dengan lebih kuat, tanpa terlupa pada aroma dance-nya.

PS:
“Adventure” mungkin bisa didengarkan secara back-to-back dengan “Worlds” (2014) album musisi EDM muda lainnya, Porter Robinson.

Official Website

TRACKLIST
1. “Isometric (Intro)” 1:20
2. “You’re On” (featuring Kyan) 3:12
3. “OK” 3:01
4. “La Lune” (featuring Dan Smith) 3:39
5. “Pay No Mind” (featuring Passion Pit) 4:09
6. “Beings” 3:35
7. “Imperium” 3:18
8. “Zephyr” 3:40
9. “Nonsense” (featuring Mark Foster) 3:35
10. “Innocence” (featuring Aquilo) 3:44
11. “Pixel Empire” 4:04
12. “Home” 3:45

Haris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi

Related posts

Leave a Reply