Trending News

Blog Post

Album of the Day: Various Artists – Ultra Music Festival 2015
Album of The Day

Album of the Day: Various Artists – Ultra Music Festival 2015 

Released by: Universal Music Indonesia
Released by: Sony Music Entertainment Indonesia

Ultra Music Festival (UMF) adalah festival EDM tahunan yang berlangsung di bulan Maret di kota (tentu saja) Miami, Florida, Amerika Serikat. Festival yang berlangsung secara outdoor ini merupakan salah satu yang bergengsi dan menghadirkan barisan line-up yang datang dari nama-nama paten di skena dance music.

Begitu populernya festival ini, hingga setiap tahun selalu padat dihadiri oleh ribuan orang dari berbagai sudut dunia. Mereka berbondong-bondong untuk menyaksikan DJ/musisi EDM favoritnya beraksi.

Mungkin kita tidak bisa menghadiri UMF tahun ini. Tapi jangan takut, karena kini telah hadir sebuah album kompilasi bertajuk “Ultra Music Festival 2015” yang siap menghadirkan keriuhan UMF dimana saja, kapan saja.

Tapi ada yang berbeda antara album ini dengan banyak album kompilasi EDM yang banyak beredar akhir-akhir ini. Tentunya yang paling mencorong adalah pilihan track yang terkandung di dalamnya. Dibandingkan album sejenis yang memilih menghadirkan track-track yang relatif lebih banyak diisi oleh nama-nama musisi dan lagu yang populer/nge-pop, maka “Ultra Music Festival 2015” lebih memilih menghadirkan track-track yang cenderung lebih obscure dengan variasi subgenre yang cukup kaya.

Album dibuka dengan track progressive house penuh enerji dari Vicetone, ‘Follow Me’, yang jelas siap mengajak pendengar untuk merasakan sensasi meriahnya festival. Berdegup dengan beat yang mengundang, meski tidak terlalu intens, karena lagu cenderung dalam EDM pop yang romantis sebagaimana yang menjadi trend saat ini. Cocoklah sebagai pembuka dan pemanasan.

Disusul dengan salah satu maestro EDM kenamaan, Benny Benassi yang bekerjasama dengan Chris Nasty dalam track house yang club-banger-ready, ‘Aphrodisiak’. Saat suasana semakin panas, album segera menyusulnya dengan house yang lebih ringan dan bergaya retro-disco olahan Bakermat, ‘Teach Me’.

Track berikutnya masih berbau house yang edgy namun juga retro, yaitu ‘Lost You’ yang dihadirkan oleh Zeds Dead bersama Twin Shadow dan D’Angelo Lacy. Masih dari ranah house, kini giliran Tchami dan Marshall Jefferson mengajak berdansa dalam kolaborasi mereka, ‘Move Your Body (Future House)’. Meski berembel-embel “future”, namun track ini terdengar seperti datang dari era 90-an. Namun bukan hal yang aneh juga, karena lagu-lagu house biasanya memang memiliki tipologi yang sama.

Dengan banyaknya lagu-lagu house yang cenderung lebih santai, kita mungkin bertanya-tanya, apakah “Ultra Music Festival 2015” hanya berisi lagu-lagu house yang cenderung laidback. Bagaimana jika kita ingin menggerakkan tubuh dengan ekspresif dengan latar electro atau progressive? Worry not, karena setelahnya hadir Tommie Sunshine bersama Halfway House dan Fast Eddie dalam sebuah electro house bergelora dan beat atraktif yang siap menghajar pendengaran.

Saat semangat mulai memuncak, album menyambungnya dengan sebuah track trap yang tak kalah intens berjudul ‘Soundclash’ dari Flosstradamus & TroyBoi dan diekori oleh ‘No Place Like Home’ nomor electro dari salah satu bintang EDM masa kini, Blasterjaxx. Menggandeng Rosette sebagai pengisi vokal, verse dihabiskan dengan pendekatan ala folk yang manis.

