Quantcast

Rock N’ Sound: Taking Back Sunday 20th Year Anniversary

By - 3 months ago in Concerts Review

Kembali ke era akhir tahun 90an di Amerika Serikat sedang gencar terbentuknya band-band bergenre hardcore yang lebih kalem, Musik rock yang identik dengan raungan distorsi dan balutan vokal melodius serta lirik puitis, Sebagian media menyebutnya post-hardcore sebagian lain menyebutnya emo atau emocore. Banyak band yang kemudian menarik perhatian media dan khalayak, diantaranya Jimmy Eat World, Thrice, Thursday dan Saves The Day, Sebuah gelombang Emo bagian kedua, menyusul sang pendahulu Jaw Breaker dan Sunny Day Real Estate.

Invasi Emo ini pun merebak ke se antero negeri. Tak terlepas geliat sekumpulan anak muda di Long Island, sebuah pulau padat penduduk di pantai timur New York. Tempat berdirinya Bandar Udara terbesar di Amerika Serikat, John F Kennedy Airport. Anak muda ini yang kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya sebuah Band Emo bernama Taking Back Sunday. Setelah merilis mini album pada tahun 2001 dengan vokalis terdahulu, Taking Back Sunday kemudian merilis debut album penuh dengan vokalis pengganti Adam Lazzara. Album yang bertajuk Tell All Your Friends dirilis pada tahun 2002 melalui record label legendaris Victory Records. Diikuti dengan rangkaian tur di berbagai tempat di Amerika Serikat. Album ini juga mendapat ulasan positif dari berbagai media dan segera memiliki penggemar yang luas.

Namun kesuksesan album debut ini tak berbanding lurus dengan hubungan internal band, polemik bongkar pasang personel pun tak bisa dihindarkan. hebatnya Taking Back Sunday tak kehilangan energi untuk terus berkarya, tercatat mereka telah merilis 7 album penuh, termasuk album Twenty yang baru saja rilis pada awal tahun ini, sebuah album monumental berisi lagu-lagu dari album terdahulu dan tambahan 2 lagu baru yang dirilis untuk merayakan 20 tahun eksistensi Taking Back Sunday di kancah musik global. berkaitan dengan momen itu, Taking Back Sunday pun merancang konser tur ke berbagai negara dunia, termasuk Indonesia.

Pengumuman jadwal di Indonesia termasuk yang terakhir dibandingankan dengan negara tetangga seperti Singapura dan Filipina, hal ini sempat membuat khawatir para penggemar Taking Back Sunday tanah air, apakah mereka jadi singgah atau tidak.

MyWill Entertainment menjawab tanda tanya itu, unit Entertainment Company yang sudah banyak meyajikan konser band international di Indonesia dan Asia Tenggara ini mengundang Taking Back Sunday untuk tampil di Rock N’ Sound, mini festival yang digagas untuk mewarnai festival rock dalam negeri dan rencananya akan dihelat setiap tahun.

Rock N’ Sound digelar pada tanggal 23 Januari 2019 dengan Taking Back Sunday sebagai penampil utama. Dari Tanah Air akan tampil Padi Reborn, band yang awal tahun kemarin memutuskan untuk kembali eksis setelah 7 tahun hiatus. Kemudian akan tampil The SIGIT, band rock asal Bandung dengan karakter musik yang kuat dan mempunyai basis penggemar luas. Tennis Indoor Gelora Bung Karno (GBK) dipilih sebagai tempat acara, dengan pertimbangan bahwa tempat ini salah satu saksi kejayaan festival rock di Indonesia. Seperti yang diungkapkan Willy Hidayat, CEO MyWill Entertainment pada saat konferensi pers beberapa hari sebelum Rock N’ Sound digelar.

Hari yang ditunggu pun tiba, sejak sore penonton sudah mulai memadati area luar venue. Ini merupakan konser pertama yang dihelat di Tennis Indoor GBK pada tahun 2019. Setelah direnovasi untuk gelaran Asian Games tahun lalu, tempat ini tampak lebih apik.
Sekitar pukul 9 malam Rock N’ Sound pun dibuka dengan penampilan Padi Reborn, menyapa sobat Padi dengan Sang Penghibur sebuah single Dari album Tak Hanya Diam, album terakhir yang dirilis sebelum mereka memutuskan untuk vakum. Seperti janjinya pada saat jumpa pers, Yoyo (drumer) berujar akan menampilkan sisi Padi Reborn yang lebih rock, dengan set lagu yang berbeda, terbukti dengan Ketakjuban dan Terluka, sebuah nomor yang jarang sekali dimainkan live. Sederetan lagu hits pun tak luput dibawakan Fadli dkk, Mahadewi, Bayangkanlah dan tentu saja lagu sepanjang masa, Sobat.

Penampil kedua, The SIGIT pun bersiap menghajar panggung Rock N’ Sound. Membuka dengan Detourn dari album yang berjudul sama. Lagu yang selalu menjadi set awal The SIGIT di banyak panggung. Disusul dengan Let the Right One In. Tak terlewat lagu lagu andalan seperti Black Amplifier dan Soul Sister digeber semakin memanaskan suasana.

Jeda sejenak untuk waktu peralihan, penonton meneriakan TBS… TBS.. sembari merapat ke depan panggung. Tak perlu menunggu lama, intro musik dimainkan, seluruh personil Taking Back Sunday pun mengisi pos-nya masing-masing, dari sebelah kiri, Gitaris John Nolan — satu-satunya member asli yang tersisa, sedikit bergeser drummer mark O’ Connell, sejajar dengan Mark berdiri bassis Shaun Cooper dan di ujung kanan Nathan Cogan sebagai gitaris & kibordis tambahan tur, serta Vokalis Adam Lazzara yang muncul belakangan.

