Pesta Anti Klimaks Di Gelaran Kedua Djakarta Warehouse Project Virtual 2021

Oleh: luthfi - 16 Dec 2021

Setelah selama dua tahun tidak bisa melaksanakan Djakarta Warehouse Project (DWP) secara langsung akibat pandemi COVID-19, Ismaya Live membuat acara DWP versi Virtualnya yang diberi nama Djakarta Warehouse Project Virtual atau DWPV. Acara ini sudah diadakan selama dua kali dimana gelaran acara perdana dari DWPV sudah diadakan tahun lalu secara gratis dan untuk tahun 2021 dengan sistem berbayar selama dua hari dari tanggal 11 & 12 Desember 2021. Pengisi acara untuk DWPV 2021 diantaranya adalah Andrew Rayel, Dipha Barus Feat. Kallulla & Monica Karina, Jonas Blue, Lost Frequencies, Snakehips, Weird Genius, Nervo dan masih banyak lagi.

Ketika mendengar nama DWP apa sih yang pertama kali dipikirkan? Pasti langsung terbayang dentuman musik EDM yang sukses membuat orang menjadi liar dan gila di depan Garuda Stage yang super megah dengan permainan lampu dan laser di sana-sini. Sekarang coba bayangkan lagi itu semua tapi hanya bagian dentuman musik EDM saja maka jadilah DWPV. DWPV menurut saya terlihat sedikit canggung karena memang sangat sulit membawa hingar bingar DWP ke dalam sebuah layar monitor saja. Meskipun dari segi visual acara ini cukup bagus dengan memainkan banyak efek panggung 3D di beberapa penampil tapi itu masih belum bisa membuat DWPV ini menjadi acara yang bisa berdiri sendiri jika tidak ada bantuan nama DWP.

Beberapa penampil terlihat seperti kurang mengeluarkan usaha maksimal mereka terutama dari segi pemilihan lagu serta penampilan mereka yang terlihat biasa saja seolah melihat program “Boiler Room” tapi penampilnya bingung mau ngapain dan kurang atraktif. Dari segi teknis ada beberapa kendala tetapi yang cukup parah adalah ketika Nervo tampil terakhir menutup acara. Ketika Nervo tampil di tengah setlist (dan beberapa detik sebelum drop) tiba-tiba layar langsung berganti ke jadwal penampil yang biasanya diputar sebelum pertunjukan berikutnya dan akhirnya video penampilan Nervo diputar dari awal lagi sebelum dipercepat ke tengah setlist.

Pada akhirnya susah memang membawa pengalaman DWP ke dalam dunia virtual karena brand DWP sendiri sudah lekat dengan hingar bingar live concert lengkap dengan semua pengalamannya dan dengan DWPV semakin membuktikan bahwa orang-orang sudah kangen dengan DWP sesungguhnya dan menguatkan brand DWP sebagai ajang EDM terbesar se-Indonesia lengkap dengan keramaian dan pengalaman mendengar dentuman bass dari DJ sambil melihat orang-orang terkapar akibat kelelahan atau mabuk sampai muntah.

luthfi
More from Creative Disc