Trending News

Blog Post

10 Produser Indonesia Pewaris Masa Depan Industri Musik
Top 10 Lists

10 Produser Indonesia Pewaris Masa Depan Industri Musik 

  1. Nikita Dompas

Tidak hanya berperan sebagai program coordinator untuk Java Jazz Festival 2020, Nikita Dompas juga mengukuhkan reputasi sebagai salah satu produser jazz paling digandrungi berkat sumbangsihnya untuk Ardhito Pramono (‘Waktuku Hampa’), Andien (‘Everything in Between’), dan Bunglon (‘Dulu’). Bila seorang artis muda ingin merintis karier di genre jazz pop, tidak ada salahnya melirik talenta produksi seorang Nikita Dompas.


  1. Adibal Sahrul

Kesuksesan balada dangdut-pop ‘Kulepas Dengan Ikhlas’ tidak hanya meroketkan nama sang artis Lesti, tetapi juga sang produser di baliknya, Adibal Sahrul. Pasca ‘Kulepas Dengan Ikhlas’, produksi garapan Adibal Sahrul semakin dicari– baik oleh artis dangdut pendatang baru seperti Janna (‘Ayah Ibu’) maupun artis dangdut senior seperti Erie Suzan (‘Membunuh Rasa’).


  1. Rara Sekar

Terlepas dari prestasi manis para produser wanita senior seperti Dewiq dan Maia Estianty, kenyataannya profesi produser masih didominasi oleh kaum Adam. Itulah mengapa eksistensi seseorang seperti Rara Sekar sangatlah krusial. Beberapa artis dan project yang pernah diproduseri oleh singer-songwriter-producer berusia 30 tahun ini di antaranya Banda Neira (‘Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti’), Daramuda (‘Selamat Tinggal’), dan Isyana Sarasvati (‘Luruh’). Semoga produser wanita semakin bertambah dan bergelimpahan di blantika musik Tanah Air.


  1. Ifa Fachir

Beberapa tahun terakhir terbukti menjadi era paling produktif bagi Ifa Fachir. Hingga kini portofolio produksi Ifa Fachir meliputi sosok-sosok populer seperti Fiersa Besari (‘Pelukku Untuk Pelikmu’), BCL (’12 Tahun Terindah’), dan Trisouls (‘Cinta Keadaan’). Bahkan, pada akhir tahun 2020 lalu, Ifa Fachir beroleh Spotify Playlist yang khusus memuat karya-karya yang pernah digarapnya– entah sebagai produser, songwriter, atau arranger.


Related posts

Leave a Reply