CreativeDisc Exclusive Interview With Lenka: Seorang Ibu Yang Makin Bebas Dalam Bermusik

Oleh: luthfi - 13 Jul 2021

Sepertinya lagu “The Show” dan “Everything at Once” milik Lenka akan selalu dikaitkan dengan nostalgia masa lalu ketika mendengarkan lagu ini di radio atau di iklan televisi sewaktu masih bersekolah. Wajar saja jika penyanyi asal Australia ini selalu dikaitkan dengan hal tersebut karena Lenka selalu bermain di ranah musik indie pop dengan vokalnya yang tinggi dan juga imut (meskipun lagu “The Show” direkam ketika Lenka sudah memasuki umur 30 tahun).

Musik dan vokal Lenka selalu membawa pendengarnya seolah masuk ke dalam dunia dongeng dan fantasi meskipun liriknya terkadang tidak melambangkan kedua hal tersebut. Menjadi bagian nostalgia dari orang banyak merupakan keberkahan sendiri bagi penyanyi yang bernama lengkap Lenka Kripac ini, “Sebenarnya aku sangat senang menjadi bagian nostalgia dari orang-orang. Banyak orang menemuiku dan berkata bahwa mendengarkan lagu ‘The Show’, ‘Trouble is A Friend’ itu membuat orang itu kembali ke masa kecilnya, masa sekolahnya. Aku sangat bersyukur musikku bisa masuk ke dalam tahap seperti itu.”, ungkapnya ketika diwawancarai oleh CreativeDisc.

Lenka sekarang memang bukanlah Lenka yang dulu yang masih terlihat dan terdengar imut dalam bermusik, di usianya yang menginjak 43 tahun, ia sekarang merupakan seorang ibu dari anak-anaknya dan menjadi seorang ibu tentunya mempunyai cerita tersendiri buatnya. “Anak-anak saya selalu berkata ‘mama itu orang terkenal tau, buktinya banyak ibunya teman-temanku di sekolah tau lagu The Show’ dan terkadang anakku juga suka bernyanyi bersama denganku sampai kadang-kadang dia selalu bernyanyi ‘I want my money back' dari lagu The Show berulang kali dan aku berkata ‘kamu nyanyi atau minta uang ke ibu?’, canda Lenka ketika ditanya cerita dia menjadi seorang ibu.

Seiring bertambahnya usia dan ditambah lagi mengemban tugas sebagai seorang ibu tidak membuat Lenka kendor dari segi musik malah sebaliknya, ia semakin bebas dan liar dalam berkarya dan ini ditunjukkan lewat lagu terbarunya “Ivory Tower” yang mempunyai nuansa yang sangat berbeda daripada apa yang dirilis Lenka sebelumnya. Tidak ada lagi suara Lenka yang tinggi dan imut serta lirik yang simpel dan polos bercerita tentang kehidupan sehari-hari dengan nada-nada fantasi, semuanya berubah total dalam lagu ini. “Ivory Tower” mempunyai nuansa musik new wave 80’an yang sangat kental, vokal Lenka disini benar-benar terdengar seperti versi mini dari Kate Bush dimana ia tiba tiba di bagian chorus bernyanyi dengan nada rendah sesuatu yang tidak pernah ia keluarkan sebelumnya, dan lirik yang menyentil tentang ketidakadilan soal kepunyaan materi yang timpang antara si kaya dan si miskin. Semua elemen tersebut tentu saja menjadi hal yang baru untuk pendengar Lenka tetapi ia bisa membawakannya dengan begitu luwes dan tetap masih terdengar khas Lenka-nya.

“Di dalam lagu ini aku benar-benar berakting seperti orang lain, karena dulunya aku adalah seorang aktris jadinya aku membuat dan menyanyikan lagu ini seolah-olah aku adalah orang lain makanya hasilnya tidak seperti karyaku yang sebelumnya.”, kata Lenka ketika ditanya kenapa lagu ini berbeda dari single ia yang sebelumnya.

Lewat percakapan bersama kami dan juga lewat “Ivory Tower” Lenka menunjukkan bahwa bukan berarti ketika menjadi seorang ibu atau seseorang yang dituakan membuat kita menjadi kurang fleksibel malah Lenka terlihat makin luwes di jalur bermusiknya yang baru. Mungkin karena ia merilis musiknya sendiri membuat ia semakin bebas menentukan arah musiknya dan mungkin ia menjadi semakin awet muda karena lagu lagunya di jaman dulu berhasil membuat orang merasa muda kembali dan mengingat segala macam memori yang terkait dengan lagu itu. Mungkin itu resep awet muda darinya.

Simak wawancara selengkapnya bersama Lenka dimana ia bercerita tentang single terbarunya “Ivory Tower”, hari harinya menjadi seorang ibu, dan cerita setelah “The Show” sukses menjadi hits di penjuru dunia lewat video di bawah ini.

Interview by: Luthfi

Special Thanks to Secret Signals

luthfi
More from Creative Disc