Raisa Jadi Musisi Wanita Pertama Yang Gelar Konser Solo di Stadio Utama Gelora Bung Karno

Oleh: welly - 27 Feb 2023

Musisi solois wanita, Raisa, sukses menggelar konser tunggal pertamanya di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 25 Februari 2023 dengan tajuk “Raisa Live in Concert”. Konser yang seharusnya digelar pada tahun 2020 ini sempat tertunda akibat situasi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Namun demikian, akhirnya konser ini berhasil digelar pada tahun 2023 ini dengan dipromotori oleh JUNI Concert serta didukung oleh beberapa sponsor besar seperti Indofood, Bank BNI, Pertamina, serta sederet sponsor lainnya.


Penjualan tiket konser tunggal pertama Raisa sudah dimulai sejak tahun 2019 dan kembali dibuka pada awal tahun 2023. Penjualan tiket terbilang laris manis, hal ini terlihat dari banyaknya jumlah penonton yang memenuhi Stadium Utama Gelora Bung Karno pada hari Jumat, 25 Februari 2023. Antusiasme penonton juga sudah terlihat sejak siang hari, meskipun agenda konser dimulai pada pukul 7 malam, namun para penonton telah memenuhi area Stasium Utama Gelora Bung Karno sejak siang hari. Menariknya penonton yang hadir tidak hanya berasal dari kota Jakarta, namun juga dari beberapa kota lain seperti Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Kalimantan.


Konser tunggal pertama Raisa ini juga didukung dan dimeriahkan oleh beberapa penyanyi kebanggaan tanah air seperti Vidi Aldiano, Afgan serta Isyana Sarasvati hingga Kunto Aji. Hadirnya Kunto Aji sebagai pembuka konser dengan membawakan lagu Indonesia Raya membuat suasana konser terasa khidmat. Sementara itu Vidi Aldiano membawakan 5 lagu popular.



Kemunculan Raisa di tengah panggung megah Stadion Utama Gelora Bung Karno disambut dengan meriah oleh para penggemarnya. Raisa pun menyapa seluruh YourRaisa (sebutan fans Raisa) dengan sapaan hangat serta candaan yang membuat suasana semakin meriah. “Berdamai” menjadi lagu pertama yang dinyanyikan Raisa sebagai pembuka dari konser tunggalnya kali ini, lagu tersebut merupakan salah satu lagu di album “It’s Personal” yang dirilis pada tahun 2022. Selanjutnya Raisa juga membawakan 25 lagu hits lainnya yang diambil dari 4 album dan single miliknya, yaitu Raisa (2011), Heart to Heart (2013), Handmade (2016) dan It’s Personal (2022).


Ditengah penampilannya ada satu momen haru ketika Raisa menceritakan pengalamannya sebagai seorang Ibu. Menjadi Ibu merupakan momen luar biasa bagi Raisa yang memberikan banyak sekali pelajaran serta makna hidup. Zalina, putri kecilnya yang mengenalkan Raisa pada arti “Cinta Sejati” yang sesungguhnya. Sebagai ungkapan cinta dan terima kasihnya kepada Zalina, Raisa merilis sebuah lagu pada tahun 2022 yang berjudul “Jangan Cepat Berlalu”. Lagu ini menceritakan tentang doa dan harapannya untuk putri kecilnya Zalina, sebagaimana waktu akan terus berjalan dan Zalina kecil akan tumbuh dewasa, namun dirinya akan selalu menjadi Ibu dan rumah terbaik untuk Zalina. Di momen ini Raisa juga menyanyikan lagu tersebut diikuti dengan suasana haru yang juga dirasakan oleh para penggemar yang hadir.


Menjelang akhir konser Raisa beserta Vidi Aldiano, Afgan dan Isyana Sarasvati menyanyikan lagu Anganku Anganmu yang merupakan single-nya bersama Isyana Sarasvati. Momen unik lainnya yang terjadi menjelang akhir konser adalah ketika Raisa mengajak salah satu penggemarnya untuk naik ke atas panggung dan memberikan kesempatan kepada si penggemar untuk menghubungi mantan terindahnya melalui panggilan telpon di tengah panggung megah tersebut. Sayangnya mantan terindah yang dihubungi tidak menjawab panggilan tersebut, namun Raisa tetap menghibur penggemarnya tersebut dengan berfoto dan video bersama dengan menyanyikan reff dari lagu Mantan Terindah.


Raisa sukses membawakan konser tunggalnya dengan luar biasa. Penggemar yang hadir diajak menikmati lagu dan suasana dengan berbagai macam emosi sesuai dengan lagu yang dibawakan. Konser yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam ini berhasil menghibur dan menjawab seluruh penantian para penggemar setia yang telah menantikan konser ini sejak 2020 lalu. Panggung megah dengan sound system dan lighting effect yang luar biasa semakin menspektakulerkan konser tunggal pertama Raisa.


Sebagi penutup, Raisa membawakan lagu “Apalah (Arti Menunggu)” dari album Raisa (2011) yang merupakan lagu pertama yang menjadi hist tengah masyarakat Indonesia dan turut membesarkan  nama Raisa di awal kemunculannya di Industri musik Indonesia saat itu. Konser ditutup dengan meriah diiringi tepuk tangan dan teriakan para penggemar yang memuji penampilannya malam itu. Good Job Raisa!


Setlist - Raisa Live in Concert 2023
1.    Berdamai
2.    Biarkanlah
3.    Pergilah
4.    Serba Salah
5.    Bye Bye
6.    Melangkah
7.    Percayalah
8.    Teka-Teki
9.    Bertahan/Pergi
10.    Jatuh Hati
11.    Tentang Dirimu
12.    LDR
13.    Nyawa dan Harapan
14.    Bahasa Kalbu
15.    Jangan Cepat Berlalu
16.    Cinta Sederhana
17.    You
18.    Kutukan (Cinta Pertama)
19.    Anganku Anganmu
20.    Terjebak Nostalgia
21.    Love & Let go
22.    Mantan Terindah
23.    Could It Be
24.    Usai Di Sini
25.    Apalah (Arti Menunggu)

Teks: Shabina

Foto: Andi Bestari

welly
More from Creative Disc