CreativeDisc Exclusive Interview With Surf Mesa: Kisah Kocak Bertemu Shawn Mendes

Oleh: jeni - 18 Oct 2022

Beberapa waktu lalu, Creative Disc berkesempatan untuk bertemu dan interview dengan Powell Aguirre, DJ asal Amerika Serikat yang dikenal dengan nama Surf Mesa. Namanya melambung usai merilis single 'I Love You Baby' yang merupakan remix dari chorus lagu 'Can't Take My Eyes Off You' dan dinyanyikan oleh Emilee melalui TikTok. Surf Mesa hadir menjadi salah satu dari deretan line-up keren We The Fest 2022.

CD        : Hi Powell, gimana kabarnya?
Surf Mesa    : Aku baru habis dari Malaysia, nih. Tiba di Jakarta, lalu makan pizza, dan langsung ke sini.

CD        : Kamu udah nyicipin makanan Indonesia?
Surf Mesa     : Kalau pizza itu termasuk makanan Indonesia, berarti sudah, hahaha

CD        : Kami sangat bersemangat ketika namamu muncul di line-up We The Fest. Ini adalah festival yang sudah vakum selama dua tahun dan begitu ditunggu-tunggu.
Surf Mesa    : Oh ya? Kalau begitu aku senang sekali bisa ada di sini.

CD        : Anyway, lagu kamu, 'I love you baby' juga cukup meledak lho di Indonesia. Sebelum merilisnya, kamu pernah berpikir ngga sih kalau lagu kamu akan menjadi viral?
Surf Mesa     : Engga sama sekali! Hahaha. Lagu ini memang berawal dari Tiktok. Jadi waktu itu ada seorang penyanyi bernama Emily yang menyanyikan chorus lagu 'Can't Take My Eyes Off You" di kamarnya.
Rekamannya begitu sederhana dan aku mengunduh audio-nya, hanya sepanjang 10 detik. Tujuan awalku adalah untuk menunjukkan pada orang-orang di Tiktok bahwa aku memproduksi musik. Temanku menyarankan untuk merekonstruksinya menjadi berdurasi 3 menit, seperti yang kita dengarkan saat ini.
Aku ingat waktu itu aku posting pada bulan 29 November  2019, bermula dari Soundcloud lalu Spotify, lalu tiba-tiba banyak label rekaman dan orang-orang di industri musik menghubungiku. Ini benar-benar mengubah hidupku. Waktu itu aku masih kuliah dan punya ambisi yang berbeda meski tujuan hidupku memang selalu untuk bermusik. Tapi jujur tak pernah terpikirkan olehku bahwa hari ini aku bisa ada di Jakarta karenanya. Aku senang sekali.



CD        : Andaikan Tiktok tidak pernah ada, bagaimana kamu mengarahkan passion-mu dalam bermusik untuk menjadi sebuah karir?
Surf Mesa     : Aku beruntung bisa menunjukan musikku kepada orang-orang yang sudah lebih dulu sukses melalui platform streaming terutama Soundcloud. Menurutku yang keren tentang Soundcloud adalah bahwa semua orang bisa membuat akun dan post musiknya.

CD        : Banyak terjadi keajaiban ya di Soundcloud itu!
Surf Mesa     : Iya banyak banget. Banyak para musisi yang memulainya dari sana dan membuat karyanya perlahan mulai dikenal banyak orang. Jadi memang mungkin tanpa Tiktok, aku akan banyak produktif melalui Soundcloud.

CD        : Kenapa sih memilih nama Surf Mesa?
Surf Mesa    : Di tahun 2017 aku menggunakan nama asliku Powell Aguirre di Soundcloud. Saat itu aku masih SMA, dan di Internet aku selalu menggunakan nama Powell Aguirre. Jika aku mengganti namaku, akan sangat berpengaruh karena itu akan menjadi transisi besar. Seperti di Instagram, aku punya teman-teman di kehidupan nyata yang tahu siapa aku. Akan aneh jika aku mengubah identitasku begitu saja.  Surf Mesa sendiri merupakan sebuah nama peta lokasi di dalam gim Counter Strike. Aku suka sekali gim itu. Aku bertanya pada temanku apakag namanya oke, dan dia setuju. Padahal dia tidak tahu apa-apa tentang Counter Strike. Sejak saat itu aku mengganti nama akun instagramku menjadi Surf Mesa.

