fbpx

Trending News

Blog Post

‘TVXQ! Concert CIRCLE #with in JAKARTA’, Konser Pertama yang Spektakuler!
Concerts Review

‘TVXQ! Concert CIRCLE #with in JAKARTA’, Konser Pertama yang Spektakuler! 

16 tahun penantian para penggemar TVXQ! yang akrab disapa Cassiopeia di Indonesia akhirnya terbayar lewat penampilan penuh energi dari grup duo asuhan SM Entertainment tersebut. Yunho dan Changmin sukses memukau fans lewat konser bertajuk ‘TVXQ! Concert CIRCLE #with in JAKARTA’ pada Sabtu 31 Agustus 2019. Berlokasi di ICE BSD, konser ini positif deh jadi konser Kpop paling spektakuler di Indonesia sepanjang tahun 2019!

Nggak seperti konser Kpop lain yang kebanyakan dihadiri oleh remaja, ‘TVXQ! Concert CIRCLE #with in JAKARTA’ didominasi oleh fans-fans lama yang sudah lebih “senior” yang memang menunggu belasan tahun untuk melihat TVXQ! dalam sebuah konser tunggal di Indonesia. Ada yang membawa pasangan mereka, ada juga yang membawa anak mereka.

Tentu saja konser ini nggak cuma mengundang perhatian fans Tanah Air saja, fans Internasional pun datang dari beberapa negara tetangga dan juga jauh-jauh dari Jepang buat Yunho dan Changmin. Mengingat di Jepang, fandom TVXQ! yang dikenal dengan nama Big East sangat loyal dan punya basis yang kuat juga.

Nuansa serba merah sudah terasa sejak di luar venue, sampai masuk ke dalam hall 3A ICE, warna merah masih mendominasi dari lightstick official TVXQ! yang menyala sepanjang konser. Masing-masing penonton tentunya punya ekspektasi sendiri-sendiri tentang konser ini. Tapi penampilan TVXQ! malam itu benar-benar melebihi ekspektasi siapapun yang datang ke venue konser yang dipromotori oleh Dyandra Global tersebut.

Sejak konser dimulai, Yunho dan Changmin sudah mengeluarkan 100% energi mereka buat tiga lagu pembuka. ‘Bounce’ yang enerjik dan playful, ‘Something’ yang ikonik dengan dance tali-tambang dan solo dance-nya, serta ‘Top of the World’ yang menampilkan nuansa musikal. Visual yang ditampilkan di panggung sangat memanjakan mata! Soal sound dan lampu jangan ditanya, semuanya sempurna dan sangat spektakuler.

Teriakan demi teriakan seolah tak ada habisnya dari para Cassiopeia. Meski ada juga sih yang kalem dan lebih memilih untuk menikmati dalam diam (terutama para penggemar yang datang dari Jepang). Tapi nggak bisa juga menyalahkan penggemar yang selalu histeris berteriak memanggil nama bias mereka atau hanya sekedar menjerit karena gemas. Penampilan Yunho dan Changmin di tiga lagu pembuka terasa seperti minum air yang menyegarkan setelah sekian lama menahan dahaga.

Seperti halnya para idola Kpop yang datang ke Indonesia, mereka tentu sedikit-sedikit belajar Bahasa Indonesia untuk “pamer” di atas panggung. Tapi kalau TVXQ! sih sepertinya memang masih familiar dengan Bahasa Indonesia karena beberapa waktu yang lalu mereka sempat syuting variety show di Yogyakarta. Yunho seringkali (dan dengan percaya diri) mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Indonesia dengan fasih. “Terima kasih!” sepertinya salah satu kata favoritnya karena selalu diulang-ulang.

Di sesi perkenalan di awal konser, Yunho dan Changmin membuka sesi ment dengan memperkenalkan diri dalam Bahasa Korea. Sampai akhirnya Changmin bilang “Oke sekarang kita akan memperkenalkan diri dalam Bahasa Indonesia.” Lalu sambil tersenyum keduanya bergiliran bilang:
“Selamat malam, nama saya U-know Yunho. Sudah lama tidak bertemu, apa kabar semuanya?!”
“Apa kabar? Saya Changmin!”

TVXQ! ingat kalau kedatangan pertama mereka untuk konser di Indonesia adalah sebagai salah satu penampil di ‘SMTOWN Live in Jakarta’ tahun 2012 silam. Hal ini sempat disinggung juga di atas panggung. Soal penantian 16 tahun setelah debut sampai akhirnya konser tunggal pun jadi salah satu momen memorable obrolan antara TVXQ! dan fans di panggung konser.

