Menikmati Ketenangan Damon Albarn Dalam Konser Tunggalnya

Oleh: luthfi - 02 Oct 2021

Tidak dapat dipungkiri Damon Albarn merupakan sosok jenius di bidang musik. Albarn bisa berpindah jenis musik dan terus bereksperimen sepanjang waktu mulai dari menjadi pionir britpop lewat Blur, mengaburkan batas antara dunia virtual dan dunia nyata dengan bantuan hip hop dan banyak kolaborator lewat Gorillaz, bercerita apa adanya dengan bantuan musisi legendaris lainnya lewat The Good, the Bad, & the Queen, bermain dalam olahan musik funk dan psychedelic lewat Rocket Juice & the Moon, membuat organisasi untuk meghubungkan musik Afrika, Timur Tengah dan barat lewat Africa Express serta membuat banyak sekali musik untuk teater. Albarn merupakan sosok yang selalu meledak-ledak di atas panggung dan mendengarkan proyeknya yang selalu berpindah-pindah jenis musik membuatnya sebagai salah satu musisi yang jenius dan selalu menarik melihat proyek dia berikutnya seperti apa.

Tetapi lain hal jika sudah masuk ke dalam karya yang dikhususkan untuk solo karirnya yang mengatasnamakan dirinya. Lewat proyek pribadinya ia benar-benar bermain dengan sangat pelan dan lirih, tidak ada ledakan bebunyian seperti Blur dan Gorillaz. Albarn benar-benar tenang dan khusyuk lewat karya pribadinya dan itu dituangkan lewat album “Everyday Robots” di 2014 kemarin dan juga album solo keduanya berjudul “The Nearer the Fountain, More Pure the Stream Flows” yang siap dirilis pada 12 November 2021 nanti. Album solo kedua Albarn ditulis berdasarkan pengalamannya ke Islandia sambil menenangkan diri mencari inspirasi dan hasilnya banyak lagu mellow dengan suasana ambient yang enak didengarkan ketika ingin menenangkan pikiran dan membuang kejenuhan.

Sewaktu pertunjukan konser dengan penonton sudah boleh dilaksanakan kembali di Inggris, Albarn langsung memberikan suguhan album keduanya lewat konser tunggalnya. Lewat konser tunggalnya di Shakespeare’s Globe Theatre di London pada 20 September 2021 kemarin Albarn membawakan 25 lagu, delapan diantaranya diambil dari album keduanya, 13 lagu merupakan lagu cover dari proyek dia sebelumnya mulai dari Gorillaz, Blur, sampai The Good, The Bad & The Queen, dan sisanya merupakan karya solonya dia yang dituangkan di album “Dr Dee” dan “Everyday Robots”.

Albarn masuk ke panggung dengan muka yang santai, terlihat sekali muka Albarn yang semakin menua dan bijak. Pancaran santai ini membuat konser terasa semakin intim apalagi para penonton sudah kangen menyaksikan konser secara langsung dengan penonton lainnya. Damon dan personil band-nya juga membawakan lagunya dengan tenang dan santai, irama etnik, soulful, jazzy dan blues terus menerus mendominasi lagu seolah-olah mengajak penontonnya untuk bersantai dan rileks setelah menjalani masa pandemi yang berat ini. Ia juga mengundang teman-teman musisinya di atas panggung untuk memperkaya nuansa lagu. Ia juga memainkan konser ini dengan tanpa beban bahkan ia harus mengulang satu lagu karena ia lupa liriknya.

Melihat Albarn di konser tunggalnya kali ini seperti melihat sisi lain dari dirinya. Ia tidak meledak-ledak, tidak memainkan lagu yang bertempo cepat dan tidak mengeluarkan vokal yang membuat penonton menggila (bahkan sampai di lagu pamungkas “This Is A Low” milik Blur penonton masih dalam suasana khusyuk dan khidmat mendengarkannya), hanya ada sisi Albarn yang tenang dan syahdu. Beruntung sekali para penonton konser ini baik secara langsung maupun virtual menyaksikan sisi tenang dari sosok yang paling radikal dan visioner dalam dunia musik Inggris Raya.

Setlist konser:

The Nearer the Fountain, More Pure the Stream Flows

The Cormorant

Royal Morning Blue

Lonely Press Play

Go Back

(Tony Allen cover)

Nineteen Seventeen

(The Good, The Bad & The Queen song)

Saturday Come Slow

(Massive Attack cover)

The Great Fire

(The Good, The Bad & The Queen song)

The Tower of Montevideo

The Poison Tree

(The Good, The Bad & The Queen song)

Lady Boston

(The Good, The Bad & The Queen song)

Apple Carts

The Moon Exalted

Edward Kelley

Hong Kong

(Gorillaz cover)

Daft Wader

El Mañana

(Gorillaz cover)

Three Changes

(The Good, The Bad & The Queen song)

Darkness to Light

Particles

Encore:

On Melancholy Hill

(Gorillaz cover)

Out of Time

(Blur song)

Nature Springs

(The Good, The Bad & The Queen song)

Polaris

This Is a Low

(Blur song)

luthfi
More from Creative Disc