Trending News

Blog Post

DAY6 Gravity Tour in Singapore: Akrab dan Emosional
Concerts Review

DAY6 Gravity Tour in Singapore: Akrab dan Emosional 

Band asuhan JYP Entertainment, DAY6, sukses “reunian” dengan penggemar mereka di Singapura. Bertempat di The Star Theatre pada 5 Oktober 2019 lalu, konser bertajuk ‘DAY6 Gravity Tour in Singapore’ ini bisa digambarkan dengan tiga kata: Gila, Akrab, Emosional. Sejak awal konser, Jae sang gitaris memberi pesan pada MY DAY yang hadir, “Kalian semua harus menggila, ya. Kalau kalian dipandang aneh sama orang di samping kalian, biarin aja. Yang penting kalian bergembira. Kami juga bakal tampil segila dan sebodoh mungkin!” Benar saja, dari awal sampai akhir, DAY6 menggila bersama MY DAY, sambil melepas rindu. Terakhir kali DAY6 bertandang ke Singapura adalah tiga tahun lalu, di acara fan meeting pertama mereka. Banyak hal-hal tak terlupakan di konser kali ini. Kali ini Creative Disc akan menjabarkan satu persatu highlight konsernya yang memang bikin susah move on!

 

Rombak Setlist Sesuai Permintaan Fans

“Siapa yang sudah lihat setlist kami di LA? Karena ‘serbuan’ tweet kalian, hari ini kami ngubah setlist jadi lagu-lagu yang ingin kalian dengar,” kata Jae, member yang paling aktif berbicara selama konser. Benar saja, DAY6 menyajikan banyak lagu-lagu lama mereka yang jarang dibawakan live, seperti ‘Blood’, ‘Lean on Me’ dan ‘Colours’. MY DAY sejati pasti girang banget! Terbukti, konser ini berlangsung selama 2,5 jam dengan 26 lagu yang dibawakan, lebih panjang dari durasi resmi konser yang seharusnya hanya dua jam dan 24 lagu. Puas!

Mash-up Lagu

DAY6 juga sukses membuat kejutan dengan membuat mash-up lagu-lagu mereka dengan lagu-lagu artis pop lain. ‘Like That Sun’ digabungkan dengan ‘Shape of You’ milik Ed Sheeran, yang dilanjutkan dengan mash-up ‘Days gone by’ dan ‘Treasure’ milik Bruno Mars, ditutup dengan ‘Blood’ dan ‘Get Lucky’ milik Daft Punk. Semuanya mereka gabungkan dengan apik, apalagi setiap member kebagian giliran bernyanyi!

Sumbangan Vokal Dowoon

Salah satu hal yang paling berbeda dengan tur terdahulunya, Yoon Dowoon sang drummer banyak bernyanyi! Di konser lalu, Dowoon setia duduk di balik drum sambil menciptakan beat yang seru. Kali ini, tugasnya bertambah sebagai vokalis. Selain menyanyikan bagian vokalnya di ‘Beautiful Feeling’ dan ‘Wanna Go Back’, Dowoon juga kebagian part vokal saat membawakan ‘Get Lucky’. Siapa yang paling bangga melihat sang maknae memamerkan kemampuan vokalnya? Young K! Setiap Dowoon bernyanyi, Young K selalu memandang Dowoon dengan bangga, bahkan sering memainkan bass-nya di samping Dowoon. “You’re perfect!” Puji Young K berkali-kali, yang bikin Dowoon salah tingkah.

Aksi Solo Setiap Member

Di setiap beberapa lagu, diselipkan penampilan solo setiap member. Mereka memainkan instrumen musik masing-masing, dihiasi tulisan nama mereka di layar utama. Beneran ala Rockstar! Dengan penampilan solo seseru dan sekeren itu, siapa sangka, Sungjin sang leader baru belajar bermain gitar sebelum debut  bersama DAY6, dan Young K yang tadinya gitaris, harus mendapat posisi sebagai bassist setelah hadirnya Jae? Yang paling spesial adalah kehadiran DJ Wonpil yang membuat mash-up empat lagu DAY6: ‘Sing Me’, ‘Freely’, ‘Blood’, dan ‘Congratulations’.