Durasi 2,5 jam konser ‘TVXQ! Concert CIRCLE #with in JAKARTA’ tak hanya diisi oleh lagu-lagu dari album baru seperti ‘Love Line’, The Chance of Love’, ‘Truth’, ‘Lazybones’ dan ‘Sun & Rain’. Yang membuat konser ini lebih istimewa sebenarnya karena beberapa penampilan lagu-lagu lama yang masih memorable dan yang ternyata sangat ditunggu-tunggu dibawakan oleh TVXQ! di atas panggung konser megah tersebut. ‘Before U Go’ dan ‘Keep Your Head Down’ adalah dua lagu dari comeback pertama TVXQ! dengan dua member, sehingga jadi dua lagu yang dinantikan. Agak susah untuk memilih mana di antara dua lagu ini yang paling keren aksi panggungnya karena punya vibe. Yang pasti, Yunho dan Changmin tampil maksimal like there’s no tomorrow deh malam itu. Di sisi penonton, baru mendengarkan intro lagunya saja semuanya sudah ke-trigger untuk berteriak sekeras-kerasnya.

Karena ini adalah konser tunggal pertama TVXQ! di Indonesia setelah 16 tahun berselang sejak debut mereka, Cassiopeia Indonesia pun akhirnya bisa menjadi saksi Yunho dan Changmin membawakan lagu-lagu lama grup yang juga dikenal dengan nama DBSK itu ketika masih dalam formasi lima member. Lagu-lagu lama itu adalah track legendaris dari grup yang debut di tahun 2003 itu: ‘Hug’ yang adalah lagu debut mereka, ‘Rising Sun’ yang jadi lagu breakthrough mereka di industri musik, ‘Balloon’ yang ceria dan seperti kembali membawa fans tenggelam dalam kenangan lama melihat Yunho dan Changmin menggunakan kostum binatang di video klip, hingga ‘Mirotic’ yang membuat mereka mendapat label “dewa” di dunia musik pop Korea Selatan.

Demi memuaskan masing-masing kesukaan penggemar, Yunho dan Changmin juga tampil bergiliran membawakan lagu solo mereka ‘Puzzle’ dan ‘Closer’. Konser ini tentu tidak hanya meng-highlight energi dan performa maksimal mereka membawakan koreografi masing-masing lagu yang sudah disebutkan di atas, tapi juga kekuatan vokal yang juga luar biasa di lagu-lagu bertempo pelan. Ada juga porsi lagu-lagu yang santai tapi ceria yang dimanfaatkan mereka untuk berkeliling dari sisi panggung kiri ke kanan, hingga ke extended stage untuk lebih dekat dengan fans. Ada juga momen ketika mereka melempar bola-bola bertandatangan sebagai kenang-kenangan dari fans. Siapa yang berhasil menangkap bola dari Changmin atau Yunho? Creative Disc dapat satu dari Changmin!

“Nyesel banget baru bisa menggelar konser di Indonesia, kalau tahu kalian secinta ini sama kami, harusnya kami datang dari dulu ya. Tapi terima kasih atas dukungan kalian,” kata mereka dari atas panggung.
No, I’m not crying, you are.
(Soft sobs)

“Jujur nih, kita udah nggak sabar dan seneng banget bisa konser di Indonesia. Meski Yunho sangat sibuk, dia tetap lho menyempatkan diri buat datang dan mempersiapkan konser ini untuk kalian!” goda Changmin ke sang leader.
No, I’m not crying, you are.
(Soft sobs)
(Again)

Teriakan dan mungkin juga air mata ada sudah pasti mewarnai ‘TVXQ! Concert CIRCLE #with in JAKARTA’. Meski konser harus berakhir, tetapi Yunho dan Changmin berjanji akan datang lagi. Tentu ini bukan jadi konser terakhir mereka, tapi ini adalah konser pembuka untuk konser-konser TVXQ! selanjutnya di Tanah Air. Seperti makna ‘Circle’ dalam judul konser ini, ke manapun mereka menapakkan kaki pada akhirnya mereka akan tetap kembali, karena hubungan TVXQ! dan Cassiopeia tetap tidak terpisahkan.

“Lewat encore stage di konser ini, mari kita membuka hubungan circle kita yang baru,” kata mereka.

Rasanya nggak berlebihan kalau ‘TVXQ! Concert CIRCLE #with in JAKARTA’ dinobatkan sebagai konser Kpop paling sophisticated tahun ini. Vibe konsernya bikin merinding, visual yang memuaskan, pembawaan Yunho dan Changmin yang fun, musik dan penampilan dance yang selalu klimaks. Konser ini seperti menyatukan dua generasi berbeda, fans lama dan fans baru bersatu dan membaur dalam cahaya merah khas TVXQ!.
We Are T!
Sampai jumpa lagi, Dong Bang Shin Ki!

Foto: Syerin

Related posts

Leave a Reply