Catching Up With BEKA: Semakin Pede Dengan Karir Musiknya

Oleh: luthfi - 12 Aug 2021

“Apa yang berubah terakhir kita bertemu pada Desember 2020 kemarin?”, tanya saya kepada penyanyi asal Inggris, BEKA. “Banyak hal yang berubah dan aku semakin matang dalam bermusik”, jawabnya.

Meskipun hanya dalam waktu enam bulan saja sepertinya BEKA sudah banyak berubah dan berkembang dari segi musik apalagi ia sudah merilis EP perdananya yang berjudul “I’ll Be There” yang langsung diikuti cepat dengan single terbarunya berjudul “You Got”. EP perdananya “I’ll Be There” masih bernada dan bernuansa sama seperti lagu yang sudah ia rilis sebelumnya yaitu memasukkan unsur musik neo soul, R&B dengan beat electronic yang dalam dan atmosferik. Tetapi hal yang sangat berbeda muncul di single terbarunya yaitu “You Got” yang lebih upbeat dengan sentuhan funk dan juga musik electronik yang lebih ceria. Menurutnya “You Got” sendiri terinspirasi dari banyak musik indie dance dan salah satunya adalah LCD Soundsystem.

“Lagu 'You Got' sendiri terinspirasi ketika aku melihat berita dimana Kamala Harris terpilih menjadi wanita berdarah Asia dan Afrika pertama yang menjadi wakil presiden di Amerika Serikat. Kabar tersebut memotivasiku dan aku langsung membuat lagu ini sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan wanita di luar sana untuk terus memperjuangkan apa yang mereka inginkan.”, ungkapnya.

Wajar saja jika “You Got” benar-benar terdengar begitu mencerahkan dan sangat berbeda lagu yang ia rilis sebelumnya karena sebuah kabar gembira harus dibawakan ke pendengarnya dengan nada yang gembira juga. Menurutnya juga “You Got” sendiri menjadi pembuka karirnya menuju era baru era yang lebih upbeat dan akan banyak lagu yang membuat pendengarnya bergoyang.

“Aku rasa ‘I’ll Be There EP’ seperti menutup bab awal dari karirku dengan musik yang atmosferik seperti itu dan aku siap melangkah ke bab baru yang lebih menantang kemampuanku dalam bermusik. Aku harus lebih banyak olahraga lagi ini karena lagu-lagu yang aku keluarkan berikutnya banyak yang mengharuskan aku bergoyang di atas panggung biar tidak cepat capek dan keseleo di atas panggung.”, ungkapnya sambil tertawa dan menikmati teh.

Simak wawancara lengkap CreativeDisc bersama BEKA dimana ia bercerita tentang perubahan yang ia alami selama setengah tahun, EP beserta single terbarunya, bagaimana BEKA mempersiapkan sesuatu yang baru darinya, dan juga bagaimana musik indie dance menginspirasi perjalanan BEKA berikutnya lewat video di bawah ini.

luthfi
More from Creative Disc