Tuai Kontroversi dari Video 'I'm Not Here To Make Friends', Sam Smith Dibela Penggemarnya

Oleh: riadini - 03 Feb 2023

Video musik anyar milik Sam Smith yang berjudul 'I’m Not Here To Make Friends' telah menuai kontroversi dari berbagai pihak. Pasalnya, video tersebut menampilkan sang penyanyi yang berpakaian sexy dan bergaya seperti seorang wanita. Selain itu, dalam video tersebut, Sam Smith juga ditemani oleh rombongan penari latar yang terdiri dari para pria dengan gaya dan pakaian serupa.

Video tersebut dibuka dengan adegan dimana Sam Smith yang mengenakan pakaian bak gaun berwarna magenta tengah turun dari helikopter di sebuah rumah megah lalu disambut oleh para penari latarnya. Kemudian, penyanyi asal Inggris itu pun tampak bergonta-ganti kostum yang mampu membuat penontonnya terpana.

Beberapa pengguna Twitter berpendapat bahwa video tersebut sangat vulgar dan menjadi bukti diperlukannya batasan usia (age restrictions) dalam video musik karena dikhawatirkan klip yang berisi konten dewasa dapat diakses oleh anak di bawah umur.


Namun rupanya, penyanyi 30 tahun ini mendapat pembelaan secara luas dari para penggemar yang berpendapat bahwa kritik yang ditujukan pada mereka tak hanya tidak beralasan namun juga bersifat homofobia dan transfobia. Banyak juga yang menunjukkan bahwa video klip dari single terbaru Sam Smith ini tidak akan menyebabkan kepanikan moral jika berisi para bintang wanita bukan sebaliknya. Sebagian juga berpendapat bahwa ada ribuan bahkan jutaan video pop yang jauh lebih eksplisit secara seksual dan memunculkan gadis-gadis sexy ketimbang video milik Sam Smith tersebut.

Sedikit menilik ke belakang, pada 2019 lalu, Sam Smith mengakui bahwa dirinya merupakan seorang non-biner. Dari situ, ia sering mendapat pelecehan terutama di Inggris, negaranya sendiri. Baginya hal tersebut merupakan bagian tersulit dalam kehidupannya sebagai warga negara.


riadini
More from Creative Disc