CreativeDisc Exclusive Interview With PJ Morton: Cerita Tentang Maroon 5, Solo Karir dan Tips Marketing Musik

Oleh: luthfi - 24 Dec 2021

Sebelum bergabung mengisi posisi keyboard untuk band pop paling populer saat ini Maroon 5 di tahun 2012, PJ Morton sudah masuk ke industri musik sebagai solois dari tahun 2004 dan bisa dibilang produktif dalam menelurkan karya lewat jalur independen. Setelah ia bergabung bersama Maroon 5 ia semakin produktif dalam merilis karyanya.

Lewat karir solonya PJ Morton menumpahkan idealismenya sebagai musisi yang menjiwai musik soul dan jazz dan hal tersebut sangat berbeda ketika ia berada di Maroon 5 dimana ia harus menjadi musisi pop. “Aku sangat senang bergabung dengan Maroon 5 karena karya mereka banyak terinspirasi dari musik soul macam ‘Won’t Go Home Without You’, ‘Sunday Morning’ bahkan aku sendiri pernah jadi artis pembuka konser Maroon 5 lalu aku main keyboard bersama mereka setelah aku tampil sendiri. Aku sangat bersyukur bisa mengembangkan karir soloku sambil berada di Maroon 5 karena aku bertemu dengan berbagai macam jenis penonton, pergi ke radio yang punya format musik yang berbeda dan itu membuatku sangat senang menjalankan keduanya.”, ungkap Morton ketika ditemui oleh CreativeDisc melalui Zoom.

PJ Morton tidak hanya bisa bermain keyboard dan menyanyi saja tetapi ia juga piawai menjalankan usaha perusahaan rekamannya sendiri bernama Morton Records yang berhasil menyabet tiga Grammy Awards. Tentu saja ini merupakan sebuah pencapaian luar biasa baginya tetapi ia menyadari bahwa membangun usahanya sendiri tidaklah mudah karena menurutnya hal yang paling sulit ketika membuat perusahaan rekaman adalah bagaimana caranya agar karya artis yang masuk ke dalam label-nya bisa diterima dan didengarkan oleh orang-orang. Untunglah ia mempunyai gelar Sarjana Marketing dan ia benar-benar mengaplikasikan ilmu yang ia pelajari ke dalam musik dan usahanya.

“Ilmu terpenting yang aku terapkan ketika aku belajar marketing di kampus ke usahaku yang sekarang adalah kamu harus tahu pendengarmu seperti apa yang akan menikmati karyamu dan banyak nabung materi. Dulu aku pernah melakukan kesalahan dimana jarak satu materi dengan materi berikutnya lama sekali sehingga orang lupa dengan artis dan karya sebelumnya. Sangat penting untuk membuat banyak materi terlebih dahulu sambil memikirkan rencana dan strategi apa agar lagu itu bisa masuk ke telinga pendengar.”, ungkapnya.

Simak wawancara eksklusif CreativeDisc selengkapnya bersama PJ Morton dimana ia bercerita tentang Maroon 5, single terbarunya yang bernuansa nostalgia ala radio R&B jaman dulu berjudul “Please Don’t Go Away”, konten YouTube yang ia buat selama pandemi, ceritanya sebagai pemilik perusahaan rekaman, sampai sesi karaoke sejenak kami menyanyikan lagu Lauryn Hill lewat video di bawah ini.

luthfi
More from Creative Disc