10 Sound Viral yang Populer di TikTok Tahun 2022

Oleh: cung2 - 05 Nov 2022

Tahun 2022, masih menjadi tahun keberuntungan bagi aplikasi TikTok. Dengan video kreatif, user mengunggah video yang unik, disertai dengan sound, yang membuat baik platform dan musiknya menjadi hits. Platform ini bisa menunjukkan kepopuleran satu hits, dilihat dari penggunaan sound di aplikasinya. CreativeDisc merangkum 10 sound viral yang sering dipakai di aplikasi TikTok selama tahun 2022:

AJR - World's Smallest Violin

Lagu ‘World's Smallest Violin’ sudah dirilis AJR tahun 2021, namun populer di tahun 2022 setelah dipakai sebagai montage video game Valorant. Pengguna game mengunggah video yang berganti setiap beat di bagian akhir lagu. Tren ini akhirnya masuk ke TikTok dengan mengunggah potongan video keseruan sesuai dengan beat lagu.


Sam Smith, Kim Petras - Unholy

“Mummy don't know daddy's getting hot, At the body shop, doing something unholy” lirik lagu Sam Smith yang sering sekali dipakai sebagai sound TikTok. Lagu ini merupakan rilisan baru dari Sam Smith, yang bercerita tentang membebaskan diri dari cengkeraman rahasia orang lain. Sam Smith bisa berekspresi dengan lagu ini, begitupun pengguna TikTok yang ramai membuat video transisi dari anak baik menjadi anak ‘unholy’.

 


Yung Gravy - Betty (Get Money)

Selain viral karena penggunaan sampel lagu Rick Astley ‘Never Gonna Give You Up’, lagu ‘Betty (Get Money)’ Yung Gravy juga trending di TikTok, gara-gara video yang secara spesifik untuk ibu-ibu MILF. Beberapa video menunjukkan pesan antara anak yang menggoda ibunya dengan foto-foto Yung Gravy, dan ibu tertarik dengan sosok Yung Gravy. Tidak hanya itu, Yung Gravy yang bernama asli Matthew Hauri, viral juga dengan menirukan gaya berpakaian retro seperti di video klipnya.

 

ABBA - Gimme! Gimme! Gimme! (A Man After Midnight)

Yes, kamu nggak salah, lagu ini memang lama, dirilis tahun 1979. Lalu kenapa bisa ngehits tahun ini di TikTok? Pertama, ABBA baru join TikTok tahun 2022 ini. Kedua, banyak DJ yang mashup lagu ini dengan lagu Britney Spears ‘Gimme More’ karena persamaan judul dan hook. Dari situlah, banyak TikTok-ers yang membuat dance yang kemudian jadi viral di TikTok tahun 2022 ini.

 

Joji - Glimpse of Us

Single Joji tahun 2022 yang berkisah tentang patah hati dan susahnya untuk move-on, ini juga hits di TikTok tahun ini. Lagu balada piano melankolis ini dirasa cocok untuk mengiringi video yang berkesan, sehingga kenangan itu jadi lebih terasa. Tentunya dengan ‘kreativitas’ (orang Indonesia, terutama) yang sampai membuat versi ‘jawa’ dari lagu ini, yang justru membuat semakin lucu dan lebih banyak dipakai oleh para pengguna TikTok.

 


Seafret - Atlantis

Tidak ada kata terlambat. Lagu lama yang sudah rilis 7 tahun lalu, yang dulu biasa saja, bisa jadi viral sekarang. Ini yang terjadi untuk Seafret, duo Jack Sedman dan Harry Draper. Lagu ‘Atlantis’ dirasa sangat mirip dengan kisah cinta tahun 2022 ini, yang seperti Atlantis, tidak diketahui keberadaannya. Bukan hanya sebagai sound hubungan saja, versi sped up dari lagu ini, juga dipakai untuk momen-momen yang berkesan.

 


Duke & Jones & Louis Theroux - Jiggle Jiggle

Bicara soal dance, tentunya sound ini juaranya. Mengambil sample interview dari Louis Theroux dan di autotune oleh Duke & Jones di salah satu video TikToknya bulan Maret, membuat sound ‘Jiggle Jiggle’ cepat trending, dan dibuat video dancenya. Awalnya artis-artis K-Pop yang ramai membuat dance ini. Sampai akhirnya trending, dan Jason DeRulo pun turun tangan membuat versi remix lagu ini.

 


Kreepa - Oh No

TikTok selalu penuh dengan familiar tune yang entah datang dari mana. Termasuk lagu ini, yang sebenarnya merupakan remix dari lagu The Shangri-Las tahun 1964 ‘Remember (Walking in the Sand)’. Bagian part ‘oh no... oh no...’ yang begitu catchy ini dipakai sebagai sample lagu Kreepa ‘Oh No’, yang mengiringi video TikTok yang menunjukkan sesuatu yang tidak disengaja / diluar kendali.

 


MIST - Rollin’

Rapper Birmingham MIST, juga meraih popularitasnya tahun ini. Lagu yang dirilis 2021 ‘Rollin’’ (ft. Burna Boy). Lagu yang mengambil sample lirik dari lagu Donell Jones ‘U Know What's Up’ (1999) ini banyak digunakan untuk mengiringi video kegiatan favorit, seperti skateboard, bersepeda, atau jalan-jalan.

 

Central Cee - Doja

“Somebody tell Doja Cat, I wanna indulge in that… See the motion clap when you’re throwin’ it back,” begitulah lirik rap Central Cee yang viral di TikTok. Lagu ini memang Central Cee bawakan atas kekagumannya atas Doja Cat. Terutama di bagian lirik ‘indulge in that’ yang akhirnya menarik perhatian Doja Cat. Lagunya sendiri mengambil sampling dari lagu Eve ‘Let Me Blow Your Mind’ yang langsung menjadi trending.



cung2
More from Creative Disc