fbpx

Trending News

Blog Post

Konser Penuh Kejutan dari Mike Shinoda, Post Traumatic Tour Jakarta Sukses Membayar Kerinduan Penggemar
Concerts Review

Konser Penuh Kejutan dari Mike Shinoda, Post Traumatic Tour Jakarta Sukses Membayar Kerinduan Penggemar 

Setelah tahun 2018 yang lalu Mike Shinoda mengunjungi Singapura sebagai salah satu negara dalam rangkaian Post Traumatic Tour untuk wilayah Asia, penggemar dikejutkan dengan adanya rangkaian tour tambahan selang setahun setelahnya. Negara di Asia yang dikunjungi kali ini adalah Indonesia (Jakarta), Filipina (Manila), Taiwan (Taipei), dan Jepang. Kedatangannya kali ini ia tidak sendiri, Mike Shinoda membawa serta Don Broco, band rock asal Bedford, UK sebagai band pembuka. Post Traumatic Tour untuk Jakarta diadakan pada tanggal 4 September 2019 oleh Widelines dan Beatnation Asia sebagai promoter penyelenggara, dan bertempat di Hall D JI Expo Kemayoran.

Walaupun diadakan di tengah minggu, konser yang dijadwalkan dimulai pada pukul 8 malam ini sudah banyak didatangi penonton sejak sore hari. Mereka yang datang lebih awal bisa mengantri untuk menukarkan tiket dengan wristband, dan mereka memilih untuk duduk didepan gate walaupun berdasarkan informasi yang beredar, gate baru akan dibuka sekitar pukul 6.30 malam. Rata-rata penonton yang hadir hari itu memakai kaos Linkin Park, ada juga yang berdandan sesuai dengan ciri khas Mike Shinoda yaitu dengan menggunakan kemeja kotak-kotak merah lengan panjang. Semakin malam, antrian didepan gate semakin panjang, dan ketika akhirnya gate dibuka, penonton pun bergerak merapat untuk bisa masuk sesegera mungkin kedalam area konser. Kategori tiket untuk konser ini dibagi menjadi 2 yaitu Festival A dan Festival B, dan Festival A itu sendiripun terbagi menjadi dua sisi yaitu sisi kanan dan kiri panggung. Bagian tengah yang memisahkan antara Festival A kanan dan Festival A kiri dibuat jalan panjang yang diduga akan digunakan Mike untuk turun dari panggung dan berinteraksi dengan penonton.

Sekitar pukul 8 malam, lampu dimatikan dan lagu Indonesia Raya berkumandang, menandakan pertunjukan akan segera dimulai. Setelah lagu kebangsaan diputar, Don Broco langsung tampil diatas panggung. Band yang sudah memiliki 3 album ini menyapa penonton dengan ramah dan mengatakan bahwa sangat senang untuk pertama kalinya bisa tampil di Jakarta. Don Broco membawakan lagu-lagu hits andalan mereka seperti Everybody, Come Out To LA, You Wanna Know, dan mengucapkan terima kasih dalam bahasa Indonesia di akhir lagu. Yang menarik adalah saat membawakan lagu T-Shirt Song, Rob Damiani sang vokalis meminta semua penonton mengangkat barang-barang yang sedang dipegang saat itu, t-shirt, bendera, tas, handphone, kertas, benda apapun dan menggerakannya di sepanjang lagu. Untuk band pembuka yang baru pertama kali datang ke Indonesia, Don Broco sukses mencuri perhatian para penonton yang hadir malam itu.

Setelah Don Broco pamit, lampu kembali dimatikan dan crew panggung mulai mempersiapkan alat-alat untuk Mike Shinoda. Awalnya penonton menanti dengan sabar, akan tetapi setelah sekian lama menunggu dan Mike tidak tampil juga, penonton mulai meneriakkan “We Want Mike” bersama-sama.

Hingga akhirnya sekitar hampir pukul 9 malam, penantian berakhir sudah. Mike tampil diatas panggung dengan menggunakan kaos putih bertuliskan “Pleasures” dan tanpa menggunakan topi seperti yang biasanya selalu dikenakan. Membuka penampilan malam itu dengan membawakan “Welcome”, penonton pun ikut bernyanyi di sepanjang lagu. Mike banyak membawakan lagu-lagu dari album terbarunya (Post Traumatic) seperti Watching As I Fall, Make It Up As I Go, Crossing A Line, Hold It Together, dan juga Lift Off yang cukup jarang dibawakan pada penampilan-penampilan sebelumnya. Tidak hanya membawakan lagu-lagu dari album Post Traumatic, Mike juga melakukan medley/mash-up untuk beberapa lagu Linkin Park, dan tentunya hal itu membuat penonton semakin antusias.

Yang cukup spesial malam itu adalah Mike membawakan beberapa lagu dalam versi piano dan meminta penonton untuk menyanyikannya bersama-sama, untuk Chester. Lagu-lagu yang dibawakan dengan piano malam itu adalah Numb, In The End, dan Heavy. Penonton yang kompak menyanyikan setiap lirik dalam lagu tersebut membuat suasana sangat syahdu, dan beberapa penonton terlihat sangat mendalami lagu-lagu tersebut.

Kejutan lain di malam itu adalah pada saat membawakan lagu A Place For My Head, Mike tidak sendiri. Ia dibantu oleh Rob Damiani, vokalis Don Broco yang tampil kembali keatas panggung. Dan juga Mike membawakan lagu World’s On Fire, yang videoklipnya dijadwalkan akan dirilis tepat sehari setelah jadwal konser di Jakarta. Mike mengingatkan untuk mengecek youtube dan melihat video dari lagu tersebut karena akan sangat spesial yaitu dengan menggunakan animasi.

Total ada 23 lagu yang dibawakan Mike Shinoda malam itu, dan cukup mengobati kerinduan penggemar akan Linkin Park. Mike menutup penampilan malam itu dengan lagu Running From My Shadow, dan berjanji akan kembali lagi ke Indonesia dengan membawa serta teman-temannya.

Setlist :
1. Welcome
2. Watching As I Fall
3. When They Come For Me
4. Make It Up As I Go
5. In Stereo
6. Crossing A Line
7. Castle Of Glass
8. Hold It Together
9. Iridescent
10. Lift Off
11. Waiting For The End // Where’d You Go
12. Numb (Piano)
13. In The End (Piano)
14. Heavy (Piano)
15. About You
16. Over Again
17. Papercut
18. A Place For My Head (Ft. Rob Damiani of Don Broco)
19. World’s On Fire
20. It’s Going Down
21. Remember The Name
22. Good Goodbye // Bleed It Out
23. Running From My Shadow

Teks: Josefine Stefani
Photo: Budi Susanto

Related posts

Leave a Reply