Karaoke Massal

Mungkin ini adalah salah satu bagian terindah konser kali ini. Ada tiga lagu yang bukannya dibawakan oleh DAY6, tapi malah dinyanyikan serentak oleh MY DAY. ‘Time of Our Life’, ‘I’m Serious’ dan ‘Congratulations’ dinyanyikan oleh MY DAY dengan diiringi musik dan fan chant dari DAY6. Anggap saja bertukar peran. “Aku kaget banget, ternyata suara kalian sebagus itu!” kata Jae yang selalu kagum dan kehabisan kata-kata setiap usai menonton “penampilan” MY DAY.

Momen Emosional Pelepas Rindu

Ini dia yang paling bikin susah move on dari konser DAY6 di Singapura. Ini adalah salah satu konser Kpop terbaper yang pernah ada! Setelah tiga tahun tak berjumpa, DAY6 dibikin nangis oleh MY DAY Singapura. Usai menonton fan video di layar utama dan berbalik ke arah penonton, MY DAY Singapura serempak menyanyikan bagian chorus ‘Beautiful Feeling’ sambil memegang banner bertuliskan, “Kami akan memegang tangan kalian, kami akan berjalan bersama DAY6”. Wonpil, Sungjin dan Young K langsung nangis! Ternyata kerinduan DAY6 pada MY DAY Singapura bukan cuma basa-basi. “Aku beneran merinding. Aku tahu kalian sibuk, tapi kalian menyempatkan waktu datang untuk kami. Terima kasih. Semoga hari ini kalian senang dan terus bersemangat. Kuharap kalian selalu melihat dan mendengar hal baik.” kata Wonpil dengan ucapan yang tercekat menahan tangis haru. “You guys touch my heart,” kata Dowoon dengan suara yang bergetar. Saat membawakan ‘You Were Beautiful’, Sungjin sempat berhenti bernyanyi dan menyeka air matanya.

Konser yang Terasa Akrab

Alih-alih terasa seperti melihat idola, menonton penampilan DAY6 di atas panggung terasa seperti menyaksikan sahabat lama. Selain saling mengiringi nyanyian, DAY6 dan MY DAY rajin berinteraksi. “Menurut kalian, konser ini biasa aja, bagus, atau bagus banget?” kata Young K yang meminta dukungan. “Awalnya aku agak khawatir. Rasanya seperti menemui teman lama. Setelah tiga tahun, rasanya canggung, entah harus berkata apa. Tapi aku salah. Begitu aku datang dan lagunya dimulai, kalian langsung berteriak dan melompat,” ucap Jae. “Kalian memberi tahu kami bahwa kami sudah berusaha dengan baik. Mungkin tidak cukup bagi kalian, tapi kami ingin memberi tahu kalian bahwa kalian sudah berusaha yang terbaik. Kalian berhak bahagia. Kami mengharapkan semua kebahagiaan untuk kalian,” pesan Young K kepada MY DAY, sahabatnya. Kali ini, para anggota DAY6 (selain Jae dan Young K yang memang fasih berbahasa Inggris) tampak lebih percaya diri berbahasa Inggris. Walau kadang terbata-bata dan tercampur dengan Bahasa Korea, Sungjin, Wonpil dan Dowoon rajin ngobrol dan bercanda dengan penonton, lho! “Suara MY DAY Singapura indah. Kalian menyentuh hatiku. Aku akan benar-benar bekerja, bermain dan belajar dengan lebih keras. Aku akan berusaha lebih keras untuk jadi orang yang bisa kalian banggakan. Terima kasih,” ucap Sungjin.

Penonton yang Seru

MY DAY mungkin juga punya andil terbesar dalam keseruan konser malam itu. Tanpa insiden “rusuh” yang biasa terjadi di konser, MY DAY sangat saling menghormati. Tidak ada aksi saling sikut. Tidak ada jeritan-jeritan yang menyakitkan telinga. Yang ada, MY DAY berjingkrakan gembira bersama, bernyanyi dengan indah bersama dan menangis bersama. MY DAY tahu kapan saatnya harus berteriak untuk memeriahkan suasana, kapan mereka harus diam untuk menghargai anggota DAY6 yang sedang berbicara.

 

Terima kasih untuk Live Nation dan One Production Singapura yang sudah mengajak Creative Disc bergabung menikmati keseruan konser DAY6 di Singapura. Terima kasih juga untuk Sungjin, Jae, Young K, Wonpil, Dowoon dan tentunya MY DAY, yang memberikan salah satu pengalaman konser terseru ini! Seperti kata Jae, “Hari ini tak mungkin lebih indah, tak mungkin lebih sempurna, tak mungkin lebih energetik. Hari ini kalian gila. Terima kasih banyak.”

Related posts

Leave a Reply