Trending News

Blog Post

Album of the Day: Sting – 57th & 9th
Album of The Day

Album of the Day: Sting – 57th & 9th 

Released by: Universal Music Indonesia

Siapa sangka bahwa salah satu vokalis dari band legendaris The Police akan membuat album rock kembali. Gordon Matthew Thomas Sumner atau biasa dipanggil Sting sempat mengalami apa yang rocker tua rasakan ketika memasuki masa senjanya yaitu merasa tidak pede atau bosan untuk membuat album rock dan pindah ke musik klasik atau tradisional seperti Bob Dylan dan Rod Stewart yang berpindah haluan mengikuti usia pendengar mereka. Ada tiga setengah album klasik yang dibuat Sting pada era 2006 – 2013 (The Last Ship dihitung setengah karena memadukan musik klasik dan modern). Sting hampir terjebak dalam penuaan dan ingin kembali ke hingar bingar rock music dan muncullah album rock pertama Sting setelah tiga belas tahun menunggu sejak “Sacred Love” berjudul “57TH& 9TH”.

Pertama kali mendengar lagu pertama yang dipublikasikan untuk album ini yaitu “I Can’t Stop Thinking About You” ada rasa optimisme terpancar dalam lagu ini. Lagu ini penuh kedinamisan ritmis yang hilang dalam musik rock akhir-akhir ini yang mengejar pretentius dengan pukulan yang besar. Semangat itu berlanjut di beberapa track seperti “Petrol Head” yang memasukkan unsur blues rock untuk membakar semangat dan “Down, Down, Down” yang melodius dan mempunyai sound pop rock yang classy.

“57TH & 9TH” seolah menjadi album yang merefleksikan apa yang Sting lakukan dan pikirkan sepanjang vakumnya dari musik rock seperti perubahan iklim, kasus ISIS dan terorisme, meninggalnya musisi dunia dalam satu tahun, dan refleksi dari karir musiknya sendiri. “Pretty Young Soldier” adalah sebuah ode kepada tentara muda yang meninggalkan keluarga dan dibawakan dengan gaya Sting di era album solo awalnya. “Heading South On The Great North Road” menceritakan tentang karir Sting yang bermula dari pemuda di Inggris sampai menjadi musisi legendaris yang sudah keliling dunia dengan nuansa akustik. Pada “Inshallah” yang terinspirasi dari quote Islam ini ia mencoba lebih spiritual dengan tabuhan eastern music dan meminjam esensi world music yang diagungkan oleh Peter Gabriel. “The Empty Chair” bermain dengan folk yang lirih dan bercerita tentang korban ISIS.

Sayangnya tidak semua tema yang Sting sampaikan sesuai dengan apa yang dibutuhkan saat ini dan terdengar sedikit telat dari masa sekarang. Sting juga terasa sedikit awkward dalam beberapa lagu dan masih berpikir bahwa ia masih hidup di awal 2000an pada “One Fine Day” yang terlalu straightforward tentang perubahan iklim sehingga terdengar komikal dengan lirik yang sangat imajiner (“and snakes will talk and pigs wil fly”) meski lagunya sangat catchy dan simpel. “50.000” yang berbicara tentang legenda musik yang meninggal juga terdengar begitu standar dan terdengar seperti remaja yang baru pertama kali menulis lirik. “If You Can’t Love Me” ingin bergerak begitu emosional tetapi tertutup dengan sound pop rock yang tidak perlu.

Pada “57TH & 9TH”, Sting menghadapi dilema dan optimisme dalam musiknya. Ia bermain begitu bergairah pada beberapa lagu dan masih memberikan pesan hidup yang sama ketika ia masih membuat “Englishman in New York” atau bahkan waktu ia masih bersama The Police tetapi di beberapa titik Sting seperti terdengar menua dan terlalu memaksakan musiknya untuk dikonsumsi di era modern dimana kita bisa merasakan lagu yang lebih dalam dari lagu yang diberikan oleh Sting berkat internet dan streaming.

“57TH & 9TH” seolah terjebak dalam lanskap modernitas yang Sting sendiri tidak bisa ikuti. Sting seolah ingin menargetkan bahwa album ini hanya bisa dikonsumsi oleh seseorang yang berusia 30 tahun keatas dan bukan untuk semuanya. Jika memang itu target Sting dan tim dalam memasarkan album ini maka mereka berhasil membuat album untuk konsumsi umur seperti itu tetapi jika Sting ingin agar albumnya didengar oleh semua orang termasuk anak muda maka jalan yang ditempuhnya bisa sangat terjal untuk mencekoki anak jaman sekarang dengan konten seperti ini.

iTunes

iTunes

Official Website

TRACKLIST
1. I Cant Stop Thinking About You
2. Fifty Thousand
3. Down, Down, Down
4. One Fine Day
5. The Pretty Young Soldier
6. Petrol Head
7. Heading South On The Great North Road
8. If You Cant Love Me
9. Inshallah
10. The Empty Chair

Teks:
Luthfi Suryanda

Related posts

Leave a Reply

windows 10 pro kaufen office 2019 pro kaufen office 365 pro kaufen windows 10 home kaufen windows lizenz kaufen instagram follower kaufen tiktok follower kaufen windows 10 pro satın al office 2019 pro satın al office 365 pro satın al windows 10 home satın al windows lisans satın al windows 10 satın al