Trending News

Blog Post

Gelar Konser di Jakarta, The 1975 Membawa Pesan Penuh Makna
Concerts Review

Gelar Konser di Jakarta, The 1975 Membawa Pesan Penuh Makna 

Band Pop-Rock asal Inggris yang beranggotakan Matthew Healy, Adam Hann, Ross MacDonald, & George Daniel kembali menggelar konser di Jakarta – Indonesia pada hari Minggu, 29 September 2019. Ini merupakan kali kedua Matty dan kawan-kawan berkunjung ke Indonesia. Kedatangan mereka kali ini merupakan bagian dari rangkaian tour album terbaru The 1975 yang berjudul A Brief Inquiry Into Online Relationships. Konser yang diselenggarakan oleh TND Live, Sound Rhythm, dan Tokopedia ini diadakan di Helipad Parking Ground Senayan dan dibuka dengan penampilan dari Barasuara. Empat lagu hits (Pikiran dan Perjalanan, Bahas Bahasa, Api & Lentera, dan Guna Manusia) dibawakan oleh Barasuara dan disambut dengan cukup meriah oleh penonton yang sudah memadati area konser tersebut sejak sore hari.

Seperti yang kita ketahui, The 1975 merupakan salah satu band yang cukup vokal dalam menyuarakan isu sosial, politik, dan krisis iklim lewat lagu-lagu yang dibawakannya. Single terbaru yang berjudul People dipilih untuk membuka penampilan The 1975 di Jakarta malam itu. Lagu tersebut berisi pesan seruan agar orang-orang bersatu dan berani untuk melawan berbagai masalah yang sedang terjadi di dunia saat ini. Tanpa perlu dikomando, penonton yang hadir langsung bernyanyi dan melompat-lompat dengan serentak. Malam itu yang cukup menyita perhatian adalah Matty tampil ke atas panggung menggunakan kaus merah bertuliskan Question Authority dan rok bermotif warna kecokelatan. Ia juga terlihat sangat santai dengan beberapa kali merokok sambil bernyanyi dan bermain gitar. Tidak banyak kata-kata yang keluar dari mulut sang vokalis di penampilannya malam itu, ia hanya sesekali mengucapkan terima kasih di akhir lagu dan langsung meneruskan ke lagu berikutnya.


Tidak hanya membawakan lagu-lagu dari album terbarunya, The 1975 juga membawakan lagu andalan dari album terdahulu seperti She’s American, A Change Of Heart, Somebody Else, Chocolate, dan Robbers. Di tengah-tengah penampilannya, Matty sempat meminta penonton di Festival B masuk dan bergabung ke Festival A. Ia tidak ingin ada pemisah agar semuanya bisa menonton dari jarak dekat. Tentu saja hal tersebut disambut dengan antusias oleh penonton di Festival B yang langsung berlarian.


Pada konser kali ini, The 1975 juga membawa pesan yang penting. Mereka menyelipkan video orasi dari Greta Thunberg, seorang remaja perempuan berusia 16 tahun yang sangat aktif menyuarakan krisis iklim dunia yang sedang terjadi belakangan ini. Matty meminta semua penonton yang hadir malam itu diam dan mendengarkan dengan seksama pesan penting yang disampaikan dalam video tersebut. Dengan diiringi musik instrumental, video orasi Thunberg berisi tentang ajakan kepada semua manusia untuk berani mengambil sikap dalam menghadapi krisis dan menutup rekaman video tersebut dengan kata-kata “So, we can no longer save the world by playing by the rules, because the rules have to be changed. Everything needs to change, and it has to start today. So, everyone out there, it is now time for civil disobedience. It is time to rebel”


Konser yang berdurasi kurang lebih satu setengah jam tersebut juga dilengkapi dengan visualisasi background dan tata lampu yang sangat menarik. Setiap lagu yang dibawakan dari masing-masing album memiliki tema visual dan warna-warni yang berbeda. Saat bernyanyi sesekali Matty juga dibantu oleh dua orang penari latar dan backing vocal yang menyempurnakan penampilan malam itu. Ia juga mengatakan bahwa The 1975 saat ini sedang mempersiapkan album terbaru yang berjudul Notes On A Conditional Form dan akan dirilis pada tahun 2020, mereka mungkin akan kembali lagi ke Jakarta pada saat tour album baru nanti. Walaupun tidak banyak berinteraksi dengan penonton melalui kata-kata, Matty sesekali mengajak penonton untuk mengangkat tangan, melompat dan tepuk tangan bersama melalui gesturnya saat bernyanyi.

Bagi penggemar The 1975 dan penonton yang hadir, malam itu tentu menjadi malam yang sangat berkesan, karena selain menikmati penampilan yang spektakuler, tata panggung, sound, lighting, dan visual yang megah, setiap orang yang hadir malam itu membawa pulang pesan yang penuh makna, agar kita semua berani bertindak dalam menyikapi krisis dan perubahan-perubahan yang sedang terjadi di dunia ini.

Set List :
* Intro : The 1975
1. People
2. Give Yourself A Try
3. TOOTIMETOOTIMETOOTIME
4. She’s American
5. Sincerity Is Scary
6. It’s Not Living (If It’s Not With You)
7. I Couldn’t Be More In Love
8. A Change Of Heart
9. You
10. Loving Someone
11. Depth
12. Robbers
13. fallingforyou
14. I Like America & America Likes Me
15. Somebody Else
16. I Always Wanna Die (Sometimes)
* The 1975 (Notes on a Conditional Form Version)
17. Love It If We Made It
18. Chocolate
19. Sex
20. The Sound

Teks by Josefine Stefani
Photo by Budi Susanto

Related posts

Leave a Reply