CreativeDisc Exclusive Interview With Aisha Retno: Mencari Apa Arti Menjadi Dewasa Lewat Musik

Oleh: welly - 13 Jul 2022

Solois perempuan asli Indonesia yang sekarang menempuh karir bermusik di negeri Jiran bernama Aisha Retno setengah tidak menyangka jika ia bisa menyeriusi karir bermusiknya. Lahir dari ibu yang merupakan seorang biduan pada jamannya dan sering tampil di TVRI membuatnya banyak belajar tentang penampilan panggung dan cara bernyanyi di depan penonton tetapi ia sendiri juga tidak menyangka pengalamannya sewaktu kecil membuat dia menjadi penyanyi yang menyeriusi karirnya di industri musik. Awalnya ia bernyanyi banyak lagu mellow dengan menggunakan lirik Bahasa dan mendapat atensi positif di Malaysia, tetapi namanya melejit parah di Asia Tenggara terutama di Indonesia berkat lagu berbahasa Inggris dengan nuansa modern r&b berjudul “W.H.U.T” yang sampai tulisan ini dibuat berhasil meraih 30 juta pemutaran di Spotify selama 7 bulan.

“Sebenarnya lagu ‘W.H.U.T’ ini dibikinnya secara dadakan sama adikku karena dikerjar deadline dan ini juga baru pertama kalinya adikku memproduseri lagu secara serius jadi kami sama-sama belajar untuk membuat lagu dan terkadang berantem juga ya biasalah berantem kakak adek hahahahaha”, ungkap Aisha yang selalu tersenyum dan tertawa selama wawancara walau ia lagi dikejar-kejar jadwal syuting.

Lewat single barunya berjudul “Pencarianku” ia kembali lagi bernyanyi dalam Bahasa dan ternyata lagu ini merupakan lanjutan dari “W.H.U.T” namun dari sudut pandang yang lebih dewasa dan matang. Di lagu ini Aisha kembali memamerkan suaranya yang merdu dan lirih dengan iringan lagu yang mellow. Menurut Aisha lagu ini berhubungan dengan bagaimana ia memaknai musik dimana ia masih mencari pendewasaan dalam bermusik sebuah hal yang baru ia sadari akhir-akhir ini.

Simak wawancara eksklusif CreativeDisc bersama Aisha Retno selengkapnya dimana kami berbicara soal single terbarunya, hidup setelah lagu “W.H.U.T” terkenal dan kecintaannya terhadap kucing lewat video di bawah ini:

welly
More from Creative Disc