CD        : Kamu punya mimpi berkolaborasi dengan siapa di masa depan?
Surf Mesa    : Banyak sekali kesempatan yang diberikan oleh label rekaman kepadaku. Saat ini aku bersama label Astralwerks dari Universal Music dan mereka membuka peluang bagiku untuk berkolaborasi dengan musisi lain di label ini. Aku suka sekali dengan Fletcher. Musiknya keren banget. Aku sekarang menjadi teman baiknya, dan itulah sebabnya kami menciptakan lagu 'Another Life' bersama dengan Josh Golden. Aku menyukai mereka meskipun mungkin berada di label rekaman yang berbeda, aku masih tetap ingin berkolaborasi dengan mereka.

CD        : Bagaimana dengan Shawn Mendes? Gimana ceritanya bisa membuat remix lagu 'Wonder'?
Surf Mesa    : Aku suka Shawn dan dia membuat album yang sangat bagus. Aku mengenalnya melalui tim kreatif Shawn. Mereka menghubungiku untuk mencoba membuat remix lagu 'Wonder'. Ceritanya sesederhana itu. Aku tidak benar-benar dihubungi oleh Shawn Mendez secara langsung. Untungnya aku menemukan beat yang cocok, dan ayahku juga sedikit membantuku. Ayahku seorang pemain saxophone dan dia mengisi bagian chorus pertama di lagu 'Wonder' itu.
Engga lama setelahnya, ketika hasil remixnya sudah selesai namun belum di rilis. Aku mengalami kejadian yang menarik. Saat itu ada seseorang mencoba membobol apartemenku tengah malam. Aku terbangun dan sangat takut, tapi mereka akhirnya kabur. Malam itu aku engga bisa tidur lagi, akhirnya aku pergi naik mobilku dan berkendara tanpa tujuan ke arah bukit. Aku tersesat karena ternyata sinyal hilang dan aku engga tahu harus ke arah mana. Aku berhenti dan bermaksud untuk bertanya arah pada seseorang di sana. Ketika pria itu menoleh, tak disangka ternyata itu Shawn Mendes. "I'm lost. Do you know how to get out of here?" Dia jawab "Yeah, to the left." Kemudian aku dengan awkward bilang kalau aku membuat remix lagu 'Wonder' miliknya.

CD        : Lho, kalian tinggal di kota yang sama?
Surf Mesa     : Iya, di Los Angeles. Sebenarnya aku pergi ke gym yang sama dengan Shawn, di Equinox LA. Aku sering melihatnya tapi tidak pernah menyapa karena nervous. Hahaha. Dia waktu itu bersama Camilla, akan sangat awkward kalau aku menghampiri mereka hanya untuk bilang kalau aku meremix lagunya. Hahaha

CD        : Kamu kan udah merilis banyak single dan sebuah EP, adakah rencana untuk merilis album nantinya?
Surf Mesa    : Menurutku menarik untuk membuat album yang cocok untuk dance. Aku juga cukup beruntung berada di bawah label rekaman yang mendukung apapun yang ingin aku lakukan. Sehingga aku sangat bersemangat untuk merilis karya-karya terbaik yang pernah ku kerjakan, kami harap setidaknya di awal tahun depan sudah bisa rilis.
Aku sebenarnya pernah mengerjakan beberapa project, aku membuat dua EP dan itu menyenangkan. Aku juga suka musik lo-fi, dan mungkin aku akan lebih banyak melakukannya.

CD        : Dari semua musik yang kamu buat, mana yang paling kamu suka?
Surf Mesa     : 'i love you baby', 'State of My Heart', dan 'City of Love'.

Simak interview selengkapnya berikut ini:


jeni
More from Creative Disc