Trending News

Blog Post

Shawn Mendes, Musisi Pertama Dari Vine Yang Sukses Besar
Behind The Music

Shawn Mendes, Musisi Pertama Dari Vine Yang Sukses Besar 

“We don’t have to be ordinary….”

Kalimat itu adalah kutipan dari lagu Shawn Peter Raul Mendes, atau yang lebih dikenal dengan nama Shawn Mendes. Mungkin, orang-orang yang berusia seperti saya (25+) tidak terlalu familiar dengan nama Shawn Mendes. Tapi, kalo ditanyakan ke mereka yang baru berusia sekitar 13 tahun atau 15 tahun akan tahu dengan pasti siapa Shawn Mendes ini. Ini jelas, karena Shawn Mendes masih tergolong remaja. Tahun ini dia bahkan baru berusia 17 tahun!

Apa hubungannya saya kutip kalimat dari lagu “Life of the Party” dari Shawn Mendes ini sebagai awal tulisan di artikel? Ini karena Shawn tergolong anak muda yang tenar dengan cara yang tidak biasa. Yep! Shawn dinobatkan sebagai “Musisi Vine Pertama yang Jadi Bintang” oleh Billboard. Siapa sangka, dari keisengannya cover lagu As Long As You Love Me dari Justin Bieber di Vine, dia jadi superstar seperti sekarang.


Back in 2013, Shawn mulai memposting video cover lagu-lagu yang sedang digandrungi banyak orang lewat Vine. Memang, Vine belum sebegitu tenar di Indonesia, tapi tampaknya, itu tidak terlihat di Negara lain. Toh! Buktinya, dengan cuma memposting video cover 6 detik saja, nama Shawn langsung melejit.  Setahun setelah Shawn ‘langganan’ post video covernya di Vine, dia dilirik oleh Island Record. Di tahun yang sama, lebih tepatnya tanggal 28 Juli 2014, The Shawn Mendes EP dirilis. Single pertama dari EP ini adalah Life Of The Party. The Shawn Mendes EP sendiri langsung menempati posisi yang menjanjikan. Di Kanada dan US saja, EP ini menempati posisi ke 5 dalam chart.

Sukses EP Shawn ini akhirnya membawa Shawn ke berbagai konser. Salah satunya, dia pernah menjadi Opening Act untuk konser Taylor Swift The 1989 World Tour di Amerika Utara. Dan di tahun 2014 juga, Shawn diajak berduet oleh The Vamps untuk menyanyikan lagu mereka Cecilia (Breaking My Heart).

Tahun 2014 boleh jadi adalah tahun cemerlangnya Shawn Mendes. Tapi, bagaimana dengan tahun 2015 ini? Di bulan April lalu, Shawn merilis album pertamanya berjudul Handwritten yang tersedia dalam versi Standard atau Deluxe. Single pertama di album Shawn ini adalah Something Big. Sejak dirilis, album ini sudah menempati posisi #1 di chart 3 negara di dunia. Wow!

Jujur, saya memang tidak mengikuti perjalanan karier Shawn dari sejak dia muncul di Vine, saya baru tahu Shawn saat browsing di Youtube untuk menemukan lagu-lagu baru selain playlist di computer saya (So, thank you Youtube!). Lagu Life of The Party-lah yang pertama kali “nyantol” di kepala saya. Dan, setelah mendengarkan lagu-lagunya di Youtube, saya mulai tertarik dengan sosoknya.


Bagi saya, agak terdengar sedikit unsur Ed Sheeran di dalam lagu-lagu Shawn. Dan ternyata, saya menemukan artikel yang kasih tahu bahwa di tahun 2014, dia pernah diundang secara personal oleh Ed Sheeran untuk bertemu dengannya di LA. Ed sendiri merasa ada unsur dalam music dan suara Shawn yang mirip dengannya. Nah! Ternyata, saya tidak salah.

“So, it’s not an Imagination if you want to live your Life of The Party without any Stitches. Just feel the Air like some Kid In Love who always bring the lovely Aftertaste of Something Big with Shawn Mendes.”

Kunjungi Vines Shawn Mendes di: vine.co/u/937830842749816832

dundhee yuwono
CreativeDisc Contributor
@dundhee_

Related posts

Leave a Reply