CreativeDisc Exclusive Interview With bbno$: Rapper Nyeleneh Yang Suka Shrek

Oleh: luthfi - 25 Aug 2021

Alexander Leon Gumuchian merupakan nama yang asing pasti di telinga pendengar musik tapi begitu mengungkapkan nama bbno$ (dibaca: baby no money) pasti langsung pada tahu siapa dia. bbno$ adalah seorang rapper merangkap penyanyi dan penulis lagu asal Kanada. Berawal dari keisengannya mengunggah lagu di SoundCloud dan membangun basis penggemar yang kuat ia langsung menjadi nama yang beken terutama di dunia internet berkat gaya dan visualnya yang kocak Setelah konsisten melakukan itu semua ia mendapatkan buah manisnya ketika lagu kolaborasinya bersama Y2K “Lalala” viral di TikTok dan sukses mendapatkan plakat dua kali platinum di Amerika Serikat dan membuat orang tuanya bangga.

“Sebenarnya aku menggunakan nama baby no dollar karena aku sangat murahan dan gak terlalu suka menghamburkan uang juga. Awalnya juga pake dollar ya karena dollar kan mata uang yang sering muncul di dunia kan tapi ketika aku melakukan tur keliling dunia banyak penggemarku langsung mengganti dollarnya dengan mata uang mereka sendiri entah itu bbno¥, bbno£, bbnoRMB dan itu adalah keunikan sendiri karena penggemarku yang ngelakuin itu bukan aku”, ungkapnya.

Kepiawaiannya dalam menggunakan meme dan shitpost sebagai media promosi juga menjadi salah satu senjata utama Alex untuk bisa dekat dengan penggemarnya tapi menurut Alex itu merupakan sebuah ketidaksengajaan dan sesimpel karena dia menyukai kultur internet.

“Sebenarnya aku menyukai meme dan membuat konten seperti itu di visual dan musik karena aku ingin bersenang-senang dalam berkarya kalau misalnya aku senang dengan karyaku penggemarku juga akan merasakannya.”, kata Alex.

Hal itu semakin terwujud dengan kolaborasi terbarunya bersama rapper asli Indonesia yang merangkap artis terpopuler Indonesia saat ini bernama Rich Brian dalam “Edamame”. Lagu sendiri merupakan lagu house asyik dengan vokal rap Brian dan bbno$ yang bersatu padu, hasil dari kolaborasi senang-senang dan santai ini ternyata berhasil dan pelan-pelan lagu ini juga akan mengikuti viral-nya lagu bbno$ lainnya. Chemistry antara kedua orang ini ternyata juga terbentuk atas kecintaan mereka mengamati meme dan shitpost di Internet. “Kamu tahu Rich Brian itu jauh lebih keras dan hardcore kalau soal shitpost. Pokoknya kadar shitpost-nya dia gak ada apa-apanya deh dibandingkan sama aku”, kata bbno$ sambil tertawa.

Mengobrol dengan bbno$ tidak seperti mengobrol dengan artis yang sedang naik daun karena sepanjang obrolan kami berbicara tentang hal-hal remeh temeh dan dia juga berbicara sangat santai tentang musiknya apalagi kami juga menyukai format meme yang sama dan tentunya menyukai film yang sama yaitu Shrek yang terus menerus ia masukkan ke dalam konten media sosialnya bahkan sampai musiknya (ia membuat mashup lagu “Edamame” dengan lagu ikonik Smash Mouth “All Star” sambil memasukkan potongan film Shrek pertama ke dalam video mashup-nya).

Ketika ditanya kenapa dia cinta mati dengan seri Shrek ia berkata, “Siapa sih di dunia ini yang gak suka Shrek? Kaya gini loh kalau seri lain macam Star Wars atau Game of Thrones kamu bakal menemukan orang yang ga suka sama seri itu tapi kalo Shrek jarang kan kamu menemui orang yang ga suka sama Shrek”.

Pada akhir wawancara ia berkata senang dengan wawancara bertipe seperti ini karena ia tidak melulu ditanya soal musik dan hal itu-itu saja, ia senang sekali ketika ia ditanya tentang meme, shitpost, dan Shrek dan itu membuat wawancara kami sangat cair dan seperti mengobrol bersama teman. “Terima kasih banyak telah mengobrol bareng tentang hal seperti ini.”, tutupnya.

Simak wawancara selengkapnya bbno$ bersama CreativeDisc dimana kami bercerita soal asal usul nama bbno$, kolaborasinya bersama Rich Brian dalam “Edamame”, cerita dia suka dengan rendang, format meme favoritnya serta alasan terbesar kenapa dia suka Shrek lewat video di bawah ini.

luthfi
More from Creative Disc