Trending News

Blog Post

CreativeDisc Exclusive Interview Finneas: Bicara EP Blood Harmony hingga Skincare Favorit
Artist Interviews

CreativeDisc Exclusive Interview Finneas: Bicara EP Blood Harmony hingga Skincare Favorit 

Semua orang tentu sudah mengenal Billie Eilish, tapi apakah sudah banyak yang tahu siapakah sosok yang sungguh berperan dalam karir musik seorang Billie?. Sosok itu tak lain tak bukan adalah sang kakak tercinta, Finneas O’ Connell. Pekan lalu Secret Signals memberikan kabar baik bahwa CreativeDisc mendapat kesempatan untuk berbincang dengan langsung via Skype bersama musisi multitalenta Finneas yang juga baru menyabet penghargaan bergengsi dari Apple Music Award sebagai Songwriter’s Of The Year. Simak obrolan Seru CreativeDisc mengulik siapakah Finneas.

CD: Hi, Finneas. Senang sekali kami bisa berbincang dengan kamu. Langsung saja ya, sebagai seorang Music Mastermind siapakah orang yang sangat menginspirasimu untuk bermusik?
Finneas: Siapa yang menginspirasi adalah orang tua saya pastinya. Sejak kecil kami terbiasa dengan kehidupan yang penuh dengan instrumen musik dirumah seperti gitar, piano, dll. Bahkan mereka tidak pernah menyuruh kami tidur saat malam hari saat saya dan Billie (Eilish) membuat musik sejak remaja. Kalau musisi, Green Day, My Chemical Romance, Regina Spektor, The Beatles, Ben Folds dan Sara Bareilles.

CD: Kamu telah menulis banyak lagu baik itu untuk Billie Eilish, musisi top lainnya dan untuk dirimu sendiri. Dengan cara apasih kamu memilah lagu untuk diproduksi untuk mereka atau untuk kamu?
Finneas: Biasanya saya dengarkan dulu dan merasakan jika lagu itu mengenai hidupku maka aku gunakan untuk karyaku, jika itu lebih cocok untuk orang lain ya biasanya aku gunakan untuk Billie dan musisi lain yang sesuai.

CD: Sudah banyak orang mengetahui bahwa kamu adalah sosok penting dalam karir musik Billie Eilish, apakah kamu pernah menyangka bahwa adikmu akan sebesar saat ini?
Finneas: Kayaknya aku ga pernah menyangka sama sekali. Seperti tetap ga percaya dia sudah sebesar dan sesukses sekarang. Meski begitu aku selalu yakin pada Billie bahwa dia akan bisa mendapatkan kesuksesan dengan baik. Aku punya keyakinan akan hal itu.

CD: Banyak lagu di album EP “Blood Harmony” merupakan musik yang sangat catchy, enak didengar dan menyentuh hati. Seperti apa sih kamu menjelaskan rasa dalam EP album tersebut?
Finneas: EP album ini berkisah tentang jurnal harian lebih umumnya. Tiap lagu sejatinya tidak saling terkorelasi namun ini seperti catatan harian bagiku. Pada saat tur pun, aku selalu mencari waktu yang tepat untuk menulis lagu dan membuatnya sangat natural dan tidak pernah merencakan sesuatu harus sesuai dengan rencana.

CD: Selamat sekali lagi karena kamu telah mendapatkan kesempatan menjadi nominasi ajang penghargaan bergengsi Grammy Awards 2020. Sebuah kisah yang sangat membuat kami kagum. Apa reaksimu saat pertama mengetahuinya?
Finneas: Wow, Masih ga percaya sih akhirnya aku bisa ada didalam jajaran nominasi penghargaan itu. Banyak banget karya lainnya yang juga pastinya album yang keren menjadi nominasi. Yang jelas aku sangat bahagia dan terhormat mendapatkan nominasi untuk Grammy Awards.

CD: Sebagai seorang musisi yang sudah tenar dan mendapatkan banyak kemudahan dan kenyamanan. Apa tips kamu agar terus produktif dan tidak “manja”?
Finneas: Well, benar banget sangat mudah untuk kamu menjadi “manja” di situasi sekarang. Tapi aku selalu bicara pada diriku bahwa aku sangat suka membuat musik, dan aku tidak akan berhenti membuat musik. Itu saja sih. Jadi aku akan terus membuat sesuatu yang aku sukai yaitu musik.

CD: Kalau kamu lagi stuck apa yang kamu lakuin?
Finneas: Aku selalu membuat sesuatu yang berbeda kali ya? Biar aku ga bosan dan selalu dapat ide baru.

CD: What’s your next goal?
Finneas: Tentu saja aku mau menyelesaikan albumku. Karena aku sudah bertekad untuk itu, dan lagu-lagunya akan berbeda dengan lagu-lagu di EP album.

CD: Pada single “I Don’t Miss You At All” menggambarkan sesuatu yang menggelitik namun juga tragis. Apakah lagu itu hanya rekaan saja atau berdasar kisah nyatamu?
Finneas: Hahaha. Tentu saja lagu itu hanyalah rekaan saja, tidak ada hubungannya dengan kehidupan nyataku. Menurutku akan sangat seru jika aku menuliskannya dalam lagu. Dan benar sekali tebakanmu bahwa lagu tersebut sangat ironis.

CD: Apasih bagian termenarik untuk seorang Fiennas dalam proses penulisan sebuah karya?
Finneas: Part kesukaanku adalah saat kamu duduk dan menuliskan sesuatu yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Itu sangat terasa priceless sekali

CD: 5 Hal yang kamu ga bisa tinggalkan saat melangsungkan tur ?
Finneas: Laptop, headphones, skincare, sikat gigi dan kaos kaki bersih.
Aku juga sangat suka menggunakan skincare untuk treatment kulitku yang bermasalah bernama Biba dan aku sangat bersyukur ada produk yang sesuai dengan masalah kulit yang kualami.

CD: Ada pesan untuk fans di Indonesia?
Finneas: Terima kasih sudah mendengarkan lagu dan karya yang sudah saya buat. Sungguh sebuah kehormatan kalian bisa menerima musik saya. Semoga bisa berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat. Thank you again.

Dengarkan interview selengkapnya disini:

Text & Interview by Lauretha Sudjono
Special Thanks to: Secret Signals

Related posts

Leave a Reply