Whitesnake dan Scorpion Berjanji Akan Menampilkan Set List Terbaik Mereka di Jogjarokarta Festival 2020

Oleh: budi-susanto - 11 Feb 2020

Seperti yang telah dirilis sebelumnya, di Edisi ke-4 nya tahun 2020 ini, JogjaROCKarta Festival akan diadakan jauh lebih awal dari penyelenggaraan 3 tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, JogjaROCKarta juga memberikan sajian yang tak kalah menarik. Scorpions dan Whitesnake didaulat untuk menjadi headliners dalam gelaran JogjaROCKarta Festival #4| 2020 yang rencananya akan kembali dilaksanakan di Stadion Kridosono, 1 Maret 2020. Selain dua nama tersebut, juga akan ada penampilan dari performer asal Mongolia, The Hu dan juga penampilan para Band asal Tanah Air yang sangat ditunggu aksinya seperti; God Bless, Death Vomit, Power Slaves, Navicula, hingga Kelompok Penerbang Roket.

Bagi Scorpions, ini akan menjadi penampilan yang kesekian kalinya mereka di Indonesia. Sebelumnya, band rock asal Jerman ini sempat mengguncang Indonesia saat bermain di Bandung pada 2001 silam, namun saat itu mereka hanya bermain dengan format akustik. Setelah itu, pada 2004 mereka juga sempat singgah ke Indonesia untuk bermain di Jakarta dan Bali. “Kami datang beberapa kali ke Indonesia, kami pernah bermain di Jakarta, Bali dan Bandung. Kami selalu senang untuk dapat bermain di Indonesia. Saya pikir kami mempunyai banyak fans di Indonesia selama bertahun-tahun,” ujar Klaus Meine vokalis dari Scorpions mengomentari rencana penampilan mereka di JogjaROCKarta Festival #4 2020.

Indonesia sepertinya memang memiliki banyak kenangan di hati Scorpions, khususnya Rudolf Schenker dan Klaus Meine. Sedikit bernostalgia, jauh sebelum kedatangan Scorpions di Indonesia, mereka berdua ternyata juga pernah berkolaborasi dengan musisi Tanah Air. “Saya ingat, dulu pada tahun 1990 saya dan Rudolf juga pernah diundang dalam “East Meets West Festival” di Bali, dan saat itu bersama Titiek Puspa serta James F. Sundah kami pernah menciptakan lagu bersama berjudul “When You Came Into My Life” yang juga menjadi salah satu lagu yang ada di album Scorpions. Jadi, Indonesia selalu menjadi hal yang luar biasa,” ujar Klaus Meine bernostalgia tentang Indonesia.

Sementara itu, untuk Whitesnake, JogjaROCKarta festival akan menjadi penampilan perdana mereka untuk menyapa penggemar di Tanah Air. Sekadar informasi, walaupun Whitesnake baru pertama akan datang ke Indonesia, namun David Coverdale, vokalis Whitesnake yang juga merupakan mantan vokalis Deep Purple ternyata pernah datang ke Indonesia bersama Deep Purple pada tahun 1975. “JogjaROCKarta merupakan pengalaman pertama Whitesnake untuk bermain di depan penggemar kami di Indonesia. Kami sangat senang untuk berkunjung dan mempersembahkan penampilan yang menarik dengan deretan lagu-lagu terbaik untuk kalian. Kami tidak sabar untuk bertemu dan bermain untuk kalian semua penggemar yang ada di Indonesia. Ini akan menjadi suatu hal yang magis,” ujar David Coverdale menanggapi tentang rencana penampilan perdananya Bersama Whitesnake di Indonesia. Baik Scorpions maupun Whitesnake menjanjikan penampilan yang tidak hanya sekadar nostalgia belaka bagi para penggemarnya, namun mereka juga akan memberikan suatu sajian yang spektakuler dan enerjik khusus bagi penggemar mereka di JogjaROCKarta. Bahkan, mereka akan memberikan perpaduan komposisi lagu yang terbaik agar para penggemar di JogjaROCKarta Festival #4 2020 terpuaskan!

“Kami rasa ini akan menjadi perpaduan komposisi yang hebat, dari komposisi lagu yang klasik tentunya akan kami bawakan juga beberapa lagu vintage dari tahun 1970-an. Ini akan menjadi perpaduan komposisi yang hebat, dimana semua fans kami dapat menyanyikan

lagu-lagunya secara bersama. Bagian terbaik dari penampilan ini adalah kami memiliki banyak energi dan ini merupakan paket yang hebat karena Whitesnake juga bersama kami. Tahun 2020 akan menjadi tahun baru yang menyenangkan. Kami belum pernah ke Yogyakarta sebelumnya, ini merupakan kota yang indah dan juga budaya yang menarik,” tambah Rudolf Schenker.

Scorpions merupakan sebuah grup musik asal Hanover, Jerman yang terbentuk 54 tahun yang lalu, yang mana dalam perjalanan bermusiknya selama puluhan tahun silam, band ini sudah menghasilkan sekitar 18 album penuh. Beberapa di antaranya seperti Blackout (1982), Love At First Sting (1984), Lovedrive (1979), Crazy World (1990) dan masih banyak lagi.

Sedangkan Whitesnake terbentuk di Middlesbrough, Inggris, pada tahun 1977. Mereka tercatat telah merilis kurang lebih 13 album penuh hingga kini. Whitesnake juga pernah merilis abum berjudul The Purple Album (2015) yang berisikan lagu-lagu Deep Purple yang pernah dibawakan oleh David Coverdale. Sebagai informasi, David Coverdale pernah bergabung bersama Deep Purple dalam 3 album, Burn (1974), Stormbringer (1974), dan Come Taste The Band (1976).

Anas Syahrul Alimi selaku Founder JogjaROCKarta menyampaikan bahwa “Konsistensi" yang diberikan oleh Rajawali Indonesia melalui JogjaROCKarta memberikan suatu bukti kepada publik bahwa Indonesia, khususnya Yogyakarta mampu memberikan suatu sajian yang

berkelas dan bertaraf internasional, terutama dengan hadirnya band-band atau musisi luar negeri yang memiliki nama besar di industri musik dunia. Dan, ini menjadi catatan penting bahwa Indonesia, khususnya Yogyakarta merupakan salah satu destinasi yang aman dan nyaman untuk disinggahi oleh siapa saja”.

Untuk harga tiket JogjaROCKarta Festival #4 |2020 dibanderol dengan harga, VIP Early Entry – Rp.1.200.000, VIP Reguler – Rp.1.500.000, Festival A Early Entry – Rp.750.000, Festival A Reguler – Rp.900.000, Festival B Early Entry – Rp.450.000, Festival B Reguler – Rp.600.000. Tunggu apalagi, buruan beli!”

Informasi mengenai JogjaROCKarta dapat diikuti melalui official account Instagram, Twitter dan Facebook @JogjaROCKartaFestival dengan tagar #JogjaROCKarta2020 dan atau melalui hotline di nomor 08 222 666 4343. (*)

Narasumber:

- Rudolf Schenker (Gitaris Band Scorpions)

- Klaus Meine (Vokalis Band Scorpions)

- David Coverdale (Vokalis Band Whitesnake)

- Anas Syahrul Alimi (Founder JogjaROCKarta | Promotor)

budi-susanto
More from Creative Disc