Trending News

Blog Post

10 Penyanyi Indonesia Yang Menjadi Kandidat “The Voice of a Generation”
Music News

10 Penyanyi Indonesia Yang Menjadi Kandidat “The Voice of a Generation” 

Mulai dari Aaliyah Massaid hingga Andmesh Kamaleng, perlombaan sepuluh tahun pun dimulai!

“The voice of a generation”: reputasi prestisius yang diberikan kepada musisi atau penyanyi yang berhasil mencapai kejayaan tak terpungkiri hingga diakui menjadi duta besar suatu generasi. Triknya gampang-gampang susah. Apabila kita mengenang masa muda kita dan yang pertama kali muncul di benak kita adalah musisi atau penyanyi tertentu, maka mereka adalah yang mewakili semangat generasi kita. Mereka adalah “The voice of a generation”.

Sebagai pemanasan, mari kita rekap terlebih dahulu “The voice of a generation” dari tiga puluh tahun terakhir ini.

Era 90-an, yang dibalut dengan gejolak perubahan dan semangat pemberontakan, diwakili oleh legenda pop rock seperti Dewa 19 dan Potret. Milenium baru pun terbit dan era 2000-an menjadi tanah lapak dominasi band berkat hadirnya Padi, Sheila on 7, Peterpan (kini bernama NOAH), dan Nidji (kini berganti vokalis). Dekade 2010-an melahirkan YouTube yang selanjutnya meluncurkan Raisa, Virgoun, dan Tulus.

Era pun kembali berganti dan di sini lah kita berada sekarang: Dekade 20. Siapa yang kira-kira berpotensi menjadi ““the voice of a generation” untuk Dekade 20 ini? Mari kita coba urutkan–dari yang paling ‘bontot’ hingga yang paling memiliki potensi.

10. Aaliyah Massaid (18)

Terlepas dari debut raksasa Stephanie Poetri, justru Aaliyah Massaid yang menjadi ‘pewaris dinasti’ (ibunda Aaliyah adalah diva R&B Reza Artamevia) dengan potensi paling besar untuk menjadi hitmaker dekade 20. Meski hingga saat ini Aaliyah belum memiliki hit yang mendominasi radio atau pun streaming, “Ulangi” menjadi showcase brilian bahwa Aaliyah memiliki warna vokal yang sangat langka di angkatannya: contralto klasik bernuansa blues dengan nyawa yang muda.

9. Brisia Jodie (23)

Insting Brisia Jodie sebagai seorang singer-songwriter mampu menjadikannya sebagai salah satu musisi milenial yang paling ‘laku’ di awal Dekade 20 ini. Memadukan kecerdasan seorang produser dengan kepribadian girl-next-door, Brisia Jodie menjadi contoh bahwa dibutuhkan lebih dari sekedar teknik vokal untuk bisa bersaing di Dekade 20. Brisia Jodie tahu apa yang disukai industri musik: balada pop yang addictive namun sophisticated.

Related posts

Leave a Reply