Taking Back Sunday membuka penampilannya di Rock N’ Sound Jakarta dengan set lagu dari Album debut mereka Tell All Your Friends. Album yang bisa dibilang sebagai salah satu album masterpiece subgenre emo. Sesuai urutan track pada album tersebut, Taking Back Sunday memainkan You Know How I Do berlanjut dengan Bike Scene bersambung dengan Cute Without E (Cut from the Team), lagu yang menjadi single hit dan melambungkan nama mereka. No “I” in Team mengimbuh setelahnya. Sedikit jeda, sang vokalis Adam Lazzara berusaha menyapa penggemarnya, bercerita tentang Ayahnya yang tidak tahu letak Jakarta, dan bertanya pada Adam, untuk apa kamu jauh-jauh kesana (Indonesia)? Ya bermain musik, bertemu penggemar. Yang kemudian disambut gelak tawa penonton. Berikutnya, Great Romances of the 20th Century, masih dari set Tell All Your Friends album, nomor yang pertama kali diciptakan oleh kuartet Long Island ini. ‘This is our First Song” ujar Adam singkat. Lagu yang juga menjadi debut muskc video bagi Taking Back Sunday. Total 10 track yang terdapat di album Tell All Your Friends, dimainkan secara live, termasuk Ghost Man On Third yang mendayu puitis, Timberwolves at New Jersey yang menghentak bersautan dengan nyanyian penonton, kemudian The Blue Channel dengan intro piano yang dimainkan gitaris tur Nathan Cogan. You’re Last Summer yang kuat harmonis vokal, sesi pertama ditutup dengan nomor Head Club dengan tempo kencang. Momen nostalgia yang ditunggu sejak lama oleh penggemar di Jakarta.

Seperti di Kota/Negara yang telah Taking Back Sunday singgahi pada rangkaian tur ini sebelumnya, mereka menampikan setlist dari album debut Tell All Your Friends pada sesi pertama dan kompilask single hit pada sesi kedua. Tanpa basa-basi Taking Back Sunday membuka Sesi kedua dengan A Decade Under The Influence single dari album kedua Where You Want to Be yang dirilis tahun 2004. Set Phasers to Stun pun berlanjut setelahnya, dua lagu yang ditunggu penonton pun dimainkan. Adam Lazzara dan John Nolan kembali menyapa penonton, thanks for coming guys for rock n roll.. finally we are here..” Taking Back Sunday sempat dijadwalkan konser di Jakarta tahun 2010 silam, namun batal tampil. Helatan Rock N’ Sound ini menjadi pelipur penantian fans mereka di Indonesia.

Flicker Fade, Single dari album Happiness is dimainkan berlanjut dengan This Photograph is Proof (I Know You Know) single hitsdari album kedua mereka ini disambut riuh nyanyian penonton dan sebagian lainnya merekam dengan gawainya. Lagu Dari album kedua lainnya, Number Five with a Bullet serta lagu yang jarang sekali dimainkan live oleh Taking Back Sunday. Sedikit prolog, Adam Lazzara bercerita, salah satu fans wanita yang bertemu saat meet n greet memintanya untuk membawakan lagu tersebut. New American Classic pun dilantunkan, bersautan dengan sing a long penonton lirih. Sepanjang set, Adam memutar, menarik, melempar kabel mikrofon dengan taktis, layaknya seorang koboi yang sedang memainkan tali lassonya. Aksi panggung yang khas ini menjadi daya tarik tersendiri.

Total 22 lagu Taking Back Sunday hentakan pada helatan Rock N Sound Jakarta ini, termasuk Error: Operator, Liar (It Takes One To Know One), What’s It Feel to be Ghost?, dari album debut mainstream Louder Now yang rilis via Warner Bros Records pada Tahun 2006. Lalu You Can’t Look Back dari album Tidal Wave. Tak terlewat All Ready To Go, single terkini mereka yang baru saja rilis awal tahun 2019 ini.

Taking Back Sunday menutup penampilannya di Rock N Sound Jakarta dengan MakeDamnSure, single yang tercatat paling sukses dalam karir bermusik mereka. Sempat bercokol di daftar 100 lagu terbaik tahun 2006 versi majalah Rolling Stone AS. Menyambut lagu pamungkas tersebut penonton bernyanyi lantang dengan segenap energi yang tersisa. Happy Anniversary Taking Back Sunday!

Setlist Taking Back Sunday live at Rock N Sound Jakarta.
1. You Know How I Do
2. Bike Scene
3. Cute Without ‘E’ (Cut From the Team)
4. There’s No ‘I’ in Team
5. Great Romances of the 20th Century
6. Ghost Man on Third
7. Timberwolves at New Jersey
8. The Blue Channel
9. You’re So Last Summer
10. Head Club
11. A Decade Under The Influence
12. Error: Operator
13. Set Phasers to Stun
14. Flicker, Fade
15. The Photograph Is Proof (I Know You Know)
16. What’s It Feel to be a Ghost?
17. Number Five With a Bullet
18. Liar (it Takes One To Know One)
19. You Can’t Look Back
20. New American Classic
21. All Ready to Go
22. MakeDamnSure

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Concerts Review | March 30, 2019 By

Ruel Akui Sing-Along Penonton Jakarta Yang Paling Heboh

Concerts Review | March 29, 2019 By

Jelang Bubar, Boyzone Hadirkan Konser Nostalgia 25 Tahun di Jakarta

Concerts Review | March 17, 2019 By

Serunya Joseph Vincent Bernyanyi Lagu Indonesia di Konser Solonya