Trending News

Blog Post

Dituduh Plagiat, Royalti ‘Shape of You’ Ed Sheeran Dibekukan
Music News

Dituduh Plagiat, Royalti ‘Shape of You’ Ed Sheeran Dibekukan 

Ed Sheeran kembali terlibat masalah hukum gara-gara lagunya yang dianggap mencontek lagu karya orang lain. Yang terbaru menerpa dirinya adalah dari musisi bernama Sam Chokri (26), yang menuntut Ed (28) ke pengadilan. Penyebabnya adalah kisruh asal muasal lagu hit 2017 milik Ed, ‘Shape of You’.

Sebuah dokuken hukum di pengadilan tinggi mengklaim jika Ed “secara sadar atau tidak punya kebiasaan meniru kemampuan komposisi dan buah karya penulis lagu lain.”

Chokri yang memiliki nama panggung Sami Switch beranggapan jika chorus ‘Shape of You’ dicuri Ed dari lagu miliknya yang dirilis di tahun 2015, ‘Oh Why’. Chokri juga menuduh karya-karya Ed lain mencuri materi dari berbagai musisi lain, seperti TLC Shaggy dan penyanyi country Jasmine Rae, sebagaimana yang dilaporkan oleh MailOnline.

Akibat dari tuduhan ini, maka royalti yang didapat Ed dari ‘Shape of You’ untuk sementara dibekukan sampai ada keputusan dari pengadilan. Ed sendiri telah meluncurkan gugatan balik untuk kembali mendapatkan keuntungannya, dengan anggapan Chokri telah menghalangi aliran pemasukan keuntungannya.

Kasus ini muncul berselang setahun setelah terungkap jika Ed dituntut sebesar $100 juta oleh ahli waris mendiang produser bernama Ed Townsend, yang turut menulis lagu Marvin Gaye, ‘Let’s Get It On’, dengan tuduhan menggunakan progresi harmonis mayor dan unsur ritme lagu tersebut untuk ‘Thinking Out Loud’.

Ini bukan kali pertama ‘Shape of You’ terkena kasus plagiat, karena sebelumnya lagu tersebut sangat mirip dengan hit 1997 milik TLC, ‘No Scrubs’. Alhasil, Kandi Burruss dan Tameka Dianne ‘Tiny’ Harris ditambahkan dalam kredit penulisan lagu.


Related posts

Leave a Reply