Trance menjadi sajian berikutnya dan siapa lagi yang paling tepat untuk berkontribusi selain the one and only Paul van Dyk, yang bersama Roger Shah dan Daphne Khoo, menghadirkan track berjudul ‘Louder’, yang sebenarnya lebih lekat dengan progressive house kekinian ketimbang trance, meski porsi untuk itu tetap ada.

Setelahnya ada Steve Aoki yang hadir bersama Moxie Raia yang menghadirkan anthem progressive house berbau pop manis, ‘I Love It When You Cry (Moxoki)’ yang chorusnya dipastikan akan membuat para pendengarnya sing-a-long bersama lagunya.

Belum lelah melonjak-lonjak? Maka album menghadirkan Ladiback Luke dan Project 46 yang menghadirkan ‘Memories’ yang enerjik dan melankolis sekaligus. Disusul Hot Since 82 yang menggandeng Black Box untuk track ‘Somebody Everybody’ yang bernuansa house yang edgy dan sedikit gelap. Beat yang rapat dan repetitif adalah kekuatan track ini untuk mengajak pendengarnya masuk dalam atmosfir lagunya.

Dua track penutup adalah track-track yang juga mengandalkan atmosfir ketimbang beat intens belaka. Dimaklumi, karena kita sudah memasuki penghujung album dan pesta siap untuk berakhir. ‘We’re All We Need’ dari Above & Beyond, yang menggandeng Zoë Johnston untuk vokal, adalah sebuah progressive trance dimana Johnston melantun dengan mengawang, sementara musik yang diolah duo ini tak kalah moody-nya dan terdengar pas sebagai latar nyanyiannya.

Track terakhir datang dari nama yang tengah naik, Kygo, dimana DJ asal Norwegia ini mengajak Condrad Sewel sebagai pengisi vokal ‘Firestone’ yang mengusung deep house berbau electronica sebagai aransemen. Sebuah penutup yang sempurna dan pas untuk bertugas sebagai pendinginan setelah kita mengentakkan tubuh dengan penuh semangat.

Secara keseluruhan “Ultra Music Festival 2015” adalah sebuah album kompilasi EDM yang memuaskan karena memiliki materi yang disusun dengan cukup baik. Meski pilihan musisi yang terlibat cukup terbatas (cukup dimengerti jika sebagian besar datang dari katalog Ultra Records itu sendiri), namun bukan berarti track-track yang diusungnya memiliki kualitas yang terbatas pula. Kekurangan mungkin adalah track-track tidak diambil secara live melainkan versi studio, sehingga agak meminggirkan suasana Ultra Music Festival yang (mungkin) ingin dirasakan oleh pendengarnya. Terlepas dari itu, “Ultra Music Festival” adalah sebuah album kompilasi EDM alternatif yang sangat layak untuk dikoleksi.

TRACKLIST
1. Follow Me – Vicetone feat. JHart
2. Aphrodisiak – Benny Benassi & Chris Nasty
3. Teach Me – Bakermat
4. Lost You – Zeds Dead feat. Twin Shadow & D’Angelo Lacy
5. Move Your Body (Future House) – Tchami & Marshall Jefferson
6. The Man – Tommie Sunshine & Halfway House feat. Fast Eddie
7. Soundclash – Flosstradamus & TroyBoi
8. No Place Like Home – Blasterjaxx feat. Rosette
9. Louder – Paul van Dyk & Roger Shah feat. Daphne Khoo
10. I Love It When You Cry (Moxoki) – Steve Aoki & Moxie Raia
11. Memories – Laidback Luke & Project 46
12. Somebody Everybody – Hot Since 82 feat. Black Box
13. We’re All We Need – Above & Beyond feat. Zoë Johnston
14. Firestone – Kygo feat. Conrad Sewell

Haris
CreativeDisc Contributor
@oldeuboi

Related posts

Leave a Reply

windows 10 pro kaufen office 2019 pro kaufen office 365 pro kaufen windows 10 home kaufen windows lizenz kaufen instagram follower kaufen tiktok follower kaufen windows 10 pro satın al office 2019 pro satın al office 365 pro satın al windows 10 home satın al windows lisans satın al windows 10 satın al